Jadwal Imsak, Subuh & Buka Puasa 2018 di Kab. Buleleng Hari Ini

Oleh: Maya Saputri - 17 Mei 2018
Selama bulan Ramadan, masyarakat muslim di Kabupaten Buleleng juga menunaikan ibadah puasa.
tirto.id - Kabupaten Buleleng yang terletak di provinsi Bali beribukota di Singaraja. Buleleng berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Selat Bali di sebelah barat, Kabupaten Karangasem di sebelah timur dan Kabupaten Jembrana, Bangli, Tabanan serta Badung selatan.

Masyarakat Muslim di kabupaten ini hanya sekitar 8,79 persen. Namun keberadaan masjid di Kapubaten Buleleng termasuk mudah ditemui di Provinsi Bali. Salah satu masjid kuno di wilayah ini adalah Masjid Agung Jami' Singaraja.

Masjid Agung Jami' Singaraja terletak di Jalan Imam Bonjol, kelurahan Kampung Kajanan termasuk memiliki nilai sejarah. Masjid ini didirikan pada tahun 1654 Masehi dan menjadi kebanggaan masyarakat Singaraja, karena nilai sejarahnya yang menjadi saksi masuknya agama Islam di Bali.

Selain itu, masjid ini menjadi salah satu saksi bisu toleransi beragama di Pulau Dewata sejak pertama kali Islam masuk ke Pulau Bali hingga saat ini. Masjid Agung Jami' Singaraja hingga kini masih menyimpan kitab Alquran tulisan tangan A.A. Ngurah Ketut Jelantik Tjelagie dan sampai sekarang masih ada keturunannya dan tetap menggunakan nama Gusti walaupun memeluk agama Islam.

Bagi masyarakat Kabupaten Buleleng yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H


Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
a