Coppa Italia 2020-2021

Jadwal Final Coppa Italia 2021: Juventus Lawan Napoli atau Atalanta

Oleh: Fitra Firdaus - 10 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal final Coppa Italia 2021 digelar 20 Mei antara Juventus dan pemenang laga Atalanta vs Napoli. Juve lolos usai mengalahkan Inter dengan agregat 2-1.
tirto.id - Jadwal final Coppa Italia 2020/2021 pada 20 Mei 2021 akan menjadi duel Juventus kontra Napoli atau Atalanta. Juve melaju ke partai puncak Piala Italia musim ini setelah menyingkirkan Internazionale pada Rabu (10/2/2021).

Bagi Juventus, lolos ke final Coppa Italia 2020/2021 membuka peluang untuk meraih trofi ke-14 ajang tersebut. Terakhir kali Bianconeri mampu menjadi juara Piala Italia terjadi pada 2018, ketika menenggelamkan AC Milan 4-0 di Stadion Olimpico, Roma.

Musim lalu, Juventus sebenarnya mampu menembus final. Namun, Bianconeri yang kala itu dilatih Maurizio Sarri takluk oleh Napoli melalui drama adu penalti 4-2. Kekalahan itu kemudian ditebus Juve yang sudah diarsiteki Andrea Pirlo dalam ajang Super Coppa Italia.

Dalam pertandingan leg kedua semifinal Coppa Italia 2021 pada Rabu (10/2) melawan Inter, Juventus cukup membuat hasil imbang tanpa gol 0-0. Hal ini tidak terlepas dari kemenangan 1-2 dari Inter di leg pertama ketika kedua tim berlaga di Giuseppe Meazza, Milan.

Di sisi lain, Antonio Conte, pelatih Inter, tidak dapat memasang Alexis Sanchez yang terkena larangan bermain. Ia menggunakan kombinasi Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez di lini depan timnya dengan formasi 3-5-2.

Namun, Inter beberapa kali membuang peluang termasuk ketika umpan silang Christian Eriksen dari skema tendangan bebas gagal dimanfaatkan Lukaku. Berikutnya, Lautaro tak mampu menyelesaika peluang dengan baik, di samping aksi Gianluigi Buffon, penjaga gawang legendaris Juve yang apik.

Cristiano Ronaldo dari kubu Juventus punya peluang memperlebar agregat. Namun, semua kesempatannya dihentikan oleh lini belakang Inter, jika tidak melebar. Kiper Inter, Samir Handanovic, melakukan 2 penyelamatan penting untuk menghentikan sang penyerang veteran Portugal

Upaya Conte dengan memasukkan Aleksandar Kolarov, Stefano Sensi, hingga Ivan Perisic tidak berbuah apa-apa. Skor akhir 0-0, Inter tersingkir. Sebaliknya, Juventus melaju ke final Coppa Italia pada musim pertama Andrea Pirlo menjadi arsitek tim.

"Sebagai debutan, rencana saya (pada musim pertama) adalah memenangi Supercoppa, menembus final Coppa Italia, dan mencapai 16 besar Liga Champions," terang Andrea Pirlo dikutip laman resmi Juventus.

"Namun, kami belum mencapai apa pun saat ini. Jadi, kami mesti terus bekerja dan fokus," tambahnya.



Berdasarkan data Football Italia, selain Pirlo, ada 8 pelatih yang sukses membawa timnya lolos ke final Coppa Italia pada musim pertama menjadi juru taktik.

Mereka adalah Roberto Mancini (Fiorentina), Pietro Carmignani (Parma), Bruno Conti (Roma), Vladimir Petkovic (Lazio), Aurelio Andreazzoli (Roma), Rafael Benitez (Napoli), Christian Brocchi (Mila), dan Simone Inzaghi (Lazio).

Dalam kasus Mancini, ia datang ke Fiorentina ketika La Viola sudah menembus final Coppa Italia. Sang mantan pemain Sampdoria dan Lazio menuntaskan tugas dengan baik, mengantar Fiorentina juara dengan menaklukkan Parma 2-1.

Dari 8 pelatih yang membawa timnya lolos ke final Coppa Italia pada musim pertama, 4 mampu memberikan gelar, sedangkan 4 lainnya gagal. Kini, tugas berat menanti Andrea Pirlo.

Kemenangan di Coppa Italia jadi harga mati bagi tim dengan bobot seperti Juventus. Apalagi musim ini Bianconeri kurang masih belum cukup mampu bersaing di Serie A. Hingga giornata 21, Juve mengumpulkan 42 angka dari 20 laga. Jumlah ini berjarak 7 poin dari Milan sang pimpinan klasemen (49 angka dari 21 laga).

Siapa lawan Juventus di final Coppa Italia 2021 belum ditentukan. Pertandingan Atalanta kontra Napoli akan digelar pada Kamis (11/2/2021) pukul 02.45 WIB di Stadion Gewiss. Di leg pertama lalu, kedua tim bermain imbang tanpa gol di Stadion Diego Armando Maradona.


Baca juga artikel terkait COPPA ITALIA 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight