Jadwal Penghargaan Film Choice Award, Golden Globe hingga Oscar

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 10 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Golden Globe Awards, Critic Choice Award, serta penghargaan piala Oscar akan diselenggarakan sepanjang bulan Desember 2019 hingga Januari 2020.
tirto.id - Menuju tahun baru 2020, beberapa penghargaan dan festival film internasional akan dilaksanakan. Mulai dari Golden Globe Awards, Critic Choice Award, serta penghargaan piala OSCAR. Festival film tersebut diselenggarakan sepanjang bulan Desember 2019 hingga Februari 2020.

Golden Globe Award

Golden Globe Award adalah penghargaan yang akan dianugerahkan kepada film dan acara televisi Amerika Serikat. Ajang penghargaan yang dinaungi oleh Hollywood Press Foreign Association’s (HPFA) tersebut telah diadakan sejak 75 tahun yang lalu di 20th Century Fox.

Dilansir dari laman resmi Golden Globe, 30 Desember 2019 nanti akan menjadi hari terakhir penerimaan surat suara pemilihan oleh Ernst dan Young. Sedang pengumuman nominasi telah diadakan Senin lalu (9/12/2019).

Dijadwalkan pemberian penghargaan akan diberikan pada 5 Januari 2020 di The Beverly Hilton, Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

Selain penghargaan pada film dan acara televisi, Golden Globe juga memberikan penghargaan Cecil B. DeMille Award dan Carol Burnett Award.

Cecil Award diberikan kepada orang yang memiliki kontribusi besar dalam industri film. Tahun lalu, penghargaan ini diperoleh Tom Hanks. Sedangkan Carol Burnett Award diberikan kepada acara televisi yang juga memiliki kontribusi besar dan pada 2019 diterima oleh Ellen DeGeneres.

Tidak berselang lama setelah Golden Globe Awards, Critics Choice Award juga akan dilaksanakan.

Critics Choice Award

Critics Choice Award adalah acara yang diadakan oleh Broadcast Film Critic Association (BFCA) dan bertujuan untuk memberi penghargaan terhadap terciptanya sebuah karya film.

Ada dua penghargaan yang diberikan pada ajang ini. Pertama terhadap kancah perfilman dan kedua adalah penghargaan terhadap acara pertelevisian. Pemberian penghargaan dijadwalkan pada 12 Januari 2020.

Nominasi telah diumumkan pada hari Minggu lalu (8/12/2019) dan vote ditutup pada 9 Januari 2020. Hal tersebut dituliskan di laman resmi Critics Choice Association.

Critics Choice Association akan diadakan di The Barker Hangar, Santa Monica, California dan disiarkan langsung di stasiun televisi CW.

Academy Awards atau Oscar

Setelah itu, pada Februari 2020, ajang penghargaan Academy Awards yang ke 92 akan dilaksanakan. Acara yang lebih dikenal dengan nama Oscar ini diberikan untuk penghargaan terhadap prestasi artistik dan teknis di dalam film.

Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) memberikan pengakuan internasional dalam prestasi sinematik yang dinilai oleh para anggota pemungutan suara di akademi. Pemenang diberikan patung emas yang memiliki nama resmi ‘Academy Award of Merit’ tapi lebih sering disebut dengan ‘Oscar’.

Penghargaan piala Oscar akan diberikan pada 9 Februari 2020, di Dolby Theatre Hollywood and Highland Center, Hollywood. Acara akan disiarkan langsung di lebih dari 225 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Nominasi akan diumumkan pada 13 Januari 2020. IMDb dalam lamannya memberikan perkiraan 81 film yang akan ada di nominasi piala Oscar 2020 dalam berbagai nominasi. Voting akan dilakukan selama enam hari, dimulai pada 30 Januari 2020 hingga 4 Februari 2020.


Baca juga artikel terkait GOLDEN GLOBE 2019 atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight