Dampak Corona COVID-19

Jadwal Final Liga Champion 2020 Ditunda Tanpa Batas Waktu

Oleh: Fitra Firdaus - 24 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal final Liga Champions 2019/2020 ditunda dengan batas waktu yang belum ditentukan sebagai efek pandemi corona COVID-19 di Eropa.
tirto.id - UEFA resmi menunda jadwal final Liga Champions 2019/2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan terkait pandemi virus corona COVID-19 yang melanda Eropa. Saat ini, induk sepak bola Eropa tersebut masih menganalisis semua alternatif yang tersedia.

"Sebagai dampak krisis COVID-19 di Eropa, UEFA hari ini secara resmi mengambil keputusan untuk menunda laga-laga berikut yang pada awalnya dijadwalkan digelar pada Mei 2020, yaitu final Liga Champions Putri, final Liga Eropa, dan final Liga Champions," keterangan situs web resmi UEFA pada Senin (23/3/2020).

Final Liga Champions musim ini awalnya bakal digelar di Stadion Olimpiade Ataturk, Turki pada 30 Mei 2020 waktu Eropa. Meskipun hingga saat ini venue laga tersebut tidak berubah, muncul ketidakpastian kapan pertandingan ini digelar mengingat perubahan jadwal yang terjadi di liga-liga domestik Eropa.

Terakhir pada Senin (23/3/2020), pengelola Liga Spanyol, LFP bersama Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengumumkan, jadwal sisa kompetisi Primera dan Segunda Division musim ini ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. Langkah ini adalah update terbaru, mengingat awalnya kompetisi hanya ditunda selama dua pekan hingga 25 Maret 2020.

Faktor pandemi corona di negara tersebut jadi kunci. Hingga Senin (23/3/2020) berdasarkan data Kementerian Kesehatan Spanyol yang dirangkum RTVE, terdapat 35.136 kasus positif COVID-19 di Spanyol, dengan 2.311 orang meninggal dan 3.355 pasien dinyatakan pulih.

Sebelumnya, pada 19 Maret 2020, masa penundaan kompetisi Premier League Inggris diperpanjang hingga 30 April 2020. Federasi Sepak Bola Inggris (FA) setuju untuk tidak menetapkan batas waktu akhir musim 2019/2020. Hal sama berlaku di liga-liga domestik Eropa lainnya, termasuk Liga Italia dan Liga Jerman.



Liga Champions sendiri dihentikan sementara waktu pada 13 Maret 2020. Masalah muncul karena menjelang pembekuan tersebut, babak 16 besar UCL belum selesai. Saat ini baru ada 4 tim yang lolos ke perempat final, yaitu PSG (Perancis), RB Leipzig (Jerman), Atalanta (Italia), dan Atletico Madrid (Spanyol).

Masih ada 4 tiket lain yang diperebutkan 8 tim tersisa, yaitu Real Madrid vs Manchester City, Chelsea vs Bayern Munchen, Lyon vs Juventus, dan Napoli vs Barcelona. Leg pertama 16 besar untuk tim-tim ini sudah selesai, tetapi jadwal leg kedua masih menggantung. Dengan situasi liga-liga domestik Eropa ditunda, tidak ada pula kepastian kapan leg kedua ini diputar.

Dikutip dari BBC, ada potensi UEFA menyederhanakan jadwal sisa Liga Champions musim ini. Artinya, babak perempat final hingga semifinal yang biasanya diputar dalam dua leg (format kandang dan tandang), bisa dibuat dalam satu leg di tempat netral. Apalagi saat ini ada tim-tim dari Italia dan Spanyol --dua negara terdampak COVID-19 terparah di Eropa-- yang masih bertahan.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight