Jadwal EURO 2021 Live TV Mulai 12 Juni, Copa America Sejak 14 Juni

Oleh: Beni Jo - 10 Juni 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Copa America dimulai 14 Juni, sedangkan EURO 2021 kick off 12 Juni. Piala Eropa 2020 live di RCTI dan Mola TV.
tirto.id - Jadwal EURO 2021 dimulai pada Sabtu, 12 Juni. Jalannya Piala Eropa 2020 bisa disaksikan secara live di RCTI dan Mola TV. Dua hari setelahnya, Copa America 2021 bergulir tepatnya pada Senin, 14 Juni 2021.

UEFA mengikutsertakan 24 negara dari biasanya yang hanya 16 tim. Gelaran Piala Eropa kali ini dihelat di 11 kota dalam negara yang berbeda.

Deretan kota yang menjadi tuan rumah EURO 2021 ialah London, Saint Petersburg, Baku, Munich, Roma, Amsterdam, Bucharest, Budapest, Copenhagen, Glasgow, dan Seville.

Untuk laga semifinal dan final Piala Eropa 2020 direncanakan berlangsung secara terpusat di Stadion Wembley, London. Duel puncak diagendakan pada Senin, 12 Juli 2021.


Prediksi Turki vs Italia

Duel Turki kontra Italia menjadi pertandingan pembuka Piala Eropa 2020. Berdasarkan rekor head to head, Gli Azzurri tampak dominan saat bersua sang lawan.

Pasukan arahan Roberto Mancini itu tidak terkalahkan dalam 5 pertemuan teraktual di semua ajang dengan mencatatkan 3 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Unggul di atas kertas, Gianluigi Donnarumma dan kolega pun berpeluang melanjutkan catatan apiknya. Namun, Mancini tetap menilai bahwa kekuatan tim-tim penghuni Grup A layak diperhitungkan. Termasuk Swiss dan Wales yang menjadi lawan berikutnya.

"Turki itu tim yang kuat, para pemainnya bagus secara teknik dan fisik. Mereka telah mengalami peningkatan. Pertandingan yang sama juga bakal tersaji saat melawan Swiss dan Wales. Grup ini cukup keras. Anda tidak mungkin menemukan tim yang lemah dalam kompetisi seperti ini," papar Roberto Mancini dikutip situs web UEFA.

Di kubu Turki, sang pelatih, Şenol Güneş, menyatakan bahwa penampilan perdana pantas diakhiri dengan catatan hasil imbang atau kemenangan. Burak Yılmaz dan kolega optimistis mampu meladeni kualitas skuad Italia yang di atas kertas unggul rata-rata secara kualitas.

"Hasil di pertandingan pertama sangat penting. Imbang atau menang dapat menyebabkan kekisruhan di grup," kata Güneş.

"Saya ingin melihat kekuatan kami di pertandingan pertama. Bahkan jika saja kalah pun, penting untuk tetap bermain apik. Bisa turut serta di EURO merupakan sebuah kesuksesan, tetapi kami tidak ingin berakhir begitu saja," imbuh eks pelatih FC Seoul dan Beşiktaş itu.


Jadwal Copa America 2021

Sementara jadwal Copa America 2021 akan dimulai pada Senin, 14 Juni 2021. Partai yang melibatkan Brasil kontra Venezuela menjadi laga perdana. Duel ini diselenggarakan di Stadion Mané Garrincha, Brasilia.

Mengutip situs web CONMEBOL, Konfederasi Sepak Bola Amerika Latin ini sudah memastikan bahwa turnamen siap digeber di Brasil dengan melibatkan 4 kota sebagai tuan rumah.

Deretan tuan rumah Copa America tahun ini ialah Rio de Janeiro (Stadion Maracanã dan Nilton Santos), Brasília (Stadion Mané Garrincha), Goiânia (Stadion Olimpico), dan Cuiabá (Stadion Pantanal Arena).

Soal peserta, 10 negara di Amerika Latin dibagi menjadi 2 grup. Grup A berisi Argentina, Bolivia, Uruguay, Chile, dan Paraguay. Grup B berisi Brasil, Kolombia, Venezuela, Ekuador, dan Peru. Tidak ada tim undangan setelah Qatar dan Australia mengundurkan diri.

Total menyelenggarakan 28 pertandingan, hajatan antar-negara di Amerika Selatan ini direncanakan menggelar partai final pada Sabtu, 10 Juli 2021 waktu setempat atau Minggu, 11 Juli 2021 waktu Indonesia.

Jadwal Laga Perdana EURO 2021

Sabtu, 12 Juni 2021

Turki vs Italia: pukul 02.00 WIB di Stadion Olimpico, Roma, live RCTI & Mola TV

Jadwal Laga Perdana Copa America 2021

Senin, 14 Juni 2021

Brasil Vs Venezuela: pukul 04.00 WIB di Stadion Mané Garrincha, Brasilia



Baca juga artikel terkait JADWAL BOLA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight