Serie A 2019/2020

Jadwal Liga Italia: Nasib Serie A Diputuskan 28 Mei 2020

Oleh: Permadi Suntama - 20 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kelanjutan Liga Italia Serie A 2019/2020 baru akan diputuskan pada 28 Mei 2020.
tirto.id - Klub-klub Liga Italia mulai menggelar latihan sejak pekan kemarin meski kelanjutan Serie A musim ini baru akan diputuskan pada 28 Mei 2020. Persebaran pandemi Corona COVID-19 di Italia masih cukup tinggi meski situasi mulai stabil.

Berdasarkan data Worldometers, tidak ditemukan pasien positif baru sejak Selasa (19/5/2020) sampai Rabu (20/5/2020). Kendati demikian, data pasien positif COVID-19 di Italia masih tinggi, yakni 226.699 kasus dengan 32.169 meninggal dan 129.401 dinyatakan sembuh.

Dilansir dari AFP yang dikutip Antara, Menteri Olahraga Italia, Vicenzo Spadafora, menyebut protokol kesehatan yang diajukan federasi sepak bola FIGC sudah disetujui oleh ahli medis dari pemerintah.

Hal ini membuka peluang kompetisi sepak bola tertinggi di Italia itu dapat dilanjutkan kembali meskipun pertandingan harus digelar tanpa penonton.

"Ini merupakan kabar yang luar biasa untuk sepak bola Italia. Setiap tim bisa melakukan latihan secara berkelompok lagi [dengan protokol kesehatan yang sudah disepakati]," ujar Vicenzo Spadafora.

Spadafora bakal melakukan pertemuan dengan Presiden FIGC, Gabriele Gravina, dan Presiden Lega Serie A, Paolo Dal Pino, pada 28 Mei 2020 untuk memutuskan kompetisi dilanjutkan atau berhenti.

Sang menteri juga menyebut akan membantu FIGC dan operator liga untuk mendapatkan izin dari pemerintah Italia.

"Yang paling penting adalah komitmen kuat dari operator kompetisi untuk menyelesaikan Serie-A, kemudian federasi akan membuat format kompetisi yang akan mereka gunakan [dan aturan protokol kesehatan di dalam pertandingan]," ujar Spadafora.


Kapan Liga Italia Menyusul?

Rencana untuk mengisolasi pemain sebelum latihan bersama sudah dibatalkan oleh Spadafora dengan mengizinkan setiap klub melakukan latihan tim setelah menjalani tes COVID-19.

Jika ada pemain yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, klub akan dikarantina selama 14 hari. Klub akan dipantau perkembangannya oleh petugas medis sebelum diputuskan langkah lebih lanjut.

Kebijakan ini disambut baik oleh Gabriele Gravina. Ia menegaskan FIGC akan menjalankan instruksi dari pemerintah Italia.

FIGC saat ini tengah fokus mempersiapkan protokol kesehatan yang akan diterapkan jika Serie-A dilanjutkan di tengah pandemi yang masih berlangsung.

Beberapa kompetisi di dunia mulai bergulir kembali setelah dihentikan pada Maret 2020 lalu.

Dimulai dengan Liga Korea Selatan yang sudah berlangsung dua pekan dan Bundesliga Jerman yang telah memainkan seluruh laga pekan ke-26.

Liga Spanyol dan Liga Inggris juga dijadwalkan segera bergulir lagi mulai Juni 2020 mendatang.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight