Piala AFC U-23 2022

Jadwal Kualifikasi Piala Asia U23: Siapa Lawan Timnas Indonesia?

Oleh: Iswara N Raditya - 30 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ada kemungkinan lawan-lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U23 2022 bakal berubah.
tirto.id - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah merilis jadwal Kualifikasi Piala Asia U23 2022. Namun, ada kemungkinan lawan-lawan Timnas Indonesia U-23 bakal berubah. AFC memutuskan akan mengundi ulang Grup G sampai K setelah mundurnya Korea Utara dari ajang tersebut.

Di Kualifikasi Piala Asia U23 2022, AFC membagi ke dalam dua wilayah besar yaitu Barat dan Timur. Grup A, B, C, D, E, dan F masuk Wilayah Barat dengan para peserta yang berasal dari Asia Barat, Asia Selatan, dan Tengah.

Sementara Wilayah Timur terdiri dari Grup G, H, I, J, dan K, yang diisi oleh tim-tim dari Asia Timur, Asia Tenggara, ditambah Australia. Grup K hanya melibatkan 3 tim, yaitu Jepang, Korea Utara, dan Kamboja.

Namun, Korea Utara tiba-tiba mengundurkan diri. Mundurnya Korea Utara membuat komposisi Grup K tinggal menyisakan 2 tim, yakni Jepang dan Kamboja. Sedangkan grup-grup lain di Wilayah Timur, termasuk Grup G yang terdapat Timnas Indonesia, melibatkan 4 tim.

Situasi ini membuat AFC terpaksa merumuskan ulang komposisi di grup-grup Wilayah Timur. Maka, kemudian diputuskan bahwa akan dilakukan pengundian ulang untuk Grup G, H, I, J, dan K. Timnas Indonesia yang berada di Grup G tentu saja bakal terkena imbasnya.

Menurut hasil pengundian yang telah dilakukan sebelumnya, Timnas Indonesia tergabung di Grup G bersama Australia, Cina, dan Brunei Darussalam. AFC juga telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Grup G Kualifikasi Piala Asia U23 2022.

Semula, Kualifikasi Piala AFC U23 2022 Grup G akan dihelat pada 27-31 Oktober 2021. Indonesia menghadapi Cina tanggal 27 Oktober 2021. Dua hari kemudian, giliran Australia yang menjadi lawan Indonesia sebelum duel kontra Brunei pada 31 Oktober 2021.


Respons dan Target PSSI di Kualifikasi Piala Asia U23 2022

Dengan rencana pengundian ulang komposisi Wilayah Timur termasuk Grup G, maka besar kemungkinan lawan-lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U23 akan mengalami perubahan.

Kendati begitu, dikutip dari laman resmi PSSI, tim yang bertindak sebagai tuan rumah dan menempati pot 1 dari grup-grup di Wilayah Timur tidak akan berubah. Artinya, Indonesia dan Australia tetap berada di Grup G untuk Kualifikasi Piala Asia U23 2022 nanti.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menegaskan bahwa Timnas Indonesia siap menghadapi lawan manapun dan tidak masalah jika terjadi perubahan di komposisi tim pengisi Grup G di Kualifikasi Piala Asia U23 2022 mendatang.

"PSSI tidak ada masalah meski harus dilakukan drawing ulang yang bisa saja melawan tim yang berbeda di Grup G. Kami siap melawan siapa pun dan PSSI bertekad menjadi tuan rumah yang baik pada ajang Kualifikasi AFC U-23 2022 ini," tandas Yunus Nusi, Kamis (29/7/2021).

Mengenai target yang ingin dicapai, PSSI berharap pelatih Shin Tae-yong mampu mengantarkan skuad Garuda Muda melaju ke putaran final Piala Asia U23 2022 yang akan dilangsungkan di Uzbekistan tahun depan.

"PSSI menargetkan Indonesia dapat lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022. PSSI ingin pelatih Shin Tae-yong dapat mempersiapkan tim dengan maksimal untuk mengikuti event tersebut," kata Yunus Nusi.

Putaran final Piala AFC U-23 2022 dijadwalkan akan dihelat di Uzbekistan mulai tanggal 1 hingga 19 Juni 2022. Timnas Indonesia belum pernah tampil di putaran final Piala Asia untuk usia di bawah 23 tahun ini.

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight