Jadwal Jepang vs Spanyol Live SCTV & Jam Tayang Piala Dunia 2022

Kontributor: Beni Jo, tirto.id - 30 Nov 2022 12:15 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Berikut jadwal Jepang vs Spanyol di Piala Dunia 2022 tayang di SCTV pukul 02.00 WIB.
tirto.id - Jadwal Jepang vs Spanyol berlangsung pada Jumat, 2 Desember 2022, di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, dan live SCTV. Jam tayang duel game week 3 alias pemungkas Grup E Piala Dunia 2022 itu dimulai pukul 02.00 WIB dini hari. Laga ini juga bisa ditonton melalui siaran Vidio, Moji, dan NEX Parabola.

Persaingan ketat Grup E masih tersaji hingga pekan terakhir. 4 tim sama-sama memiliki peluang untuk lolos babak 16 besar. Timnas Spanyol sejauh ini menjadi yang paling baik lantaran tidak pernah menelan kekalahan.

La Furia Roja bertengger di puncak klasemen dengan raihan 4 poin, hasil sekali menang dan sekali imbang. Selain kemenangan, skor seri melawan Jepang sudah cukup untuk membikin wakil UEFA ini tembus fase knock-out.


Sedangkan Jepang menghuni runner-up dengan 3 angka. Posisi Samurai Blue belum cukup aman. Mereka memang masih bisa menuju sistem gugur jika kesulitan meraih kemenangan. Akan tetapi, tim Asia Timur ini masih tergantung pada hasil laga lainnya antara Jerman vs Kosta Rika.

Demi memastikan tiket di tangan sendiri, Timnas Jepang akan tampil fight meladeni Spanyol untuk mendapatkan tambahan angka penuh.


Prediksi Jepang vs Spanyol Live Piala Dunia 2022

Timnas Jepang baru saja membuang peluang emas untuk lolos lebih dini. Mereka kalah 0-1 di tangan Kosta Rika pada laga kedua. Padahal, Samurai Blue membuat kejutan besar di Grup E setelah menghajar favorit juara, Jerman, lewat permainan cantik dengan skor 2-1.

Langkah Daichi Kamada dan kawan-kawan kini semakin sulit lantaran harus bertemu kekuatan raksasa Eropa lainnya, Spanyol dalam duel penentu.

Melihat performa calon lawan yang belum tersentuh kekalahan, Jepang berpeluang mengalami hambatan untuk bisa meraih poin maksimal lagi. Kendati demikian, tim asuhan Hajime Moriyasu yang memiliki semangat juang cukup tinggi itu berpotensi membuat kejutan lagi.

"Kita semua paham kekuatan Spanyol secara teknis, mereka dapat menangani situasi yang lebih sulit dan tetap tampil di level yang luar biasa. Mereka yang terbaik di dunia," kata Moriyasu, dikutip laman resmi FIFA.


"Pertandingan melawan Spanyol akan tiba tetapi kami sudah mempersiapkan pemain dan taktik sebelum turnamen ini. Sisanya adalah bagaimana kami mempersiapkan diri secara mental untuk menghadapi laga," lanjutnya.

Berdasarkan performa di atas lapangan, Jepang memang masih kalah dalam penguasaan bola melawan Jerman dalam partai perdana. Mereka hanya memiliki persentase sebesar 26,1 persen saja dan melepaskan 12 kali tembakan. Akan tetapi, wakil AFC ini tampil lebih efektif dengan memiliki 4 tendangan yang on target dan berbuah 2 gol.

Penampilan apik sebenarnya berlanjut pada duel kedua melawan Kosta Rika. Samurai Blue lebih menguasai jalannya laga dengan ball possession sebesar 56,8 persen dan tercatat melepaskan total 13 kali tembakan. Akan tetapi, gol lawan pada menit 81' lewat aksi Keysher Fuller membuyarkan harapan Jepang untuk mendapatkan poin tambahan.

Sementara Spanyol akan tetap mewaspadai penampilan lawan terakhirnya di fase grup. La Furia Roja memang belum bisa memastikan diri lolos sistem gugur.

Oleh karena itu, Luis Enrique sebagai arsitek diyakini bakal menginstruksikan kepada anak asuhnya agar lebih berhati-hati dan tidak mengalami nasib serupa Jerman.

Secara kualitas, Gavi dan kolega berada di atas Samurai Blue. Jika mampu memaksimalkan keadaan, jawara World Cup 2010 ini berpeluang tampil sebagai juara Grup E sekaligus merebut 1 tiket babak knock-out Piala Dunia 2022.

"Kami harus menyadari bahwa sekarang kami berada di puncak grup maut. Kami tidak ingin hanya sekadar mengincar hasil imbang melawan Jepang untuk lolos. Tetapi kami akan memberikan segalanya untuk menang dan menyegel posisi sebagai pemimpin klasemen," tegas Luis Enrique.

Sebagai salah satu tim unggulan, Spanyol membuka penampilan di Piala Dunia 2022 dengan langsung menciptakan pesta gol ke gawang Kosta Rika lewat skor 7 gol tanpa balas. Namun, ketajaman Ferran Torres dan tim seolah hilang ketika hanya bermain imbang 1-1 saja melawan Jerman.

Kini waktunya bagi La Furia Roja untuk membuktikan kualitasnya sebagai salah satu kandidat kuat peraih gelar juara. Laga krusial meladeni Jepang turut menjadi asa lain untuk kembali menggelar pesta gol.


Klasemen Grup E Piala Dunia 2022

Berikut klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 jelang duel Jepang vs Spanyol pada Jumat, 2 Desember 2022:

Tim Main Menang Poin
Spanyol 2 1 4
Jepang 2 1 3
Kosta Rika 2 1 3
Jerman 2 0 1


Perkiraan Susunan Pemain Jepang vs Spanyol

Jepang dapat menerapkan pola 4-2-3-1 untuk mengimbangi permainan Spanyol. Di lini depan, Samurai Blue bakal memasang Ayase Ueda sebagai penyerang tunggal dengan didukung Takefusa Kubo, Junya Ito, serta Daichi Kamada dari lini kedua.

Sedangkan Spanyol mempunyai opsi untuk mengganti Marco Asensio dengan Álvaro Morata. Nama terakhir menampilkan performa gemilang menyusul 2 gol beruntun dalam 2 partai meladeni Kosta Rika dan Jerman.

Jepang (4-2-3-1): Shuichi Gonda; Miki Yamane, Ko Itakura, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Wataru Endo, Hidemasa Morita; Takefusa Kubo, Junya Ito, Daichi Kamada; Ayase Ueda. Pelatih: Hajime Moriyasu.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; César Azpilicueta, Aymeric Laporte, Rodri, Jordi Alba; Pedri, Sergio Busquets, Gavi; Dani Olmo, Álvaro Morata, Ferran Torres. Pelatih: Luis Enrique.


Skor Head to Head (H2H) Jepang vs Spanyol

Menurut head to head dalam 1 kali pertemuan, Spanyol unggul atas Jepang. La Furia Roja meraih kemenangan 1-0 atas Samurai Blue dalam partai berstatus uji coba.

  • 26/04/01 Spanyol vs Jepang 1 - 0


5 Laga Terakhir Jepang

  • 23/09/22 Jepang vs Amerika Serikat 2 - 0
  • 27/09/22 Jepang vs Ekuador 0 - 0
  • 17/11/22 Jepang vs Kanada 1 - 2
  • 23/11/22 Jerman vs Jepang 1 - 2
  • 27/11/22 Jepang vs Kosta Rika 0 - 1

5 Laga Terakhir Spanyol

  • 25/09/22 Spanyol vs Swiss 1 - 2
  • 28/09/22 Portugal vs Spanyol 0 - 1
  • 17/11/22 Yordania vs Spanyol 1 - 3
  • 23/11/22 Spanyol vs Kosta Rika 7 - 0
  • 28/11/22 Spanyol vs Jerman 1 - 1


Live Streaming
Jepang vs Spanyol & Jam Tayang SCTV

Jika tidak ada perubahan jadwal, pertandingan Jepang vs Spanyol di di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, dapat disaksikan secara live via tayangan SCTV, Vidio, Moji TV, dan NEX Parabola pada Jumat, 2 Desember 2022, mulai pukul 02.00 WIB.

Untuk menonton Piala Dunia 2022 di Vidio, penggemar sepak bola dapat memilih paket berlangganan. Tersedia Paket FIFA World Cup Qatar 2022 dengan 2 pilihan, yakni Paket 30 Hari Rp65.490 (untuk HP dan tablet), Paket 30 Hari Rp87.690 (semua perangkat), Paket Diamond (Liga Inggris) & Piala Dunia Rp631.590 (semua perangkat). Harga tersebut sudah termasuk PPN 11 persen.

Sedangkan untuk menyaksikan via tayangan NEX Parabola, Anda bisa berlangganan paket seharga Rp749.000 dengan promo early bird Paket World Cup via potongan Rp50.000.

Link Live Streaming Jepang vs Spanyol – SCTV

Link Live Streaming Jepang vs Spanyol – Vidio

Link Live Streaming Jepang vs Spanyol – Moji TV

*Jadwal Jepang vs Spanyol dan stasiun televisi yang menayangkan Piala Dunia 2022 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight