Jadwal Pelantikan Joe Biden Sebagai Presiden Amerika Serikat

Oleh: Versatile Holiday Lado - 19 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Pelantikan Presiden Amerika Joe Biden dan wakilnya, Kamala Harris akan digelar Rabu, 20 Januari 2021.
tirto.id - Joe Biden dan Kamala Harris resmi terpilih menjadi presiden dan wakil presiden Amerika Serikat untuk periode 2021-2024. Secara hukum, pelantikan Presiden Joe Biden dan wakilnya, Kamala Harris akan dilaksanakan pada Rabu, 20 Januari 2021.

Dilansir BBC, pidato pembukaan biasanya diadakan sekitar pukul 11:30 waktu setempat atau pukul 23.30 WIB. Sementara Joe Biden dan Kamala Harris akan mengucap sumpah pada tengah hari.

Pada hari yang sama, setelah pelantikan, Joe Biden akan mulai menempati Gedung Putih dan ia akan mendiami tempat itu selama empat tahun ke depan.

Pelantikan presiden pada tahun ini tidak sama seperti periode sebelumnya. Hampir dipastikan tidak akan ada pengunjung yang memadati National Mall untuk menyaksikan acara pelantikan tersebut.

Sebab, tim Biden menyerukan agar rakyat Amerika tidak datang ke ibu kota karena pelantikan digelar selama masa pandemi Covid-19.

Seperti dikutip New York Times, biasanya, Komite Kongres Gabungan untuk Upacara Pelantikan akan mendistribusikan ratusan ribu tiket ke upacara pengambilan sumpah bagi anggota Kongres untuk mengundang konstituen, tetapi tahun ini tiket tidak tersedia untuk anggota masyarakat.

Mereka mendesak orang-orang untuk tinggal di rumah dan berpartisipasi dalam acara pengukuhan virtual untuk mencegah kerumunan besar yang dapat dengan mudah menyebarkan virus corona.

Meskipun banyak dari acara tersebut bersifat virtual, Maju Varghese, direktur eksekutif Komite Pelantikan Presiden, mengatakan bahwa tujuannya adalah “perayaan inklusif dan dapat diakses yang menyatukan orang Amerika dan menyatukan bangsa kita, terutama selama masa sulit bagi negara kita.”

Sementara itu, dalam hari pelantikan, Joe Biden belum mengumumkan siapa yang akan tampil di panggung. Diperkirakan akan ada bintang-bintang tersohor. Beberapa tokoh masyarakat pun turut hadir.

Presiden AS ke-43 George W. Bush telah mengkonfirmasi bahwa dia akan melakukan perjalanan ke Washington untuk Hari Pelantikan, bersama dengan Laura Bush, mantan ibu negara.

Barack Obama dan Bill Clinton juga diharapkan hadir, bersama dengan mantan ibu negara Michelle Obama dan Hillary Clinton. Akan tetapi, mantan Presiden tertua Jimmy Carter, yang pada saat ini berusia 96 juga mengumumkan bahwa dia dan istrinya tidak akan hadir. Ini akan menjadi pelantikan presiden pertama yang dilewatkan Carter sejak dia dilantik.



Kisah Unik Pelantikan Presiden AS Sebelumnya

Joe Biden yang akan dilantik dalam kondisi terbatas karena pandemi yang melanda seluruh dunia. Tapi bukan kali ini saja pelantikan presiden Amerika diadakan dalam kondisi terbatas.


1. William Henry Harrison

Seperti dilansir ABC, Presiden kesembilan AS William Henry Harrison juga menggelar pidato pelantikan saat cuaca dingin dan hujan, bahkan ia tidak mengenakan jaket.

Harrison adalah presiden tertua yang dilantik pada tahun 1841, tepat di usia 68 tahun. Pada bulan Maret, Harrison berpidato selama 2 jam dalam keadaan sangat dingin dan basah.

Presiden ini terkenal karena menolak untuk memakai mantel atau topi. Karena hal tersebut, dalam tiga minggu kemudian, Horrison jatuh sakit dan melemah. Dokter mendiagnosis pilek, lalu pneumonia. Hanya 31 hari menjadi presiden, William Henry Harrison meninggal dunia.


2. John F. Kennedy

Kemudian ada John F. Kennedy. Pada tahun 1961, ia menyampaikan salah satu pidato paling terkenal sepanjang masa itu.

Dalam pidatonya, ia bilang: "Jangan tanya apa yang dapat dilakukan negara untuk Anda, tapi tanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk negara."


3. Franklin Delano Roosevelt

Presiden AS ke-32 Franklin D Roosevelt dalam acara pelantikannya juga menyampaikan optimisme dalam membangun sebuah negara, terutama dalam menghadapi perjuangan berat. Ia bilang: "Satu-satunya hal yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri."


4. Ronald Reagan

Pidato yang berkesan lainnya oleh Presiden AS ke-40 Ronald Reagan. Pada tahun 1981, Ronald Reagan menggunakan pidato pengukuhannya untuk mengubah taktik secara tajam. Ia bilang: "Pemerintah bukanlah solusi untuk masalah kita, pemerintah adalah masalahnya."

Pada saat itu, AS bergulat dengan efek resesi awal 1980-an, termasuk meningkatnya pengangguran dan inflasi.


5. Barack Obama

Pada tahun 2009, Barack Obama adalah presiden Afrika-Amerika pertama serta orang presiden pertama yang lahir pada tahun 1960-an--yang pada saat itu--menandakan pergeseran generasi dari pendahulunya yang sedikit lebih tua.

Tidak ada angka penonton resmi, pelantikan Obama juga diyakini memecahkan rekor penonton terbesar dalam acara apa pun di Washington DC. Diperkirakan, jumlahnya lebih dari 1 juta. Selain itu, juga memegang rekor dengan pelantikan yang paling banyak diputar secara streaming dengan laporan internet melambat karena permintaan.


Baca juga artikel terkait JOE BIDEN atau tulisan menarik lainnya Versatile Holiday Lado
(tirto.id - Politik)

Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight