Jadwal Liga 1 2020 Terbaru: Mulai 1 Oktober dengan PSS vs Persebaya

Oleh: Addi M Idhom - 3 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
PT LIB menetapkan jadwal Liga 1 2020 dilanjutkan mulai 1 Oktober 2020. Kompetisi lanjutan Liga 1 2020 akan berjalan sampai Februari 2021.
tirto.id - Jadwal Liga 1 2020 terbaru telah diumumkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB). Jadwal ini adalah kelanjutan kompetisi yang sempat vakum karena pandemi virus corona.

LIB memutuskan jadwal lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 akan dimulai pada 1 Oktober 2020 dan laga dilanjutkan dari pekan keempat.

Informasi resmi mengenai jadwal Liga 1 2020 terbaru itu telah disampaikan PT LIB kepada seluruh klub peserta kompetisi melalui surat surat bernomor 291/LIB-KOM/IX/2020 perihal Penyampaian Jadwal Pertandingan Extraodinary Competition Liga 1 2020.

Menurut Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, penyampaian jadwal pertandingan itu diputuskan setelah memerhatikan hasil rapat virtual antara PSSI, PT LIB dan 18 klub beberapa waktu lalu.

"Pembuatan jadwal ini telah menyesuaikan dengan kondisi terkini, sesuai dengan pelaksanaan lanjutan kompetisi dengan status Extraordinary Competition," ujar Sudjarno, Kamis (3/9/2020), dalam keterangan resmi yang dilansir laman LIB.

Dia menambahkan perumusan jadwal Liga 1 2020 terbaru itu sudah mempertimbangkan aspek-aspek lain yang sangat memengaruhi bergulirnya kompetisi.

"Seperti perpindahan home base klub dan juga masa recovery pemain," kata Sudjarno.

PT LIB memutuskan kompetisi Shopee Liga 1 2020 akan dilanjutkan mulai tanggal 1 Oktober 2020 dan berlangsung hingga 28 Februari 2021. Kompetisi akan berlangsung tanpa skema degradasi.

"Seluruh pertandingan akan dilaksanakan tanpa penonton dan diterapkan protokol kesehatan yang ketat," tegas Sudjarno.

Sementara itu, mengutip laporan Antara, lanjutan kompetisi Liga 1 2020 rencananya akan dibuka dengan laga PSS vs Persebaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Laga ini berlangsung pada Kamis, 1 Oktober 2020.

Pada 1 Oktober 2020, hanya ada satu pertandingan Liga 1 2020 yang digelar. Laga-laga lain bakal berlangsung pada akhir pekan, dan hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis serta Jumat.

Semua pertandingan lanjutan Liga 1 2020 akan berlangsung di Pulau Jawa sehingga tim-tim akan berpindah-pindah lewat transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.


Persiapan Persebaya Jelang Liga 1 2020 Dilanjutkan

Skuad Persebaya saat ini sedang bersiap menyambut kembali bergulirnya kompetisi dengan terus menjaga tempo latihan. Setelah menggembleng fisik di latihan terakhir, Makan Konate dkk berlatih di pusat kebugaran pada Kamis, 3 September 2020. Latihan ini untuk pembentukan otot.

Menurut pelatih fisik Persebaya, Gaselly Jun Panam, waktu lebih istirahat juga diberikan pada para pemain Persebaya dengan dengan mengubah jam latihan.

"Hari ini jelas pengurangan dari yang kemarin, intensitas di sini juga tidak terlalu tinggi. Kita juga mundurkan jamnya, biasanya latihan pagi jam 7 sekarang jadi jam 10 agar istirahat mereka lebih panjang," kata Gaselly seperti dilansir laman resmi Persebaya.

Bayu Nugroho yang menepi di latihan sebelumnya, sempat mengikuti latihan di gym hari ini. Meski begitu, pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut mengawali latihan secara terpisah.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengatakan Bayu masih dalam tahap pemulihan. Untuk sisa latihan pada pekan ini, Bayu kemungkinan masih akan menepi.

"Bayu Nugroho mengalami sedikit hamstring. Sepertinya latihan Jumat, Sabtu ini dia masih belum bisa bergabung dengan tim, dia akan latihan tersendiri," kata Aji.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight