Jadwal Komik AoT Chapter Terakhir (139) Rilis Jumat 9 April 2021

Oleh: Fitra Firdaus - 31 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal komik Attack on Titan (AoT) chapter terakhir (139), dirilis pada 9 April 2021.
tirto.id - Chapter 139 Manga Attack on Titan sesuai jadwal akan dirilis pada 9 April 2021. Chapter ini akan menjadi bab terakhir AoT yang digarap oleh Hajime Isayama sejak 9 September 2009. Apa yang akan terjadi dengan Mikasa Ackermann, Eren Yeager, dan Armin Arlert?

"Saya menerima bab terakhir Attack on Titan tepat pada hari ulang tahun Eren. Semuanya, nantikan Bessatsu Magazine edisi Mei. Isayama-kun, terima kasih atas kerja keras Anda selama 11 tahun 7 bulan ini," keterangan editor AoT melalui akun Twitter @ShingekiKyojin.

Eren Yeager yang menjadi tokoh utama Attack on Titan dirayakan hari ulang tahunnya setiap tanggal 30 Maret. Sepanjang hidup, Eren selalu mencari kebebasan. Pencarian itu terus dilanjutkan meski di ujung cerita, Eren harus berhadapan dengan kedua sahabatnya, Mikasa dan Armin, bahkan seluruh umat manusia.

Dalam semesta Attack on Titan, rakyat Pulau Paradis, termasuk Eren, Mikasa, dan Armin, didoktrin untuk percaya bahwa mereka adalah satu-satunya kelompok umat manusia yang tersisa dari ancaman titan.

Eren yang pada masa kecil menyaksikan sang ibu dilahap oleh titan murni, berniat untuk membalas dendam dengan melenyapkan semua titan.

Namun, Eren kemudian disuntik serum titan oleh sang ayah, Grisha Yeager. Akibatnya, Eren mewarisi 2 dari 9 jenis Titan yang diturunkan dari garis Ymir, yaitu Shingeki no Kyojin (Attack Titan) dan Shiso no Kyojin (Founding Titan).

Belakangan, seiring dengan keterlibatan Eren, Mikasa, dan Armin di Survey Corps Pulau Paradis, mereka mulai menyadari doktrin yang selama ini digaungkan tidaklah benar.

Orang-orang di Paradis sebenarnya adalah bangsa Eldia. Mereka dahulu menguasai tanah Marley berkat kekuatan 9 Titan (Kokonotsu no Titan). Namun, konflik internal Eldia, di samping kebangkitan Marley, membuat situasi berbalik.

Raja Karl Fritz yang memimpin Eldia kemudian membawa sebagian besar bangsanya ke Pulau Paradis untuk mencegah kemusnahan massal Eldia. Sementara, bangsa Eldia yang tinggal di Liberio menjadi budak bagi Marley. Semua keturunan Eldia dicap sebagai iblis oleh Marley.

Setelah masa lalu yang sebenarnya terkuak, pilihan Pulau Paradis hanyalah 2, yaitu bertahan menunggu mati oleh Marley atau menyerang. Eren memilih cara kedua, dengan menyerbu Liberio dan menyantap War Hammer Titan.

Marley melakukan serangan balasan dengan menyerang Paradis. Sementara itu, Eren punya misi sendiri, yaitu rumbling. Berkat kemampuan Founding Titan yang dimiliki Eren, ia bisa memerintahkan ribuan Titan dinding untuk menghancurkan umat manusia.

Marley dan Eldia akhirnya bersatu untuk mengalahkan Eren. Dalam Chapter 138, ketika sebagian besar orang sudah berubah menjadi titan murni, Mikasa dan Levi Ackermann dibantu Falco Grice menyerang Eren.

Mikasa yang mencintai Eren mengambil keputusan untuk memenggal kepala Eren, yang diasumsikan akan menghentikan semua tragedi. Namun, jawaban untuk hal itu baru terungkap di Chapter 139.



Manga Attack on Titan pertama kali tayang di Bessatsu Shonen Magazine pada 9 September 2009. Sejak saat itu, setiap bulan sekali, chapter terbaru AoT dirilis. Tankobon manga yang dalam bahasa Jepang berjudul Shingeki no Kyojin ini sudah mencapai Volume 33 (rilis 8 Januari 2021).

Volume ke-34 manga Attack on Titan, yang berisi Chapter 135 hingga 139, akan dirilis pada 9 Juni 2021, atau 2 bulan setelah bab terakhir Shingeki no Kyojin tayang.

Tidak hanya manga AoT yang sukses, animenya juga demikian. Hingga saat ini, anime Attack on Titan sudah mencapai Season 4 bagian pertama. Sementara itu, bagian kedua anime S4 yang berlabel The Final Season in akan diedarkan pada musim dingin 2022.


Baca juga artikel terkait ATTACK ON TITAN atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight