Jadwal Kualifikasi e-Sports IES Indonesia Championship 2020 Sumsel

Oleh: Permadi Suntama - 23 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sumatera Selatan (Sumsel) siap menggelar Kualifikasi Smartfren IES Indonesia Championship 2020 pada Mei mendatang.
tirto.id - Sumatera Selatan (Sumsel) siap menggelar Kualifikasi Smartfren IES Indonesia Championship 2020 pada Mei mendatang. Pemenang kualifikasi bakal mewakili Provinsi Sumsel di turnamen e-Sports terbesar di Indonesia yang berlangsung pada Oktober 2020.

Dilansir dari Antara, Ketua Asosiasi eSports Indonesia (IeSPA) Sumsel, Nirmala Dewi, meyakini ajang tersebut dapat menyedot animo para gamers di Sumsel. Pasalnya, situasi di tanah air yang terdampak virus Corona atau COVID-19 bisa dimaanfaatkan oleh para gamers untuk tetap produktif.

Selain itu, dengan diadakannya kualifikasi e-Sports di Sumatera Selatan, diharapkan dapat membuat banyak orang tetap berada di rumah. Hal ini dianggap membantu pemerintah dalam menekan mobilitas masyarakat supaya tidak menyebarkan COVID-19.

"Ini kesempatan kita semua untuk isi imbauan pemerintah 'stay at home' secara positif dan produktif. Jadi, di tengah tengah pandemi tetap bisa produktif dan melakukan aktivitas olahraga," tutur Nirmala Dewi, dikutip Antara.

Dalam beberapa kegiatan yang dilakukan oleh IeSPA Sumatera Selatan selalu diikuti oleh ratusan peserta. Oleh karena itu, pihak panitia penyelenggara optimis turnamen kali ini bakal diikuti oleh banyak peserta karena menjanjikan total hadiah Rp500 juta.

Selain itu, sejak dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga di SEA Games 2019, popularitas e-Sports semakin tinggi. Bahkan, para gamers tak hanya didominasi oleh anak-anak muda, tetapi menyasar lebih banyak kalangan.


Syarat dan Jadwal Kualifikasi di Sumsel

Juara turnamen e-Sports di Sumatera Selatan bakal mewakili daerahnya di kejuaraan nasional e-Sports Indonesia yang berlangsung pada Oktober 2020. Jika mampu jadi juara nasional, mereka bakal dipersiapkan untuk jadi kontingen Indonesia di SEA Games 2021 di Kamboja.

Ketua panitia turnamen e-Sports Sumatera Selatan, Imam, berharap kejuaraan tersebut dapat melahirkan atlet daerah Sumatera Selatan jadi juara nasional. Karenanya, turnamen tersebut diperuntukkan untuk semua kalangan.

Pendaftaran lomba dibuka mulai 24 April dan ditutup pada 14 Mei 2020. Turnamen diperuntukkan untuk seluruh warga Sumatera Selatan dan dapat diikuti secara gratis, dengan menunjuikkan foto KTP, yang berdomisili asli di wilayah Sumatera Selatan.

"Harapannya atlet Sumsel bisa tembus level nasional. Batas registrasi peserta dimulai kemarin (22/4/2020) sampai 14 Mei dan itu gratis. Syarat utamanya menunjukkan KTP asli berdomisili di Sumsel," tutur Imam, dikutip Antara.

Adapun nomor yang dipertandingkan adalah PUBG Mobile, Dota 2, Mobile Legends dan Autochess.

Dota 2 dan Mobile Legends merupakan dua nomor yang sudah dipertandingkan pada SEA Games 2019 lalu, sementara untuk PUBG Mobile dan Autochess masih dipertimbangkan untuk masuk di SEA Games 2021.

Baca juga artikel terkait E-SPORTS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight