Jadwal Ksatria Baja Hitam di RTV & Daftar Kamen Rider Periode Showa

Oleh: Fitra Firdaus - 27 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Mengenal Kamen Rider era Showa selain Ksatria Baja Hitam yang tayang di RTV setiap Senin hingga Jumat pukul 19.30 WIB.
tirto.id - Kamen Rider Black atau di Indonesia dikenal sebagai Ksatria Baja Hitam tayang di Rajawali TV (RTV) setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 19.30 WIB. Kamen Rider Black sendiri adalah edisi ke-8 dalam serial Kamen Rider pada periode Showa.

Post akun media sosial Facebook RTV terkait episode perdana Kamen Rider Black yang tayang pada Senin, 24 Agustus 2020 pukul 19.30 WIB mendapatkan sekitar 2.900 like, 1.400 komentar dan dibagikan 451 kali hingga Kamis (27/8/2020).

Penayangan kembali Kamen Rider Black, yang di Indonesia pernah diputar pada 1994 melalui stasiun televisi RCTI, membuat banyak generasi 1990-an yang bernostalgia soal petualangan Kotaro Minami dalam menumpas kejahatan Gorgom.

Kamen Rider Black memang menjadi Kamen Rider pertama yang ditayangkan di stasiun televisi Indonesia, diikuti sekuelnya, Kamen Rider Black RX (Ksatria Baja Hitam RX), lalu Masked Rider Super-1. Namun, Kamen Rider Black bukanlah edisi pertama serial Kamen Rider.



Kamen Rider Ichigo dan Nigo


Serial Kamen Rider, yang masuk dalam tokusatsu genre kaijin, dimulai dari Kamen Rider Ichigo dan Nigo sejak 3 April 1971 hingga 10 Februari 1973. Ichigo awalnya hanya bernama Kamen Rider, tetapi kemudian mengubah namanya sebagai identifikasi diri setelah menyelamatkan Nigo.

Total terdapat 98 episode seri ini, yang mengisahkan petualangan Takeshi Hongo (Ichigo) dan Hayato Ichimonji (Nigo) dalam melawan Shocker, organisasi teror yang menciptakan siborg mutan dari manusia. Takeshi dan Hayato yang awalnya menjadi korban penculikan Shocker, kemudian menumpas organisasi yang sempat berubah nama jadi Gelshocker tersebut.

Kamen Rider V3


Kamen Rider V3 yang ditayangkan di Jepang pada 17 Februari 1973 hingga 9 Februari 1974 dapat dikatakan sebagai kelanjutan Kamen Rider Ichigo dan Nigo. Dalam seri V3 yang terdiri dari 52 episode ini, muncul organisasi jahat Destron, yang dibentuk oleh Destron Shuryo, yang merupakan bentuk lain dari Shocker Shuryo, lawan Ichigo dan Nigo.

Tokoh utama V3, Shiro Kazami, menjadi incaran Destron karena menyaksikan pembunuhan oleh organisasi tersebut. Keluarganya lalu dibantai. Dalam amarah dendam, Shiro meminta Ichigo dan Nigo untuk mengubahnya jadi kamen rider seperti mereka. Sempat ditolak, akhirnya Shiro bisa menjelma Kamen Rider baru, V3.

Dalam pertarungan melawan Destron, V3 mendapatkan bantuan dari Riderman.

Kamen Rider X


Kamen Rider X yang tayang di Jepang pada 6 Februari hingga 12 Oktober 1974 dirilis dalam 35 episode. Kisahnya tentang Keisuke Jin, putra ilmuwan Keitaro Jin yang berhadapan dengan organisasi kejahatan G.O.D. Sebelum Keitaro meninggal, ia sukses melakukan operasi kepada Keisuke hingga sang putra bisa berubah jadi Kamen Rider X.

Kamen Rider Amazon


Tayang pada 19 Oktober 1974 hingga 29 Maret 1975, Kamen Rider Amazon terdiri dari 25 episode. Pesawat yang ditumpangi Daisuke Yamamoto kecelakaan di hutan hujan Amazon, orang tuanya tewas. Daisuke kemudian diadopsi oleh suku Inca dengan nama "Amazon".

Bencana datang ketika Junmeki Gorgos, pimpinan organisasi Geddon membantai suku tersebut demi mencari GiGi Armlet. Upayanya gagal. Tetua suku Inca memberikan GiGi Armlet itu kepada Daisuke sehingga dapat berubah jadi Kamen Rider Amazon, dan memulai petualangan melawan Geddon, selanjutnya menghadapi Garanda Teikoku.



Kamen Rider Stronger


Terdiri dari 39 episode, Kamen Rider Stronger tayang di Jepang pada 5 April hingga 27 Desember 1975. Shigeru Jo yang ingin balas dendam atas kematian mentornya bergabung ke organisasi Black Satan. Tujuannya adalah mendapatkan kekuatan, lantas berubah menjadi Kamen Rider Stronger.

Dalam pertarungannya, Stronger dibantu oleh Denpa Ningen Takkuru. Di sisi lain, Black Satan yang dibentuk oleh sisa-sisa Shocker, bukan satu-satunya lawan Stonger. General Shadow yang meninggalkan organisasi itu membentuk Delza Army, lawan Stronger berikutnya.

Skyrider


Seri Kamen Rider yang tayang pada 5 Oktober 1979 hingga 10 Oktober 1980 ini lagi-lagi mengisahkan bentuk lain Shocker, dengan nama baru Neo-Shocker. Organisasi ini menculik Keitaro Shido, seorang ilmuwan untuk memanfaatkan kecerdasannya.

Namun, Keitaro kemudian sukse membuat Hiroshi Tsukuba untuk menjadi Skyrider, yang jadi lawan utama Neo-Shocker. Skyrider tayang dalam 54 episode.

Kamen Rider Super-1


Kamen Rider Super-one tayang pada 17 Oktober 1980 hingga 3 Oktober 1981. Berbeda dengan kamen rider lain, Kazuya Oki sang tokoh utama adalah relawan untuk program operasi khusus sehingga bisa menjadi astronot spesial. Ia diberi kode nama "Super-1". Namun, ia kemudian harus melawan Kerajaan Dogma, organisasi dari Dark-Nebula B-26 yang ingin menguasai dunia.




Kamen Rider Black


Ditayangkan pada 1987 hingga 1988 dalam 51 episode, Kamen Rider Black mengisahkan hidup Kotaro Minami, yang diubah menjadi Black Sun oleh organisasi Gorgom. Black Sun, bersama Shadow Moon dijadikan sebagai Raja Abad, yang harus bertarung untuk memperebutkan posisi Sousei-Ou (Creation King).

Black Sun yang gagal dicuci otaknya oleh Gorgom kemudian memilih nama Kamen Rider Black. Ia berjuang tidak hanya demi menghancurkan Gorgom, tetapi juga melawan Shadow Moon, yang diciptakan dari Nobuhiko Akizuki, sang kakak angkat.


Kamen Rider Black RX


Kelanjutan Kamen Rider Black ini ditayangkan pada 1988 hinga 1989. Kotaro Minami yang sebelumnya berubah menjadi Kamen Rider Black, diculik oleh Crisis Empire. Ia yang menolak bergabung dengan Crisis, kemudian dilempar ke luar angkasa. Radiasi matahari membuat King Soten Black bermutasi. Ia berubah jadi Kamen Rider Black RX.

Dalam perjalanan melawan Crisis, Black RX bisa mengubah dirinya jadi Robo Rider sang Pangeran Kesedihan dan Bio Rider sang Pangeran Kemarahan. Black RX adalah Kamen Rider terakhir pada era Showa, karena seri Kamen Rider berikutnya, Kuuga tayang pada 2000-2001 atau ketika Jepang sudah ada di era Heisei.


Sebenarnya terdapat beberapa Kamen Rider lain pada era Showa, yaitu Kamen Rider ZX (1984) yang muncul dalam acara TV spesial. Sementara itu, sebelum Kuuga, terdapat Kamen Rider era Heisei lainnya yang muncul dalam film yaitu, Kamen Rider Shin (1992), Kamen Rider ZO (1993), dan Kamen Rider J (1994).

Baca juga artikel terkait KAMEN RIDER BLACK atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight