Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia Uruguay vs Brazil, Peru vs Argentina

Oleh: Hendi Abdurahman - 16 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan Kamis, 18 November 2020 live streaming Mola TV: Big match Uruguay vs Brasil dan Peru vs Argentina.
tirto.id - Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL matchweek 4 bakal digelar pada Rabu (18/11/2020). Terdapat 5 pertandingan Pra-Piala Dunia yang bisa disaksikan melalui live streaming Mola TV, termasuk duel Uruguay vs Brasil dan Peru vs Argentina.

Pada matchweek 3, Brasil sukses meraih kemenangan atas Venezuela dengan skor 1-0. Hasil ini mengukuhkan Gabriel Jesus dan kawan-kawan di posisi puncak dengan catatan sempurna, 9 poin. Sementara itu, Argentina menguntit di urutan 2 lewat koleksi 7 poin.

Di kubu lain, Uruguay yang sempat kandas oleh Ekuador pada matchweek 2, bangkit dengan mengalahkan Kolombia dalam laga Sabtu (14/11/2020) lalu. Edinson Cavani dan Luis Suarez sama-sama membobol gawang Los Cafeteros. Ini ditambah dengan gol Darwin Nunez sehingga La Celeste menang 3-0.

3 tim terbawah, yang belum pernah memperoleh kemenangan di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan adalah Peru, Venezuela, dan Bolivia. Namun, kesempatan untuk terus bersaing dan lolos, setidaknya ke babak play-off masih terbuka lebar.

Sebagai catatan, 4 tim teratas klasemen Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL akan otomatis lolos ke Qatar. Sementara itu, tim urutan kelima akan menjalani babak play-off interkontinental.


Jadwal Uruguay vs Brasil


Dalam matchweek 4 akan ada big match antara 2 tim yang paling banyak menjuarai Coppa America, yaitu Uruguay vs Brasil. Laga ini bakal berlangsung di Stadion Centenario pada Rabu (18/11/2020) mulai pukul 06.00 WIB.

Kedua tim memiliki materi pemain yang hampir merata. Skuad arahan Oscar Tabarez membutuhkan 3 poin tambahan untuk bersaing di papan atas guna menjaga peluang lolos. Luis Suarez diperkirakan bakal kembali menjadi andalan. Koleksi 4 golnya sejauh ini menempatkan penyerang Atletico Madrid itu di urutan pencetak gol terbanyak.

Jelang melawan Brasil, La Celeste menitikberatkan pada latihan tendangan jarak jauh. Hal ini dilakukan sebagai opsi andai peraih Piala Dunia 1930 tersebut mengalami kebuntuan. Ini logis karena Selecao menjadi tim dengan pertahanan terbaik sepanjang kualifikasi, bersama Argentina, dengan kebobolan 2 gol.

Di sisi lain, bek Brasil, Marquinhos, menyoroti kinerja duet Suarez-Cavani dan meminta rekan-rekannya untuk tidak membiarkan mereka bebas di area pertahanan. Menurutnya, fokus dan hati-hati menjadi dua faktor yang mesti ditingkatkan apabila ingin meraih kemenangan.

“Mereka [Suarez-Cavani] adalah dua ‘binatang buas’ sepak bola, kami tahu berapa banyak yang telah mereka berikan untuk timnas Uruguay dan untuk sepak bola. Saya telah melihat dari dekat apa yang bisa dilakukan keduanya,” ucap Marquinhos.



Jadwal Peru vs Argentina


Satu laga lain yang tak kalah menarik akan tersaji di Stadion Nasional de Lima, Rabu (18/11/2020) pukul 07.30 WIB, antara Peru kontra Argentina. Pada pertandingan sebelumnya, kedua tim gagal meraih hasil maksimal.

Lionel Messi dan kawan-kawan hanya bermain imbang melawan Paraguay sedangkan Peru justru kalah atas Chile. Jika berkaca pada situasi terkini, ditambah rekor head to head 5 pertemuan terakhir, Tim Tango lebih diunggulkan.

Dua kemenangan didapat Argentina sedangkan Peru hanya mampu bermain dengan hasil 3 kali seri dalam 5 pertemuan teraktual. Sementara dari sisi teknis, Peru yang dinakhodai pelatih berkebangsaan Argentina, Ricardo Gareca, sedikit banyak mengetahui cara bermain tim tamu.

Namun, di luar itu, Gianluca Lapadula dan rekan-rekan layak memperbaiki koordinasi di lini belakang. Pasalnya, dalam 3 laga awal, mereka telah kebobolan 8 gol, kedua terbanyak setelah Bolivia.


Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Pekan Ini


Di laga lainnya, Ekuador bakal bersua Kolombia. Tuan rumah memiliki catatan cukup baik dengan menorehkan 2 kemenangan dan sekali kalah. Sementara itu, Kolombia meraih 1 menang, 1 seri, dan 1 kalah. Untuk terus menjaga asa lolos, kedua tim mesti meraih hasil maksimal dalam laga ini.

2 pertandingan lain juga layak jadi sorotan. Duel Venezuela vs Chile dimainkan di Stadion Olimpico de la UCV sedangkan partai Paraguay kontra Bolivia digelar di Stadion Defensores del Chaco.

Chile berpotensi meraup 3 poin jika melihat performa Venezuela yang selalu kalah dalam 3 laga awal dengan kebobolan 5 gol tanpa menjaringkan bola ke gawang lawan.

Lain itu, Paraguay juga memiliki asa untuk menambah jumlah poin untuk naik ke papan atas. Anak asuh Eduardo Berizzo belum terkalahkan, sama dengan Argentina dan Brasil, tapi bedanya Gustavo Gomez dan kawan-kawan baru menang sekali dan seri 2 kali.



Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL

Rabu, 18 November 2020
04.00 WIB: Ekuador vs Kolombia (live streaming Mola TV)
04.00 WIB: Venezuela vs Chile (live streaming Mola TV)
06.00 WIB: Paraguay vs Bolivia (live streaming Mola TV)
06.00 WIB: Uruguay vs Brasil (live streaming Mola TV)
07.30 WIB: Peru vs Argentina (live streaming Mola TV)

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL

Berikut klasemen kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan hingga matchweek 3.

Main Menang SG Poin
3 3 +8 9
3 2 +2 7
3 2 +2 6
3 2 +2 6
3 1 +1 5
3 1 +1 4
3 1 +0 4
3 0 -4 1
3 0 -5 0
3 0 -7 0


Baca juga artikel terkait JADWAL KUALIFIKASI PIALA DUNIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight