Jadwal iPhone 13 Dirilis: Bocoran Harga dan Spesifikasi

Oleh: Ibnu Azis - 8 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
iPhone 13 diduga kuat akan dirilis Apple pada bulan ini. Bagaimana soal harga dan spesifikasinya? Berikut bocorannya.
tirto.id - Apple dilaporkan akan merilis iPhone 13 pada 14 September 2021 menyusul pengumuman perusahaan bakal menghadirkan produk baru pada tanggal yang dimaksud.

Bulan september memang menjadi momen Apple biasanya merilis produk baru, termasuk smartphone andalannya, iPhone. Misalnya, Apple melakukan ini pada September 2019 saat merilis iPhone 11. Namun, untuk iPhone 12 waktunya sedikit berbeda. Ponsel ini debut pada Oktober 2020.

Perbedaan waktu peluncuran tersebut lantas tidak menjadi perdebatan lantaran Apple memang biasanya merilis produk baru pada musim gugur atau sekitar bulan September-November, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Lain itu, Apple diyakini pada tanggal yang dimaksud juga akan merilis produk baru lainnya, yaitu generasi terbaru dari MacBook, Apple Watch, dan AirPods.


Jadwal iPhone 13 Dirilis

Dikutip dari situs resmi Apple, perusahaan akan melaksanakan sebuah acara bertajuk Apple Event pada tanggal 14 September 2021 pukul 10.00 PDT. Jika dikonversikan waktunya ke WIB, acara ini akan berlangsung pada 15 September 2021 pukul 00.00 WIB.

Acara Apple Event yang diduga kuat sebagai panggung perkenalan iPhone 13 ini dapat dinikmati secara live streaming. Fans Apple dari seluruh dunia dapat menyaksikannya melalui situs web Apple.com dan platform streaming Apple TV.

Sama seperti tahun lalu, Apple beralih menyelenggarakan Apple Event secara virtual lantaran situasi pandemi COVID-19. Lain itu, Apple Event juga dapat ditonton melalui saluran resmi Apple di YouTube.


Bocoran Harga dan Spesifikasi iPhone 13

Dikutip dari 9to5mac.com, iPhone 13 diyakini membawa peningkatan dari aspek spesifikasi, macam menyematkan “poni” atau notch lebih kecil pada layar, peningkatan teknologi kamera, kemampuan refresh rate layar yang ditingkatkan hingga 120Hz dengan teknologi ProMotion, dan masih banyak lagi.

Soal ukuran, iPhone 13 diprediksi akan hadir dalam ukuran yang sama dengan iPhone 12. Diyakini pula bahwa iPhone 13 bakal tersedia dalam sejumlah versi seperti generasi sebelumnya, yakni iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Lain itu, iPhone 13 diperkirakan akan menggunakan chip A15 Bionic yang tak sekadar menawarkan performa andal, tetapi diklaim menghemat energi. Kapasitas baterainya pun juga akan ditingkatkan, lebih besar dari iPhone 12.

Harga iPhone 13 diprediksi lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya terkait peningkatan yang ditawarkan. Sebagai perbandingan, iPhone 12 dan iPhone 12 mini dibanderol mulai 699 dolar AS, sementara iPhone 12 Pro and iPhone 12 Pro Max dipasarkan mulai 999 dolar AS.

Menurut Reuters, peluncuran iPhone 13 pada pertengahan September ini akan menghasilkan lonjakan penjualan pada pekan terakhir kuartal keempat fiskal Apple lantaran konsumen antusias membeli iPhone yang baru dirilis.

Namun tahun lalu, acara tertunda sebulan karena pandemi COVID-19, yang berarti penjualan iPhone pada akhir pekan pembukaan tidak termasuk dalam hasil kuartal keempat.

Sementara itu, Apple Watch Series 7 dan AirPods 3 juga diperkirakan bakal diperkenalkan pada pekan depan. Namun, untuk MacBook baru diprediksi diumumkan pada waktu terpisah pada bulan Oktober atau November mendatang.


Baca juga artikel terkait IPHONE 13 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight