Jadwal Imsak, Subuh & Buka Puasa 2018 di Kabupaten Sragen Hari Ini

Oleh: Maya Saputri - 17 Mei 2018
Masyarakat muslim di Kabupaten Sragen biasanya beribadah di Masjid Kauman yang juga sering dipakai untuk beristirihat di pelatarannya.
tirto.id - Kabupaten Sragen yang terkenal dengan sebutan "Bumi Sukowati" ini terletak di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya terletak di Sragen, sekitar 30 km sebelah timur Kota Surakarta.

Julukan Bumi Sukowati ini dikenal sejak masa kekuasaan Kerajaan (Kasunanan) Surakarta. Sedangkan nama Sragen dipakai karena pusat pemerintahan berada di Sragen. Yang paling dikenal di Sragen yakni Kawasan Sangiran, tempat ditemukannya fosil manusia purba dan binatang purba, yang sebagian disimpan di Museum Fosil Sangiran.

Selama bulan Ramadan, umat muslim di Sragen biasanya ramai beribadah di Masjid Kauman, Kabupaten Sragen.
Namun, banyak dari masyarakat yang beribadah sambil beristirahat di Masjid Kauman Sragen kurang mengetahui bahwa sejarah pendirian tempat itu berkaitan dengan Keraton Kasunanan Surakarta. Konon, Masjid Kauman Sragen merupakan bangunan penanda batas wilayah kekuasaan Keraton Kasunanan Surakarta.

Bagi masyarakat Kabupaten Sragen yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
a