Jadwal Laga Pembuka Liga 1 2021 Bhayangkara FC vs Arema di Solo?

Oleh: Iswara N Raditya - 8 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Apakah Liga 1 2021 akan dibuka dengan pertandingan Bhayangkara FC vs Arema di Stadion Manahan Solo?
tirto.id - Ada kemungkinan kompetisi Liga 1 2021 bisa digelar di tengah pandemi COVID-19 jika memperoleh izin kepolisian. Mengenai jadwal laga pembuka Liga 1 musim 2021, apakah akan sama dengan agenda kick-off Liga 1 2020 yakni menghadirkan pertandingan Bhayangkara FC vs Arema di Stadion Manahan Solo?

Duel antara Bhayangkara FC melawan Arema di Solo pada Februari 2021 telah direncanakan oleh PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi apabila Liga 1 2020 dapat dihelat. Namun, yang terjadi kemudian adalah bahwa Liga 1 musim 2020 akhirnya dihentikan lantaran tidak kunjung mendapatkan izin dari pihak yang berwenang.

Usai menghentikan Liga 1 2020, PSSI dan PT LIB langsung merancang rencana digulirkannya Liga 1 musim 2021 meskipun tetap harus memperoleh izin dari Kepolisian RI (Polri). Salah satu upaya PSSI adalah menggandeng Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) agar mendapatkan izin dari kepolisian untuk menggelar kompetisi.

"Saya akan mencoba berkomunikasi dengan pihak kepolisian, paralel dengan PSSI," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dikutip dari Antara, Selasa (2/2/2021).

Terkait perkembangan terbaru ini, Polri mengisyaratkan akan memberikan izin digelarnya kompetisi musim 2021. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam Polri, Kombes Polisi Budi Sajidin.

"Kemarin saya mendapatkan informasi dari Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto yang menyatakan bahwa kegiatan liga sepak bola kemungkinan bisa dilaksanakan. Ini sudah dipertimbangkan," ungkap Budi Sajidin dilansir Antara, Rabu (3/2/2021).

Jika nantinya Liga 1 dan Liga 2021 mendapatkan izin untuk digulirkan, Budi Sajidin menegaskan bahwa pelaksanaan kompetisi sepak bola tersebut harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat demi meminimalisir potensi penularan COVID-19.

"Pada prinsipnya, kami sayang kepada masyarakat. Kami ingin kegiatan ini maju dan bisa berkompetisi kembali," tandas Budi Sajidin.


Liga 1 2021 Dibuka Bhayangkara FC vs Arema?

Mengenai laga pembuka Liga 1 musim 2021 nanti, apakah masih sama dengan rencana yang sebenarnya akan diberlakukan untuk mengawali Liga 1 2020, yakni duel antara Bhayangkara FC vs Arema di Stadion Manahan Solo?


"Itu rencana dahulu kalau liga mulai awal Februari dengan lokasi di Solo," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita, seperti diwartakan Antara, Senin (8/2/2021).

Kendati begitu, Akhmad Hadian Lukita belum memastikan apakah rencana menghadirkan laga antara Bhayangkara FC vs Arema di Stadion Manahan Solo juga akan diterapkan untuk membuka Liga 1 musim 2021 atau tidak.

"Jadi bisa berubah, bisa juga tidak," sebut Akhmad Hadian Lukita.

PT LIB dan PSSI saat ini terus fokus mempersiapkan segala sesuatunya apabila izin kepolisian untuk menggelar kompetisi Liga 1 2021 benar-benar bisa didapatkan. Rencananya, Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 bakal dimulai setelah Lebaran, yakni sekitar Mei atau Juni tahun ini.

"Kami terus menjalin komunikasi baik dengan Polri maupun Kemenpora. Dan kelak jika ada pertemuan yang melibatkan dua instansi itu, kami siap," tegas Akhmad Hadian.

Akhmad Hadian berharap, PT LIB dan PSSI bisa melakukan pertemuan dengan Polri dan Kemenpora untuk membahas teknis protokol kesehatan COVID-19 yang akan diterapkan di kompetisi nanti.

"Mudah-mudahan ada pertemuan untuk membahas soal liga secara teknis," harapnya.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight