Liga Champions Asia 2019

Jadwal Newcastle Jets vs Persija, Jalan Rumit ke Fase Grup LCA 2019

Oleh: Fitra Firdaus - 11 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Laga Newcastle Jets vs Persija adalah langkah kedua dari tiga langkah yang mesti dilalui Macan Kemayoran ke fase grup Liga Champions Asia (LCA) 2019.
tirto.id - Laga Newcastle Jets vs Persija akan digelar pada Selasa (12/2/2019) pukul 15.00 WIB di Stadion McDonald Jones. Laga ini hanyalah tahap kedua dari tiga tahap yang mesti dilalui Macan Kemayoran untuk tiba di fase grup Liga Champions Asia (LCA) 2019.

Persija memulai misi mereka lolos ke fase grup LCA 2019 dengan tampil di babak kualifikasi pertama pada Selasa (5/2/2019). Meski harus bertandang ke markas Home United (Singapura), tim asuhan Ivan Kolev itu menang 1-3, berkat bunuh diri Ho Wai Loon ditambah gol Beto dan Marko Simic.

Persija memang berstatus juara Liga 1 2019, kompetisi resmi Indonesia. Namun, mereka harus bertarung sejak awal. Hal ini tidak terlepas dari peringkat Indonesia yang cuma di urutan ke-24 Asia atau ke-12 wilayah Timur.

Posisi wakil Indonesia setara dengan Filipina, Singapura, dan Myanmar yang juga harus memulai pertarungan di LCA 2019 sejak kualifikasi pertama. Ini berbeda dengan Vietnam yang bisa tampil sejak kualifikasi kedua.

Sementara, Thailand memiliki 2 wakil yang berlaga sejak kualifikasi kedua, dan satu tim (juara) yang otomatis masuk fase grup LCA 2019.



Kashima Antlers di Tahap Ketiga
Setelah mengalahkan Home United, Persija akan bertemu dengan Newcastle Jets. Lawan kali ini adalah runner-up A-League musim 2017/2018. Mereka wakil ketiga Australia. Dua wakil lain, Melbourne Victory dan Sydney FC otomatis lolos ke fase grup.

Andai menang di laga kontra Newcastle Jets, Persija akan sekali lagi melewati babak sistem gugur, yaitu babak play-off. Di sana sudah menunggu Kashima Antlers (Jepang). Kashima adalah wakil keempat Jepang di LCA 2019, selain Urawa Red Diamonds, Kawasaki Frontale (fase grup), dan Sanfrecce Hiroshima (play-off).

Jika kembali menang dari tim J-League tersebut, maka Persija akan lolos ke fase grup. Mereka akan bergabung di Grup E, bersama satu tim lain yang lolos dari babak play-off, ditambah Gyeongnam FC (Korea Selatan) dan Johor Darul Ta'zim (Malaysia).

Sebagai catatan, babak kualifikasi pertama LCA 2019, babak kualifikasi kedua, dan babak playoff hanya dimainkan sekali, bukan dalam dua leg dengan format kandang dan tandang. Laga tersebut akan digelar di kandang tim dari asosiasi dengan peringkat yang lebih tinggi.

Persija tidak akan mendapatkan keuntungan tersebut karena mereka berasal dari Indonesia, yang ada di posisi ke-24. Indonesia jauh tertinggal dari Jepang (peringkat kelima), AUstralia (peringkat 8), atau bahkan Singapura (23).

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus