Jadwal Jakarta Fashion Week 2021 dan Format Baru Acara saat Pandemi

Oleh: Salma Mahjatina Zahra - 9 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jakarta Fashion Week 2021 akan berlangsung pada akhir November 2020. Beragam Acara JFW 2021 akan ditayangkan online secara livestream.
tirto.id - Pagelaran Busana Jakarta Fashion Week 2021 akan digelar dengan format baru. Kegiatan ini bakal diselenggarakan dengan penayangan acara melalui livestream.

Format baru diterapkan karena Jakarta Fashion Week 2021 berlangsung pada masa pandemi virus corona (Covid-19). Selain itu, pemanfaatan platform digital untuk penayangan fashion show juga diharapkan bisa memberikan pengalaman menyegarkan bagi pelaku industri fashion Indonesia.

"Pandemi COVID-19 turut mengubah tatanan dunia fashion. Berbagai penyesuaian pun dilakukan, termasuk memanfaatkan platform digital," ujar Direktur Jakarta Fashion Week Lenni Tedja, seperti dikutip dari Antara.

"Masyarakat dapat menikmati rangkaian acara Jakarta Fashion Week 2021 melalui kanal yang kami miliki serta kanal dari para partner yang bekerja sama dengan kami," tambah Lenni Tedja.

Berdasarkan keterangan resmi panitia, jadwal Jakarta Fashion Week 2021 direncanakan pada 26-29 November 2020 di Senayan City, Jakarta Pusat. Berbagai konten terkait dengan JFW 2021 bisa disaksikan melalui kanal livestream di microsite JFW.TV dan kanal Jakarta Fashion Week lainnya.

Puluhan desainer dan label ternama Indonesia akan terlibat di dalam pergelaran busana tersebut. Di antara mereka adalah desainer dan label Indonesia Fashion Forward, Dewi Fashion Knights, hingga para desainer muda jebolan Lomba Perancang Aksesori 2020 dan Lomba Perancang Mode Menswear 2020.

Selain itu, 2 model asal Surabaya, Maria Karina dan Rizal Rama didapuk sebagai icons pada Jakarta Fashion Week 2021. Dua model kelahiran 2004 tersebut terpilih atas kemenangan mereka di The Search for Jakarta Fashion Week 2021 Icons. Selain menjadi ikon Jakarta Fashion Week 2021, dua model ini juga akan turut memeriahkan pagelaran busana di kegiatan yang sama.

Perjalanan Maria Karina dan Rizal Rama meraih posisi bergengsi untuk menjadi Icons of Jakarta Fashion Week 2021 dapat diikuti melalui webseries berjudul “The Search for Jakarta Fashion Week 2021 Icons: A Web Series”. Web series tersebut dapat pula ditonton melalui kanal Youtube resmi Jakarta Fashion Week.

Selain fashion show, JFW 2021 sekaligus mengadakan project menarik seperti JFW Model Search. Mengutip dari website Jakarta Fashion Week, JFW Model Search merupakan ajang seleksi utama untuk seluruh model yang akan tampil di runway Jakarta Fashion Week. Seleksi dilaksanakan tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di beberapa kota-kota besar lain yang terpilih.

JFW Model Search membentuk pula The Search for JFW Icons Web Series, sebuah ajang untuk menentukan Icons of JFW. Project lain yang diselenggarakan oleh JFW adalah Indonesia Fashion Forward, Fashionlink, Lomba Perancang Mode Menswear, Lomba Perancang Aksesori, serta Revival Fashion Show.

Lewat akun Instagram @jfwofficial, sebanyak 10 semifinalis untuk Lomba Perancang Aksesori 2020 telah diumumkan. Adapun untuk Lomba Perancang Mode Menswear 2020 sebanyak 10 orang juga sudah diumumkan menjadi finalis.


Baca juga artikel terkait FASHION atau tulisan menarik lainnya Salma Mahjatina Zahra
(tirto.id - )

Kontributor: Salma Mahjatina Zahra
Penulis: Salma Mahjatina Zahra
Editor: Addi M Idhom
DarkLight