Jadwal Imsak Kota Cirebon 1 Mei 2020 pada Ramadan 1441H

Oleh: Addi M Idhom - 30 April 2020
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal imsak Kota Cirebon hari ini 1 Mei 2020 penting diketahui bagi umat muslim di daerah ini maupun para musafir.
tirto.id - Ibadah puasa akan memasuki hari ke-8 pada tanggal 8 Ramadan 1441 atau bertepatan dengan 1 Mei 2020. Jadwal imsak perlu diketahui oleh warga muslim di Kota Cirebon yang hendak menjalankan ibadah puasa.

Umat muslim penting mengetahui jadwal imsak serta waktu subuh supaya aktivitas sahur dapat segera diakhiri saat menjelang terbitnya fajar shodiq. Sebab, waktu ibadah puasa dimulai ketika fajar shodiq telah muncul atau saat waktu subuh datang.

Selain jadwal imsak dan waktu subuh di Kota Cirebon, informasi mengenai alamat masjid setempat juga diperlukan oleh warga muslim yang kebetulan sedang singgah di daerah tersebut sehingga mereka bisa menjalankan ibadah sholat subuh dan sholat fardhu lainnya dengan berjamaah.

Fatwa MUI Soal Ibadah Puasa


Namun, pada Ramadan 2020, umat muslim di tanah air sebaiknya memperhatikan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Fatwa ini melarang pelaksanaan ibadah yang melibatkan banyak orang apabila kondisi wabah Covid-19 tidak terkendali di suatu kawasan dan dapat mengancam keselamatan jiwa. Di antara ibadah itu, termasuk sholat fardhu atau tarawih berjamaah di masjid dan tempat umum.

Fatwa MUI tersebut juga mempersilakan umat muslim meninggalkan sholat jamaah di masjid, jika potensi penularan Covid-19 di suatu wilayah dinilai tinggi oleh pihak yang berwenang.


Masjid di Kota Cirebon


Warga ataupun musafir yang kebetulan singgah di Kota Cirebon dapat melaksanakan sholat subuh dan sholat fardhu lainnya di Masjid Ar-Rayyan.

Salah satu masjid di Kota Cirebon tersebut berlokasi di Lemah Wungkuk. Berdasarkan data dari Kementerian Agama (Kemenag), Masjid Ar-Rayyan termasuk dalam kategori Masjid Jami. Masjid yang punya daya tampung > 200 jamaah ini tercatat dibangun pada 2016.

Selain itu, Masjid Al-Ikhlas juga bisa menjadi alternatif untuk tempat melaksanakan sholat subuh berjamaah jika para musafir kebetulan melintas di dekatnya. Masjid ini beralamat di Kesambi, dan berdasarkan data Kemenag, tergolong dalam kategori masjid Masjid Jami. Berdiri pada 1970, masjid ini tercatat memiliki kapasitas tampung sekitar 50 - 100 jamaah.

Alternatif tempat sholat subuh dan sholat fardhu selanjutnya adalah Masjid Al-Hikmah. Masjid ternama di Kota Cirebon ini berada di Harjamukti. Daya tampung masjid yang berdiri pada 1999 ini mencapai 50 - 100 jamaah.

Khasanah Keislaman: Tata Cara Tarawih Berjamaah di Rumah


Guna menambah atau mengingatkan lagi bagi umat muslim, penting kiranya untuk mengetahui khasanah keislaman.
Salat tarawih, salat malam yang dikerjakan pada bulan Ramadan, dapat dilakukan sendiri atau berjamaah. Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di tengah Pandemi Covid-19, umat Islam dipandu untuk mengerjakan salat tarawih, baik secara individual maupum berjamaah bersama keluarga inti, di rumah.

Terdapat dua pendapat soal jumlah rakaat salat tarawih. Pendapat bahwa salat tarawih berjumlah 8 rakaat didasarkan pada riwayat Aisyah, bahwa Nabi Muhammad saw. tidak pernah melakukan salat sunat di bulan Ramadan dan bulan lainnya lebih dari 11 rakaat. Sedangkan pendapat bahwa salat tarawih berjumlah 20 rakaat merujuk pada ucapan tabiin Yazid bin Rauman, "Umat Islam di masa Umar beribadah di malam bulan Ramadhan dengan 23 rakaat".

Pengerjaan salat tarawih 8 rakaat dapat dilakukan dengan 4 rakaat demi 4 rakaat dilanjutkan dengan 3 rakaat salat witir, atau 2 rakaat demi rakaat, ditutup dengan 3 rakaat salat witir. Sementara itu, pengerjaan salat tarawih 20 rakaat lumrahnya dilakukan 2 rakaat demi 2 rakaat dan ditutup dengan salat witir (3 rakaat).

Ketika seseorang menjadi imam salat tarawih berjamaan di rumah, lafal niatnya dalam bahasa Arab adalah, "Ushalli sunnatat tarawihi rak'ataini mustaqbilal qiblati ada'an imaman lillahi ta'ala" (Aku niat salat sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, saat ini, sebagai imam karena Allah Swt). Sedangkan niat makmum salat tarawih adalah, "Ushalli sunnatat tarawihi rak'ataini mustaqbilal qiblati ada'an makmuman lillahi ta'ala" (Aku niat salat sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, saat ini, sebagai makmum karena Allah Swt).


Jadwal Imsak Kota Cirebon Menurut Kemenag


Terakhir, untuk menyambut bulan puasa pada Ramadhan 2020 (1441 H), Tirto.id menyediakan informasi jadwal imsak, subuh, zuhur, asar, buka puasa, magrib, dan isya di Kota Cirebon yang dikutip dari Kemenag RI sebagai berikut:


Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - )

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight