Jadwal Kualifikasi Piala Eropa 2020 & Play-off EURO 2021 Pekan Ini

Oleh: Wan Faizal - 5 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Babak play-off Kualifikasi EURO atau Piala Eropa 2020 akan memasuki fase penting pada tengah pekan ini.
tirto.id - Babak play-off Kualifikasi EURO 2020 akan memasuki fase penting pada tengah pekan ini. Ada 8 negara masih harus berjuang memperebutkan 4 tiket tersisa untuk bergabung dengan 20 negara lain di putaran final Piala Eropa 2020 yang akan digelar 2021 nanti.

Seperti diketahui, UEFA mencoba untuk menerapkan cara main yang berbeda dalam turnamen antara negara Eropa, termasuk dalam kualifikasi menuju EURO 2020 yang pelaksanaan putaran finalnya terpaksa digeser ke tahun depan akibat pandemi COVID-19.

Pada babak kualifikasi reguler, telah ditemukan 20 negara yang berhak lolos ke putaran final. Ke-20 negara itu terdiri dari sang juara grup dan runner-up grup dari 10 grup di babak kualifikasi lalu.

Sisa empat negara masih akan dicari melalui babak play-off. Menjadi menarik karena penentuan 16 negara peserta play-off turut didasarkan pada hasil di UEFA Nations League (UNL) 2018/2019 silam.


Negara Peserta Play-Off EURO 2020

Menurut aturan awal, 16 negara peserta play-off akan diambil dari masing-masing juara grup di UNL 2018/2019 mulai dari Liga A sampai Liga D. Namun pada perjalanannya, tentu ada juara grup yang sudah mendapatkan tiket lolos melalui perjuangan mereka di babak kualifikasi Euro 2020 reguler.

Jika demikian, maka slot yang ada akan diisi oleh negara di bawahnya yang belum mendapatkan tiket lolos otomatis ke turnamen empat tahunan tersebut. Dalam hal ini, keuntungan tentu didapatkan oleh negara-negara di Liga C dan Liga D.

Dengan kata lain, 4 juara grup dari Liga D seperti Macedonia Utara, Kosovo, Belarusia, dan Georgia akan mendapatkan tiket ke babak play-off.

Demikian halnya dengan di Liga C yang diwakili oleh Skotlandia, Norwegia, dan Bulgaria. Pengecualian terjadi pada Finlandia yang sudah lolos lewat jalur kualifikasi sehingga tempatnya di play-off digantikan oleh Hungaria.

Dari Liga B Grup A, Slovakia mendapatkan jatah ke play-off meski menempati peringkat tiga klasemen akhir. Itu terjadi karena Ukraina dan Republik Ceko sudah lolos dari jalur kualifikasi.

Sedangkan sisa negara lain yang akan mengikuti play-off adalah Bulgaria, Islandia, Rumania, Bosnia & Herzegovina, Irlandia Utara, Republik Irlandia, dan Israel.


Format Play-Off EURO 2020

Ke-16 negara tersebut akan dipisah ke dalam empat path yakni Path A hingga Path D. Penentuan negara untuk ditempatkan di path tertentu adalah berdasarkan performa dan posisi mereka di UNL 2018-2019.

Sebagai contoh di Path D yang terdiri dari 4 negara yang berasal dari Liga D. Di Path C seharusnya diisi oleh negara yang berasal dari Liga C. Namun karena ada 7 negara yang terdiri dari 3 juara grup dan 4 negara non juara grup, maka 3 juara grup ditempatkan di Path C. Sedangkan 1 negara lagi ditentukan berdasarkan undian.

Path B diisi oleh negara dari Liga B yang jumlahnya tepat 4 negara. Satu lagi dari Path A hanya diisi oleh Islandia yang berasal dari Liga A. Sisa 3 negara diambil dari mereka yang ‘terbuang’ dari Liga C atau Path C.

Para penghuni masing-masing path tidak akan bertemu dengan negara dari path lain. Artinya negara di Path A akan berhadapan dengan Path A dengan format single match di babak semi final. Setelahnya, pemenang akan bertemu di babak final play-off yang berarti akan ada empat laga final nantinya.

Itu berarti dari keempat path tersebut dipastikan masing-masing path menyumbang satu negara yang lolos ke putaran final. Tentu akan menarik melihat siapa negara dari Path D yang akan lolos ke putaran final nantinya.

Jadwal Semi Final Play-off Kualifikasi Euro 2020

Kamis, 8 Oktober 2020
23.00 WIB: Path D - Georgia vs Belarusia

Jumat, 9 Oktober 2020
01.45 WIB: Path A - Bulgaria vs Hungaria
01.45 WIB: Path A - Islandia vs Rumania
01.45 WIB: Path B - Bosnia & Herzegovina vs Irlandia Utara
01.45 WIB: Path B - Slovakia vs Republik Irlandia
01.45 WIB: Path C - Norwegia vs Serbia
01.45 WIB: Path C - Skotlandia vs Israel
01.45 WIB: Path D - Macedonia Utara vs Kosovo

Daftar 20 Negara yang Lolos ke EURO 2020

Belgia
Italia
Rusia
Polandia
Ukraina
Spanyol
Perancis
Turki
Inggris
Republik Ceko
Finlandia
Swedia
Kroasia
Austria
Belanda
Jerman
Portugal
Swiss
Denmark
Wales

Baca juga artikel terkait EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - )

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight