Jadwal MotoGP Jepang 2019 Race Minggu 20 Oktober

Oleh: Permadi Suntama - 13 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal MotoGP Jepang 2019 di Sirkuit Motegi diagendakan dihelat pada Minggu (20/10) mulai pukul 13.00 WIB.
tirto.id - Grand Prix Jepang 2019 di Sirkuit Motegi dijadwalkan mulai berlangsung pada Jumat (18/10/2019). Adapun jalannya balapan di kelas MotoGP akan dilaksanakan pada Minggu (20/10) pukul 13.00 WIB.

Marc Marquez yang telah dipastikan menjadi juara MotoGP 2019 diprediksi tetap mengejar gelar juara. Penampilan impresif yang kerap ia tunjukkan di Sirkuit Motegi, menjadi salah satu alasannya.

"Ini [penampilan agresif] adalah sesuatu yang menjadi bagian dari karakter membalap saya. Saya mencoba untuk mengendalikan motor [sebaik mungkin], dan tim saya mencoba untuk membuatnya [lebih mudah untuk dilakukan]. Pada akhirnya itu adalah bagaimana saya ingin diingat," tutur Marc Marqez seperti dikutip crash.

Sejak naik ke kelas utama pada musim 2013, Baby Alien tercatat 3 kali menjadi juara dan hanya sekali gagal meraih podium saat berlaga di Sirkuit Motegi. Musim lalu, Marc Marquez berhasil menjadi juara kendati memulai balapan dari posisi 6. Ia berhasil mengakhiri lomba dengan selisih waktu 1,573 detik dengan Cal Cruutchlow yang finish di posisi 2.

Jika Marquez berhasil menjadi juara di Motegi, nasib buruk justru dialami pesaingnya, Andrea Dovizioso. Pembalap asal tim Ducati Desmosedici yang kala itu terlibat persaingan dengan Marquez justru gagal meraih poin sehingga membuat rivalnya mengunci gelar juara.

Musim ini, Dovizioso sebetulnya tampil lebih konsisten dibanding musim 2018. Namun, penampilan luar biasa yang ditunjukkan Marquez sepanjang musim membuat usaha Dovi seperti sia-sia. Pasalnya, Baby Alien berhasil mengunci gelar juara MotoGP 2019 di Grand Prix Thailand.

Termasuk musim ini, Dovi pun harus puas selalu menjadi nomor 2 dalam tiga musim terakhir. Salah satu momentum terbaik pembalap berkebangsaan Italia itu terjadi pada musim 2017. Kala itu, dirinya mampu bertarung memperebutkan gelar juara dengan Marquez hingga balapan terakhir di Valencia.

Di sisi lain, persaingan sengit juga terjadi dalam perebutan peringkat ketiga. Alex Rins yang sejauh ini menempati posisi tersebut dengan 167 poin masih berpotensi tergusur oleh Maverick Vinales yang berada di peringkt 4 dengan 163 poin dan Danilo Petruci di posisi lima dengan 162 poin.

Jadwal Race MotoGP Jepang 2019

Jika tidak ada perubahan jadwal, balapan MotoGP Jepang 2019 di Sirkuit Motegi akan berlangsung pada Minggu (20/10/2019). Kelas MotoGP akan memulai balapan pada pukul 13.00 WIB. Sementara dua kelas lainnya akan memulai balapan lebih dulu, diawali kelas Moto3 pada pukul 10.00 WIB.


Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight