Jadwal Liga Champions & Europa League 2020: 16 Besar Hingga Final

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 17 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
UEFA resmi menetapkan jadwal lanjutan Liga Champions, Europa League, dan Piala Eropa (EURO) 2020.
tirto.id - Konfederasi Sepak Bola Eropa atau UEFA resmi menetapkan jadwal lanjutan Liga Champions dan Europa League 2020 yang akan dimulai Agustus mendatang. Jadwal ulang Piala Eropa alias EURO 2020, kompetisi usia muda, futsal, dan ajang sepak bola wanita pun sudah ditetapkan.

Keputusan ini ditetapkan setelah Komite Eksekutif UEFA menggelar rapat secara daring pada 16-17 Juni 2020. Presiden UEFA, Aleksandr Ceferin, menyambut baik penetapan jadwal sejumlah agenda penting sepak bola Eropa yang sempat terdampak pandemi COVID-19 itu.

"Saya senang kami sanggup melanjutkan hampir semua kompetisi kami [UEFA]. Saya yakin bahwa kami tidak akan menahan absennya penonton terlalu lama dan bahwa mereka akan diperbolehkan memasuki stadion selekas mungkin," ucap Aleksandr Ceferin, dikutip laman resmi UEFA.

Liga Champions musim ini akan dilanjutkan pada Agustus 2020. Babak perempat final hingga final rencananya digelar pada 12-23 Agustus di Lisbon, Portugal. Sisa musim UCL 2019/2020 akan diselesaikan di Stadion da Luz dan Stadion Jose Alvalade dengan format satu leg sejak perempat final.

Tempat penyelenggaraan sisa babak 16 besar yang digelar 7-8 Agustus belum diputuskan. Terkait masalah ini, UEFA menyediakan dua opsi, yaitu penyelenggaraan tetap di kandang klub peserta atau tempat netral.

UEFA akan menunjuk Stadion Dragao di Porto dan Stadion Dom Alfonso Henriques di Guimaraes sebagai tempat pelaksanaan 16 Besar jika diperlukan.


Jadwal UCL & Liga Eropa 2020

Pengundian babak perempat final sendiri dijadwalkan pada 10 Juli. Laga 8 besar rencananya digelar pada 12-15 Agustus, semifinal 18-19 Agustus, dan final pada 24 Agustus di Stadion da Luz. Semua laga akan digelar pukul 21.00 Waktu Eropa Tengah atau 02.00 WIB (keesokan harinya)

Sementara itu, perempat final hingga final Europa League dijadwalkan pada 10 Agustus sampai 21 Agustus. Pertandingan akan digelar di Jerman, dengan kota Cologne, Duisburg, Dusseldorf, dan Gelsenkirchen sebagai tuan rumah.

Pertandingan sisa 16 Besar Europa League sendiri rencananya akan diselesaikan pada 5-6 Agustus. Namun, tempat penyelenggaraan leg kedua 16 Besar belum ditentukan. UEFA belum menentukan apakah leg kedua 16 Besar tetapi digelar sesuai format kandang-tandang atau turut diboyong ke Jerman.

Saat kompetisi dilanjutkan, UEFA sedikit mengubah peraturan akibat jeda pandemi COVID-19. Di antaranya adalah peraturan pergantian pemain, yaitu klub peserta dibolehkan untuk mengganti pemain hingga lima kali setiap pertandingan.

UEFA sedang merumuskan protokol kesehatan untuk pelaksanaan pertandingan. Kemungkinan kehadiran penonton pun secara rutin akan dievaluasi.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight