Jadwal Badminton Hari Ini

Jadwal Final Uber Cup 2021 dan Siaran Langsung TVRI Hari Ini

Oleh: Wan Faizal - 16 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Final Uber Cup 2021 hari ini Cina vs Jepang serta siaran langsung TVRI dan live Vidio, pada Sabtu malam, 16 Oktober. Berikut prediksi line-up.
tirto.id - Jadwal Final Uber Cup 2021, yang bisa ditonton via siaran langsung TVRI hari ini, pada Sabtu malam, 16 Oktober, dengan jam tayang mulai pukul 23.59 WIB. Pertandingan badminton Final Piala Uber 2021 yang mempertemukan Jepang vs Cina di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, juga dapat disaksikan melalui live streaming Vidio.

Laga badminton tim Jepang vs Cina di final Uber Cup 2021 diperkirakan berjalan sengit. Jepang berstatus sebagai juara bertahan Uber Cup 2018 yang digelar di Thailand. Adapun Cina merupakan negara pemegang titel Uber Cup terbanyak dengan total 14 gelar juara.

Di laga final kejuaraan beregu seperti ini, laga pertama berpeluang sangat menentukan. Meskipun line-up pemain yang bertanding saat ini belum diketahui, besar kemungkinan laga pertama mempertemukan Akane Yamaguchi vs Chen Yu Fei.

Bicara head to head, Yamaguchi lebih unggul ketika bersua dengan Yu Fei dengan skor 11-8. Teranyar, Yamaguchi sukses mengalahkan Yu Fei dalam pertemuan kedua negara di Piala Sudirman 2021 lalu.

Di nomor pertandingan tunggal putri kedua, Sayaka Takahashi, kapten tim Jepang, diprediksi akan berduel dengan He Bing Jiao. Soal rekor pertemuan, keduanya saling mengalahkan dalam 2 laga yang telah terjadi.

Sementara itu, di nomor tunggal putri ketiga, Jepang diperkirakan akan mengandalkan Aya Ohori dibanding Asuka Takahashi. Cina pun mempunyai 2 opsi apakah akan memainkan Wang Zhi Yi atau Han Yue.


Hal menarik bisa terjadi di sektor ganda putri. Tiga pasang ganda putri Jepang di Piala Uber 2021 tak akan berlaga dengan pemain berbeda karena pasangannya cedera. Yuki Fukushima kehilangan Sayaka Hirota, Mayu Matsumoto tanpa Wakana Nagahara, dan Nami Matsuyama ditinggalkan Chiharu Shida.

Oleh karena itu, dari 5 laga sebelumnya, tim pelatih Jepang kerap merombak pasangan ganda putri Jepang. Total terdapat 5 kombinasi yang selama ini diturunkan tim Jepang.

Pasangan Mayu Matsumoto/Nami Matsuyama paling sering terpilih dengan tampil 3 kali di line-up. Kemudian, Yuki Fukushima/Misaki Matsutomo, Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto, dan Misaki Matsutomo/Nami Matsuyama masing-masing 2 kali muncul di line-up.

Satu lagi adalah kombinasi Yuki Fukushima/Arisa Higashino yang cuma sekali muncul di line-up kala melawan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah dari Indonesia.

Sedangkan Cina diprediksi tak akan melakukan perubahan karena bebas dari kendala cedera. Pasangan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan Li Wen Mei/Zheng Yu diprediksi akan tampil sebagai pasangan ganda putri 1 dan 2 di final.

Prediksi Line-Up Jepang vs Cina di Final Uber Cup 2021:

-WS 1: Akane Yamaguchi vs Chen Yu Fei

-WS 2: Sayaka Takahashi vs He Bing Jiao

-WS 3: Aya Ohori vs Han Yue

-WD 1: Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan

-WD 2: Misaki Matsutomo/Nami Matsuyama vs Li Wen Mei/Zheng Yu

Rekor Head to Head (H2H) Jepang vs Cina di Uber Cup

Dari catatan head to head, Jepang belum pernah bisa mengalahkan Cina dalam sejarah pertemuan mereka di Piala Uber. Dari total 9 pertemuan, semuanya berhasil dimenangkan oleh Cina.

Dari 9 pertemuan itu, hanya sekali keduanya pernah bertemu di final. Tepatnya di Piala Uber 2014 di New Delhi kala Cina menang 3-1.

Kala itu, Cina membuka keunggulan melalui Li Xue Rui yang menang 21-15 dan 21-5 melawan Minatsu Mitani. Jepang sempat menyamakan skor melalui Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Keduanya mengalahkan Bao Yi Xin/Tang Jin Hua 21-18 dan 21-9.

Namun, di 2 laga berikutnya, Cina tak terbendung. Wang Shi Xian yang turun sebagai tunggal putri kedua mengalahkan Sayaka Takahashi 21-16 dan 21-12.

Kepastian Cina menjadi juara Piala Uber 2014 silam ditentukan di laga keempat melalui kemenangan Wang Xiao Li/Zhao Yun Lei atas Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda 21-13 dan 21-6. Hasil tersebut membuat laga kelima antara Wang Yi Han vs Akane Yamaguchi tak dimainkan.

Berikut hasil pertandingan tim badminton Cina vs Jepang di ajang Piala Uber:

  • Uber Cup 1984: Cina vs Jepang 5-0
  • Uber Cup 1986: Cina vs Jepang 5-0
  • Uber Cup 1988: Cina vs Jepang 4-1
  • Uber Cup 1994: Cina vs Jepang 4-1
  • Uber Cup 1996: Cina vs Jepang 5-0
  • Uber Cup 1998: Cina vs Jepang 4-1
  • Uber Cup 2002: Cina vs Jepang 5-0
  • Uber Cup 2004: Cina vs Jepang 3-0
  • Uber Cup 2014: Cina vs Jepang 3-1


Live Streaming Jepang vs Cina

Pertandingan Jepang vs Cina di Final Piala Uber 2021 dapat Anda saksikan melalui siaran langsung TVRI dan live streaming Vidio pada Sabtu malam (16/10/2021), mulai pukul 23.59 WIB.

Untuk menonton di Vidio, Anda dapat berlangganan paket Vidio Premier Platinum terlebih dahulu dengan beberapa pilihan harga. Yakni paket 1 minggu (Rp19.000), paket 1 bulan (Rp29.000), dan paket 1 tahun (Rp199.000).

Link Live Streaming Jepang vs Cina – TVRI

Link Live Streaming Jepang vs Cina – Vidio

Baca juga artikel terkait PIALA UBER 2021 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Addi M Idhom
DarkLight