Jadwal, Lokasi Vaksin Puskesmas Pasirangin, Bogor, 23-25 September

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 23 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pemberian vaksin Covid-19 di Puskesmas Pasirangin memakai jenis Sinovac dan terbuka untuk umum.
tirto.id - Puskesmas Pasirangin yang berada di Kabupaten Bogor melaksanakan program vaksinasi Covid-19 pada 23 - 25 September 2021. Vaksinasi terbuka bagi masyarakat umum dengan usia di atas 12 tahun.

Dalam postingan akun instagram PKM Pasirangin disebutkan, pelaksanaan vaksinasi bertempat di Metropolitan Mall, Cileungsi. Layanan vaksinasi dibuka dari pukul 08.00 WIB sampai selesai. Jumlah kuota yang disediakan setiap harinya yaitu 2000 orang.

Vaksin yang akan diberikan pada program tersebut berjenis Sinovac. Pemberian vaksin tersedia untuk dosis 1 dan dosis 2.

Bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini wajib membawa fotokopi KTP/KK/Surat Domisili dan membawa pulpen sendiri. Di samping itu, peserta juga diharuskan sudah makan pagi sebelum memperoleh suntikan vaksin. Call center yang disediakan berkaitan dengan program vaksinasi Covid-19 Puskesmas Pasirangin adalah (021) 82497967.

Puskesmas Pasirangin pada 1-9 September 2021 juga telah melakukan program vaksinasi dosis 1 yang diperuntukkan bagi siswa/siswi di beberapa SMA/SMK area Cileungsi. Vaksin yang diberikan berjenis Sinovac atau Pfizer.

Dalam penanganan pandemi Covid-19, pemberian vaksin secara massal diperlukan untuk memberikan imunitas bagi mayoritas penduduk. Semakin banyak orang yang divaksin, maka tingkat kekebalan kelompok (herd immunity) makin kuat. Dengan begitu peluang penulata virus corona dapat ditekan semaksimal mungkin.

Selain itu, vaksin Covid-19 yang diberikan pemerintah Indonesia kepada masyarakat cukup aman. Vaksin yang masuk Indonesia sudah melalui uji klinis dan memperoleh izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan menjadi bagian Emergency Use Listing (EUL) dari WHO.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Nasional (KPC PEN) telah memberikan layanan informasi lengkap terkait penanganan pandemi ini melalui tautan https://s.id/infovaksin.

Selama pandemi, seluruh masyarakat tidak bolah abai terhadap protokol kesehatan sekali pun telah mendapatkan vaksin. Patuhi 3M: memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir secara rutin.


Baca juga artikel terkait VAKSIN COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight