Jadwal Final Liga Champions Mundur 27 Juni karena Pandemi Corona

Oleh: Beni Jo - 18 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Semula diagendakan pada 27 Mei 2020, jadwal final Liga Champions tahun ini mundur sebulan jadi 27 Juni mendatang.
tirto.id - Jadwal final Liga Champions 2019/2020 mundur sebulan karena kekhawatiran atas pandemi virus corona COVID-19 di Eropa. Semula dijadwalkan pada 30 Mei 2020 di Stadion Olimpiade Atatürk, Istanbul, Turki, final Liga Champions tahun ini akan dihelat pada 27 Juni mendatang.

Seperti dilaporkan oleh Marca pada Selasa (17/3/2020), UEFA sebagai badan tertinggi sepak bola Eropa telah mengambil keputusan bahwa final Liga Champions akan digeser dari bulan Mei ke bulan Juni. Ini juga termasuk final Liga Eropa pada 24 Juni 2020, semula 27 Mei.

Sementara terkait tempat digelarnya duel final Liga Champions disebutkan bahwa Istanbul tetap menjadi opsi utama sesuai rencana semula. Artinya, tidak ada perubahan berkaitan dengan venue pertandingan.

Sebelumnya, UEFA juga telah menunda gelaran EURO 2020 menjadi 2021. Hajatan negara-negara Eropa tersebut sebenarnya akan digelar pada pertengahan bulan Juni mendatang.

Namun, dengan banyaknya liga-liga di Eropa yang mengalami penundaan ditambah Liga Champions dan Liga Eropa, praktis dibutuhkan waktu yang lebih panjang untuk menyelesaikan kompetisi tersebut.

Opsi memundurkan jadwal EURO pun menjadi keputusan logis demi memberi waktu kepada klub-klub untuk menyelesaikan kompetisi baik level domestik maupun di Eropa.

Berbicara mengenai Liga Champions 2019/2020, salah satu kompetisi sepak bola paling elite ini sebenarnya baru memasuki babak 16 besar leg kedua.

Beberapa tim memang sudah memastikan diri lolos perempat final. Mereka ialah Atalanta, RB Leipzig, Atletico Madrid, serta Paris Saint-Germain (PSG). Empat klub ini sudah menyelesaikan leg kedua dan mendapatkan satu tempat di babak 8 besar.

Meskipun demikian, empat pertandingan leg kedua lainnya justru mengalami penundaan akibat terdampak pandemi virus corona. Di antaranya ialah duel Juventus vs Lyon, Manchester City vs Real Madrid, Bayern vs Chelsea, dan Barcelona vs Napoli.

Semestinya, semua laga tersebut dihelat pada 18-19 Maret lalu. Namun, hingga kini belum ada keputusan terkait kelanjutan sisa pertandingan ini. Praktis, baru ada empat klub yang sudah mengisi jatah perempat final sambil menunggu hasil leg kedua lainnya.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight