Jadwal Liga Champions 2020: Final akan Digelar 23 Agustus di Lisbon

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 16 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
UEFA kemungkinan besar akan memutuskan laga final Liga Champions berlangsung pada 23 Agustus 2020, di Lisbon, Portugal.
tirto.id - Komite Eksekutif UEFA dijadwalkan mengadakan rapat mulai Rabu (17/6/2020) mendatang. Rapat ini akan digelar secara daring dan dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu pada hari Rabu (17/6) mulai pukul 12.00 hingga 15.00, dan Kamis (18/6) pada pukul 09.00 hingga 11.00, Waktu Eropa Tengah.

Berdasarkan keterangan di laman resmi UEFA, rapat tersebut bakal membahas jadwal serta format kompetisi, termasuk Liga Champions 2020 yang terdampak pandemi Coronavirus.

Sejumlah kompetisi yang akan dibahas oleh UEFA ialah Liga Champions, Europa League, Women's Champions League, UEFA Youth League, dan EURO 2020.

Sky Sports melaporkan, rapat itu diyakini bakal menyetujui rencana penyelesaian kompetisi Liga Champions 2019/2020 di Lisbon. Sisa jadwal Liga Champions kemungkinan akan dipadatkan dan digelar pada 12-23 Agustus 2020.

Rencananya, babak perempat final hingga final akan digelar di dua stadion, yaitu Estadio da Luz dan Estadio Jose Alvalede. Sementara fase gugur diperkirakan berjalan dengan format satu laga, bukan skema dua leg yang biasa dipakai di Liga Champions sebelumnya.

Lisbon difavoritkan menjadi tempat darurat untuk menyelesaikan UCL karena wabah COVID-19 yang semakin mereda di ibu kota Portugal itu.

Semua laga UCL yang tersisa diperkirakan akan berlangsung tanpa penonton. Meski begitu, opsi kehadiran penonton dimungkinkan apabila Lisbon mampu lebih cepat mengendalikan pandemi.

Sebelum pandemi membikin kompetisi-kompetisi di Eropa tak lagi sama seperti sebelumnya, laga final Liga Champions 2019/2020 direncanakan berlangsung di Istanbul, Turki.

UEFA diyakini akan memberikan kompensasi kepada Istanbul berupa jatah menggelar final UCL di masa mendatang.

Liga Champions 2019/2020 baru menghasilkan empat kontestan perempat final, yaitu Atalanta, RB Leipzig, Atletico Madrid, dan Paris Saint-Germain. Sedangkan 8 tim lain belum melakoni leg kedua.

Sementara itu, UEFA dilaporkan belum memutuskan bagaimana penyelesaian Europa League dan Women's Champions League musim ini.

Dua kompetisi tersebut diperkirakan akan diselesaikan dengan format serupa UCL. Europa League diperkirakan akan digelar di Frankfurt atau Dusseldorf, Jerman; sedangkan Women's Champions League di Bilbao atau San Sebastian, Spanyol.

Terkait musim 2020/2021, UEFA dilaporkan berencana memulai fase grup Liga Champions pada pertengahan Oktober tahun ini. Namun, rencana tersebut juga harus disesuaikan dengan kalender liga domestik yang turut terdampak pandemi corona.

Untuk pertandingan internasional, UEFA diperkirakan akan memundurkan EURO pada musim panas 2021. Selain itu, UEFA pun masih perlu meninjau ulang jadwal UEFA Nations League dan kualifikasi Piala Dunia 2022.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Addi M Idhom
DarkLight