Jadwal Liga Italia Rencana Dimulai 13 Juni, Tapi Masih Pro Kontra

Oleh: Agung DH - 17 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Liga Italia rencananya dimulai lagi 13 Juni 2020. Namun rencana ini masih pro kontra antara pemerintah dan klub.
tirto.id - Klub-klub Serie A menyarankan jadwal Liga Italia dimulai lagi pada 13 Juni 2020. Namun Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte pada Sabtu waktu setempat menyatakan bahwa dirinya membutuhkan "lebih banyak jaminan" sebelum kompetisi kembali bergulir.

Italia lockdown selama dua bulan lantaran pandemi virus Corona. Hingga kini masih ada perbedaan tentang bagaimana melanjutkan kompetisi.

"Sebelum memulai musim, kami membutuhkan beberapa jaminan lagi dan, berbicara kepada Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora, kami tidak memiliki itu untuk saat ini," kata Conte dalam konferensi pers yang disiarkan televisi Italia, sebagaimana dilansir AFP yang dikutip di Jakarta, Minggu.

"Saya berharap itu semua bisa dicapai sesegera mungkin."

Sementara itu, sejumlah klub menganggap bahwa protokol kesehatan Pemerintah Italia, tidak mungkin diterapkan. Ada dua persoalan utama yang dihadapi klub.

Pertama, menyangkut kesulitan logistik bagi klub untuk mengatur periode latihan kelompok dua minggu dari hari Senin. Para pemain secara teoritis harus berlatih bersama, kemudian makan dan tidur di pusat pelatihan atau hotel yang sepenuhnya tersedia untuk tim demi menghindari risiko penularan. Banyak klub ternyata tidak memiliki fasilitas ini.

Persoalan kedua menyangkut desakan pemerintah terkait karantina bagi seluruh tim dan staf yang terdeteksi positif dalam tes. Sebaliknya klub-klub Italia lebih menyukai model yang dipakai Jerman, di mana hanya orang yang terinfeksi saja yang dikarantina.


Klub-klub liga utama Italia boleh lagi berlatih penuh mulai Senin 18 Mei nanti, kata Perdana Menteri Giuseppe Conte seperti dikutip Reuters, Minggu, sebagai bagian dari pelonggaran lebih jauh dari pembatasan salah satu lockdown virus corona yang paling ketat di dunia.

Serie A sudah dihentikan sejak 9 Maret dan tanggal untuk mulainya kembali kompetisi belum ditentukan, sekalipun para pemain sudah kembali berlatih sendiri-sendiri sambil mematuhi ketentuan social distancing atau jaga jarak sosial.

Italia adalah negara pertama di Eropa yang terdampak keras oleh krisis virus corona ketika Serie A menjadi liga pertama yang bermain tanpa disaksikan penonton di stadion, dan liga besar pertama yang menghentikan sementara musim kompetisi.

Klub Diizinkan Berlatih


Conte memastikan bahwa klub-klub sepak bola bisa kembali berlatih pada Senin bersama dengan tim-tim olahraga lainnya tetapi tidak bisa memberikan rincian lain kapan Serie A dilanjutkan.

Pada Sabtu malam 16 Mei tadi Bundesliga Jerman menjadi liga sepak bola besar pertama di Eropa yang meneruskan kompetisi sejak pandemi COVID-19 merusak kalender olahraga dunia.

"Ada begitu banyak tekanan untuk memulai lagi Serie A tetapi penting ditekankan bahwa kondisi keselamatan tertinggi sudah diterapkan," sambung Conte.

"Untuk memberikan tanggal yang pasti kita harus mendapatkan garansi lebih banyak daripada yang kami miliki saat ini tetapi yang saya katakan kita belum memilikinya."


Hingga terakhir kompetisi Liga Italia, Juventus memuncaki klasemen dengan selisih satu poin di atas peringkat kedua Lazio dengan 12 pertandingan tersisa ketika musim ini terhenti sementara Maret lalu.

Italia menduduki peringkat ketiga dalam jumlah korban meninggal dunia karena virus corona di dunia sekalipun Sabtu kemarin jumlah korban meninggal dunia turun drastis ke 153 yang merupakan paling rendah sejak 9 Maret.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Agung DH
Editor: Addi M Idhom
DarkLight