Jadwal Imsak, Subuh & Buka Puasa 2018 di Kabupaten Nganjuk Hari Ini

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 17 Mei 2018
Kabupaten Nganjuk dikenal dengan nama Anjuk Ladang yaitu Tanah kemenangan. Nganjuk juga dikenal dengan julukan Kota Angin.
tirto.id - Kabupaten Nganjuk adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Nganjuk dikenal dengan nama Anjuk Ladang yaitu Tanah kemenangan. Nganjuk juga dikenal dengan julukan Kota Angin.

Menurut Kementerian Pertanian (Kementan), Kabupaten Nganjuk menjadi salah satu daerah fokus pemerintah untuk menyerap bawang merah dan menjadi stok pemerintah tiap tahunnya. Daerah-daerah di Indonesia yang menjadi fokus penyerapan bawang merah adalah, Nganjuk, Brebes, Bima dan Solok.

Sebagai sentra penghasil bawang merah di Jawa Timur dan salah satu fokus penyerapan bawang merah oleh pemerintah, bukan hal yang mengherankan bagi warga Kabupaten Nganjuk bila di mana-mana terlihat banyak orang menanam, memanen, menjemur, atau memperjualbelikan bawang merah.

Masyarakat Nganjuk punya tradisi menjelang Ramadan, yaitu tradisi bersih desa yang digelar di Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk.

Tradisi tersebut dimulai dengan arak-arakan mengelilingi desa kemudian berhenti di makam Mbah Raden Sahid, tokoh agama setempat.

Di makam tersebut, warga mulai berdoa dan menabur bunga. Usai tabur bunga, warga langsung berebut bunga, yang dibawa oleh juru kunci makam.Setelah prosesi tabur bunga, warga langsung berebut tumpeng buah dan sayuran.

Bagi masyarakat yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.
Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H


Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo
a