Jadwal Final Japan Open 2019 Hari Ini: Indonesia Punya 4 Wakil

Oleh: Oryza Aditama - 28 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Empat wakil Merah Putih dijadwalkan terlibat dalam final Japan Open 2019, untuk sektor tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran.
tirto.id - Laga final Japan Open 2019 digelar Minggu (28/7/2019) hari ini di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang. Dalam turnamen BWF berkategori Super 750 ini, kontingen Indonesia sukses meloloskan 4 wakilnya ke partai puncak.

Final sektor tunggal putra dan ganda campuran masing-masing memiliki satu wakil Merah Putih. Sementara satu gelar bahkan sudah dipastikan bakal dibawa pulang, menyusul terciptanya all Indonesian final di nomor ganda putra.

Tunggal putra unggulan ke-6 Jonatan Christie dijadwalkan menjadi wakil Indonesia pertama yang bakal beraksi di laga puncak. Ditempatkan mengisi urutan laga ke-3, pemain 21 tahun tersebut bakal menghadapi tantangan berat dari sang juara bertahan sekaligus unggulan pertama tuan rumah, Kento Momota.

Kendati dari segi rekor head to head Jonatan memang kalah dari Momota, setidaknya ia mampu memetik kemenangan atas pemain peringkat 1 dunia tersebut pada pertemuan terakhir mereka di ajang Malaysia Open 2019.

Duet ganda campuran unggulan ke-7, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dijadwalkan menjadi wakil Merah Putih ke-2 yang akan beraksi. Menempati urutan laga ke-4, pasangan peringkat 6 dunia itu akan menantang ganda campuran nomor 2 dunia asal Cina, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

Praveen/Melati memiliki catatan yang sangat buruk dari segi rekor head to head melawan ganda Cina tersebut. Dari total 5 kali pertemuan, pasangan Indonesia tak pernah merebut satu kali pun kemenangan. Khusus tahun ini mereka telah dua kali berjumpa di laga final India Open dan Australian Open, yang berujung dengan kekalahan straight game bagi pasangan Indonesia.

Partai puncak ganda putra yang menyajikan duel bertajuk all Indonesian final ditempatkan sebagai laga pamungkas. Juara bertahan sekaligus unggulan pertama turnamen ini, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan kembali menghadapi senior mereka sendiri Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Pekan lalu kedua pasangan ini juga sukses menciptakan all Indonesian final di turnamen Indonesia Open 2019, yang akhirnya dimenangkan oleh duet Marcus/Kevin.

Pertandingan pembuka dalam rangkaian partai final Japan Open 2019 akan dimulai pukul 11.30 waktu setempat (pukul 09.30 WIB). Seluruh pertandingan hari ini (28/7) dapat disaksikan melalui siaran langsung stasiun TVRI. Atau bisa juga dipantau lewat tayangan live score di BWF Tournamentsoftware.


Berikut jadwal lengkap final Japan Open 2019, pada Minggu (28/7). Disusun sesuai dengan urutan pertandingan.

[Tunggal Putri] Nozomi Okuhara (Jepang) vs Akane Yamaguchi (Jepang)
[Ganda Putri] Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang) vs Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea)
[Tunggal Putra] Jonatan Christie (Indonesia) vs Kento Momota (Jepang)
[Ganda Campuran] Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia) vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (Cina)
[Ganda Putra] Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia) vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia)

Baca juga artikel terkait JAPAN OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight