Jadwal Liga 1 akan Dimulai Juli 2021 & Digelar Terpusat di Jawa

Oleh: Addi M Idhom - 24 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
PSSI merencanakan jadwal Liga 1 dimulai pada awal Juli 2021, dan semua pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa.
tirto.id - PSSI merencanakan jadwal Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 bakal berlangsung sejak bulan Juli 2021 hingga Maret 2022. Kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia tersebut, akan berlangsung di Pulau Jawa.

Berdasarkan rencana PSSI, agenda Liga 1 2021-2022 bakal dimulai antara tanggal 3 sampai 7 Juli 2021. Adapun Liga 2 akan bergulir 14 hari setelah sepak mula Liga 1 dan direncanakan berakhir di bulan Desember mendatang.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, rencana pemusatan agenda Liga 1 Indonesia di Pulau Jawa tersebut sudah sesuai dengan aspirasi klub-klub peserta kompetisi.

"Itu atas permintaan klub-klub. Nanti, semua provinsi di Jawa akan dapat kesempatan menggelar pertandingan," ujar Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (24/5/2021), seperti dikutip dari Antara.

Alasan lainnya, menurut Iriawan, keputusan pemusatan agenda Liga 1 di Pulau Jawa juga dilandasi pertimbangan bahwa kawasan ini memiliki fasilitas pertandingan yang lengkap. Semua tim peserta Liga 1 nanti dapat memilih stadion kandang di Jawa, dengan perpindahan antarstadion via darat.

"Jadi (untuk tim dari luar Jawa) cukup satu kali naik pesawat dari daerahnya," kata Iriawan.

Meski belum memastikan nama-nama stadion di Jawa yang akan dipakai untuk lokasi pertandingan Liga 1 2021/2022, Iriawan mengatakan beberapa provinsi yang akan menjadi tempat pelaksanaan kompetisi adalah Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

"Nanti saya jelaskan stadionnya mana-mana saja," tambah Iriawan.

Mengenai rencana penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 ini, Polri melalui Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto berencana menerbitkan izin keramaian paling lambat 27 Mei 2021.


Persiapan dan rencana penerbitan izin untuk penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2021 tersebut dibahas di rapat koordinasi antara pimpinan PSSI dengan Menpora Zainudin Amali, pada Senin (24/5/2021) di kantor Kemenpora, Jakarta.

Dalam rapat tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan hadir bersama Plt Sekjen Yunus Nusi, Dirut LIB Akhmad Hadian Lukita, dan Dirops LIB Sudjarno. Dalam forum yang sama, juga terlihat hadir Asops Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto, serta Deputi Bidang Pencegahan BNPB Harmensyah.

Kata Iriawan, PSSI sudah menyampaikan gambaran lengkap rencana penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 dalam forum tersebut.

"Apabila pemerintah dan Polri memberikan izin, liga 1 akan bergulir pada awal Juli 2021 hingga Maret 2022 mendatang," kata Iriawan seperti dilansir laman PSSI.

"Tanggalnya tentu akan ditentukan begitu Polri memberikan izin, kami proyeksikan kick off [Liga 1 musim 2021/2022] pada 3 atau 7 Juli mendatang," tambah Iriawan.

Dia menambahkan detail jadwal dan rencana pelaksanaan Liga 2 akan dibahas oleh PSSI. Kata dia, wilayah yang diproyeksikan jadi lokasi pertandingan, yakni Palembang, Tangerang Selatan, Riau dan lain sebagainya.


Menpora Minta Kesehatan Masyarakat Harus Diutamakan

Setelah rapat koordinasi tertutup tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memberi penjelasan bahwa persiapan kompetisi kali ini berbeda, baik itu dari penyelenggaraannya maupun penerapan protokol kesehatan.

"Kami mau supaya penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 itu berjalan sesuai dengan aturan dan kita tetap membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19," kata Amali, dikutip dari siaran resmi Kemenpora.

Menurut dia, keselamatan dan kesehatan masyarakat harus diutamakan, meski kegiatan olahraga juga harus tetap didorong kembali aktif.

"Apalagi sepak bola, kita tahu sepak bola sekarang ini luar biasa animo masyarakat dan bahkan banyak masyarakat yang sudah mulai masuk ke pengelolaan klub," kata Amali.

"Oleh karena itu, pemerintah memfasilitasi supaya kegairahan masyarakat, baik para pemilik klub maupun suporter dan masyarakat pecinta sepak bola terpenuhi keinginannya," tambah dia.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2021 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight