Jadwal Ksatria Baja Hitam Kamen Rider Black di RTV Mulai 24 Agustus

Oleh: Maria Nanda Ayu Saputri - 24 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ksatria Baja Hitam atau Kamen Rider Black tayang perdana di Jepang pada 4 Oktober 1987.
tirto.id - Serial Kamen Rider Black atau lebih dikenal di Indonesia sebagai Ksatria Baja Hitam akan ditayangkan mulai hari Senin, 24 Agustus 2020 pukul 19.30 WIB.

Generasi 90-an pasti tidak asing dengan Ksatria Baja Hitam. Tayangan ini merupakan serial TV Tokusatsu yang secara perdana ditayangkan di negeri Sakura pada 4 Oktober 1987 dan tamat pada 9 Oktober 1988.

Serial ini dapat disebut sebagai Kamen Rider era Showa paling sukses, yang kemudian mendapatkan sekuel, yaitu Kamen Rider Black RX (23 Oktober 1988 hingga 24 September 1989) yang masih mengisahkan petualangan Kotaro Minami, tetapi dengan musuh baru, Crisis Empire.

Sebelumnya, program ini ditayangkan pertama kali di Indonesia oleh RCTI pada tahun 1993. Lalu ditayangkan ulang oleh Indosiar pada 2004-2006 yang sering disingkat dengan nama KBH.


Karakter di Kamen Rider Black

Kotaro Minami (Kamen Rider Black) merupakan seorang pemuda berusia 19 tahun yang hidupnya berubah sejak diculik Gorgom dan diubah menjadi Black Sun. Dalam mengalahkan Gorgom, Kamen Rider Black menggunakan jurus Rider Punch (diterjemahkan di Indonesia jadi Pukulan Maut) dan Rider Kick (diterjemahkan jadi Tendangan Maut). Tokoh ini diperankan oleh Tetsuo Kurata.

Kyoko Akizuki adalah adik kandung Nobuhiko Akikuzi yang beberapa kali hendak diculik oleh Daishinkan untuk membangkitkan Shadow Moon (Diterjemahkan di Indonesia jadi Bayangan Hitam).

Nobuhiko Akizuki (Shadow Moon), karakter ini membuat kisah Kamen Rider Black jadi lebih istimewa daripada seri Kamen Rider era Showa lainnya. Shadow Moon memiliki Satan Sabre, senjata khusus untuk Raja Abad. Pada episode akhir, Shadow Moon sempat berupaya mengendalikan Battle Hopper, meski kemudian gagal.

Daishinkan: Darom adalah pimpinan Daishinkan. Awalnya ia diperlihatkan mengenakan jubah putih, seperti dua rekannya, Baraom dan Bishium. Ia kemudian berubah wujud menjadi mahluk berbentuk mirip trilobita. Daishinkan: Baraom Seperti Darom, usai kekuatannya digunakan untuk membangkitkan Shadow Moon, ia muncul dalam bentuk makhluk mirip jenis macan dengan gading.

Daishinkan: Bishium yang awalnya identik dengan jubah seperti kedua rekannya, kemudian berubah jadi makhluk berbentuk mirip kelelawar, tetapi sebenarnya pterosaurus.

Bilgenia yakni seorang petarung Gorgom yang terlahir 30.00 tahun lalu. Ia bukanlah pilihan Sousei-ou meski terlahir pada hari terjadi gerhana matahari. Ia pernah berniat memberontak kepada Sousei-ou, tetapi gagal, lantas tubuhnya disegel dalam sebuah peti. Pada akhirnya, Bilgenia tewas oleh Shadow Moon.

Sousei-Ou adalah penguasa tertinggi Gorgom dengan bentuk jantung raksasa yang berdegup.


Sinopsis Kamen Rider Black

Petualangan Kamen Rider Black dimulai sejak penculikan Kotaro Minami dan Nobuhiko Akizuki oleh Gorgom. Kotaro dan Nobuhiko dioperasi untuk diubah menjadi kandidat Sousei-ou (Creation King) yang baru.

Gorgom melakukan ini karena sebentar lagi, masa kekuasaaan 50.000 tahun Sousei-ou yang lama segera berakhir. Kotaro dan Nobuhiko akan menjadi Raja Abad/Seiki Ou (Century King) yang harus bertarung satu sama lain untuk menentukan siapa yang pantas menjadi Sousei-ou yang baru.

Kotaro dan Nobuhiko sama-sama lahir pada saat gerhana matahari. Inilah alasan mereka dipilih. Kotaro diubah menjadi Black Sun, sedangkan Nobuhiko sebagai Shadow Moon. Ketika operasi masih berjalan, Kotaro lolos sebelum dicuci otak oleh Gorgom.

Sejak saat itu, Kotaro yang ketika berubah wujud memakai nama Kamen Rider Black, berjuang untuk menyelamatkan bumi dari ancaman Gorgom. Situasi semakin pelik karena Kotaro harus menghadapi Nobuhiko yang sudah mengalami pencucian otak. Dalam bentuk Shadow Moon, Nobuhiko hanya ingin menjadi Sousei-ou dan memusnahkan Black Sun alias Kamen Rider Black.

Jika tayangan ini dimulai, penonton akan didengarkan dengan lagu pembuka yang khas yakni lagu yang berjudul “Kamen Rider Black”. Di akhir tayangan Kamen Rider Black juga menyajikan lagu bertajuk “Long Long Ago, 20th Century” sebagai penutup.


Baca juga artikel terkait KAMEN RIDER BLACK atau tulisan menarik lainnya Maria Nanda Ayu Saputri
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Nanda Ayu Saputri
Penulis: Maria Nanda Ayu Saputri
Editor: Ibnu Azis
DarkLight