Sepak Bola Putri Olimpiade

Jadwal Olimpiade Semifinal Bola Hari Ini, Prediksi, & Jam Tayang TV

Oleh: Wan Faizal - 2 Agustus 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal bola putri Olimpiade Tokyo 2020 pada hari ini, Senin, 2 Agustus 2021, mengagendakan 2 laga semifinal, AS vs Kanada dan Australia vs Swedia.
tirto.id - Jadwal pertandingan semifinal sepak bola putri Olimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung pada hari ini, Senin (2/8/2021), mulai pukul 15.00 WIB. Amerika Serikat akan menjalani duel lawan Kanada sedangkan di laga selanjutnya tersaji Australia kontra Swedia.

Bermain di Stadion Kashima, Amerika Serikat asuhan Vlatko Andonovski bakal menjajal kekuatan Kanada, Senin (2/8/2021), pukul 15.00 WIB. Menariknya, kedua tim berhasil melangkah ke babak semifinal setelah menang adu penalti di babak sebelumnya. AS menyingkirkan Belanda sedangkan Kanada unggul atas Brasil.

Pertemuan antara kedua negara nanti tentu bukan yang pertama. Berada dalam satu wilayah yakni di Amerika Utara, keduanya jelas sudah sering bertemu. Tercatat, hingga kini sudah ada 32 laga antara kedua timnas.

Dari jumlah tersebut, AS sangat dominan dengan raihan 28 kemenangan dan 4 imbang. Artinya, Kanada belum sekalipun mengalahkan tim wanita AS sepanjang sejarah.

Di level olimpiade, kedua timnas pernah bertemu 2 kali. Salah satunya di Olimpiade London 2012 lalu yang juga terjadi di semifinal. Saat itu, AS mengalahkan Kanada 4-3 lewat gol Alex Morgan di menit 120.

Walau tidak diunggulkan, skuad Kanada sedang percaya diri jelang pertandingan ini. Kemenangan atas Brasil menjadi sebabnya. Kanada sebenarnya tidak diunggulkan dapat menang, tapi faktanya mereka berhasil menumbangkan Brasil lewat adu penalti.

"Kami bermain bagus sejauh ini. Melawan Brasil kemarin kami bisa bermain solid di lini pertahanan saat berhadapan dengan banyak pemain berkelas. Bisa bermain dengan performa seperti itu jelas membuat kami senang," kata kiper Kanada, Stephanie Labbe.


Kepercayaan diri seperti itu tentu lumrah. Apalagi calon lawan mereka yakni AS juga bermain tidak terlalu meyakinkan sepanjang Olimpiade Tokyo.

Kemenangan atas Belanda sebenarnya tidak terlalu membuktikan ketangguhan AS. Mereka bahkan terkesan beruntung karena jelang laga berakhir di waktu normal, kiper Alyssa Naeher bisa menepis tendangan penalti Lieke Martens.

Pertandingan lainnya akan mempertemukan Australia vs Swedia. Laga tersebut akan dimainkan di Stadion Nissan, Yokohama, Senin (2/8/2021), mulai pukul 18.00 WIB.

Jelang pertandingan ini, Swedia berada di posisi unggulan untuk mendapatkan tiket ke babak final. Hal itu tidak mengherankan jika melihat sejarah pertemuan kedua negara selama ini.

Australia dan Swedia telah bertemu dalam 13 laga sebelumnya. Hasilnya, Swedia dominan dengan 8 kemenangan berbanding 1 untuk The Matildas, julukan Timnas Putri Australia. Adapun 4 laga lain berakhir dengan skor imbang.


Meski begitu, skuad Australia yang dilatih Tony Gustafsson tentu akan mengabaikan catatan buruk tersebut. Apalagi, ini kali pertama Australia mencapai babak semifinal sepakbola putri Olimpiade.

Australia pun sedang berada dalam tren dan semangat yang tinggi menjelang laga ini. Sebelumnya mereka meraih kemenangan dramatis atas Britania Raya di babak perempat final dengan skor 4-3.

Samantha Kerr menjadi bintang kemenangan Australia berkat sumbangan dua gol dalam laga yang harus diakhiri lewat perpanjangan waktu tersebut. Setelah laga tersebut, ia mengaku puas dengan hasil yang diraih timnya.

"Kami bermain bagus dan saya bangga bisa berada di tim ini sekaligus memimpin mereka. Banyak pemain muda di skuad kami. Misalnya, Mary Fowler yang masih berusia 18 tahun," jelas Kerr.

Di sisi lain, Swedia dapat dikatakan menjadi satu-satunya tim yang meraih tiket ke semifinal tanpa rintangan yang berat. Di perempat final, mereka menang 3-1 atas Jepang hanya dalam 90 menit.

Performa itu jelas lebih baik dari tiga tim lainnya. AS dan Kanada lolos ke semifinal setelah menang melalui adu penalti. Adapun Australia unggul di babak perempat final usai melewati extra time.


Prediksi Susunan Pemain AS vs Kanada

Amerika Serikat: Alyssa Naeher; Kelley O’Hara, Abby Dahlkemper, Becky Sauerbrunn, Crystal Dunn; Julie Ertz, Samantha Mewis, Lindsey Horan; Tobin Heath, Carli Lloyd, Alex Morgan. Pelatih: Vlatko Andonovski.

Kanada: Stephanie Labbe; Ashley Lawrence, Vanessa Gilles, Kadeisha Buchanan, Allysha Chapman; Desiree Scott, Jessie Fleming, Quinn, Christine Sinclair; Janine Beckie, Nichelle Prince. Pelatih: Beverly Priestman.


Prediksi Sunan Pemain Australia vs Swedia

Australia: Teagan Micah; Ellie Carpenter, Alanna Kennedy, Aivi Luik; Hayley Raso, Steph Catley, Tameka Yallop, Emily van Egmond; Kyah Simon, Caitlin Foord, Samantha Kerr. Pelatih: Tony Gustafsson.

Swedia: Hedvig Lindahl; Hanna Glas, Amanda Ilestedt, Nathalie Bjoern, Magdalena Eriksson; Filippa Angeldal, Caroline Seger; Kosovare Asllani, Fridolina Rolfoe, Sofia Jakobsson; Stina Blackstenius. Pelatih: Peter Gerhardsson.


Cara Nonton Olimpiade Tokyo 2020

Pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 dapat ditonton melalui live streaming Vidio, termauk dua laga semifinal sepak bola, yakni AS vs Kanada dan Australia vs Swedia.

Para pengguna Telkomsel bisa menyaksikan pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 lewat Vidio secara gratis. Sementara para pengguna kartu lainnya dapat memilih paket berlangganan yang disediakan Vidio.

Terdapat paket promo PPKM Platinum seharga Rp99.000 untuk 1 tahun. Paket lain non-promo yang tersedia adalah Platinum 7 hari seharga Rp19.000, Platinum 30 hari dengan harga Rp29.000, dan Platinum 1 tahun yang dibanderol Rp199.000.

Link Live Streaming AS vs Kanada

Link Live Streaming Australia vs Swedia

Baca juga artikel terkait OLIMPIADE TOKYO 2020 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Addi M Idhom
DarkLight