Jadwal Undian 16 Besar UCL

Jadwal Drawing UCL 2021, Tim Lolos, Prediksi Hasil Undian 16 Besar

Kontributor: Wan Faizal - 13 Des 2021 09:10 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Jadwal drawing 16 besar UCL 2021/22 live streaming malam ini Senin 13 Desember pukul 18.00 WIB. Cek daftar tim lolos & prediksi hasil undian Liga Champion.
tirto.id - Jadwal drawing 16 besar Liga Champions 2021/2022 pada hari ini Senin, 13 Desember 2021 digelar markas besar UEFA di Nyon, Swiss pukul 18.00 WIB. Jalannya undian 16 besar UCL dapat ditonton melalui live streaming Vidio dan laman UEFA. Siapa juara grup yang akan bertemu PSG?



Tercatat 8 tim masuk daftar tim lolos 16 besar UCL dengan status juara grup. Mereka adalah Manchester City (Grup A), Liverpool (Grup B), Ajax (Grup C), Real Madrid (Grup D), Bayern Munchen (Grup E), Manchester United (Grup F), Lille (Grup G), dan Juventus (Grup H). Para juara grup ini berada dalam 1 pot sehingga tidak berhadapan satu sama lain.


Sementara itu, 8 tim yang menembus 16 besar Liga Champions dengan status runner-up adalah PSG (Grup A), Atletico Madrid (Grup B), Sporting Lisbon (Grup C), Inter (Grup D), Benfica (Grup E), Villarreal (Grup F), Red Bull Salzburg (Grup G), dan Chelsea (Grup H). Para runner-up inilah yang akan berhadapan dengan deretan juara grup.


Aturan Drawing 16 Besar Liga Champions 2021/22


Terdapat 2 aturan drawing 16 besar UCL. Yang pertama, juara dan runner-up dari grup yang sama tidak akan bertemu. Dengan kata lain, Manchester City tidak akan berjumpa dengan PSG. Demikian pula Real Madrid, mereka tidak mungkin bersua Inter.

Aturan kedua, tim yang berasal dari sebuah asosiasi (negara) yang sama tidak dapat bertemu di 16 besar, meskipun kedua tim tersebut statusnya juara dan runner-up. Sebagai contoh, Chelsea yang jadi runner-up Grup H berasal dari Liga Inggris. Oleh karenanya, mereka tidak bisa berjumpa Manchester City, Liverpool, atau Manchester United yang sama-sama berasal dari EPL.

Meskipun pilihan jadi terbatas, bukan berarti tidak akan ada potensi big match di babak 16 besar UCL. Ini terjadi terutama karena PSG yang dipenuhi bintang seperti Lionel Messi, Kylian Mbappe, Neymar, Sergio Ramos, hingga Gianluigi Donnarumma, hanya jadi runner-up Grup B. PSG bisa saja bertemu Real Madrid, Liverpool, Bayern Munchen, hingga Manchester United.

Demikian pula, juara bertahan Chelsea yang hanya keluar sebagai peringkat 2 Grup H. Mereka memang terhindar dari klub-klub EPL, tapi masih bisa jumpa Bayern Munchen, Real Madrid, atau tim yang cemerlang dengan menang 6 laga beruntun di fase grup, Ajax Amsterdam.

Pertandingan di babak 16 besar Liga Champions masih menggunakan aturan terdahulu, dengan sistem kandang dan tandang. Para juara grup mendapatkan keuntungan dengan bermain tandang lebih dahulu di leg pertama, sebelum menjamu runner-up grup pada leg kedua.

Musim ini, UEFA menghapus aturan gol away di fase gugur. Pada musim-musim sebelumnya jika terjadi skor imbang secara agregat, penentuan tim lolos didasarkan pada tim yang mencetak gol lebih banyak di kandang lawan. Namun, untuk musim ini aturan itu sudah tidak berlaku.

Sebagai contoh, jika PSG mengalahkan Real Madrid 3-1 di Parc des Princes, lantas kalah 2-0 di Santiago Bernabeu, secara agregat skor jadi 3-3. Pada musim terdahulu, Real Madrid akan lolos karena faktor gol tandang. Namun, sekarang, duel itu dinyatakan imbang.

Berikutnya, jika dalam 180 menit laga home dan away terjadi skor sama kuat secara agregat, maka laga akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu (extra time) selama 30 menit. Hal itu berlaku tak peduli berapa pun skor imbang yang terjadi. Lantas jika dalam babak perpanjangan waktu kedudukan masih imbang, penentuan pemenang akan dilakukan lewat adu penalti.

Prediksi Hasil Undian 16 Besar Liga Champion 2021/22


Jika diuraikan, berikut adalah potensi tim yang bisa ditemui oleh para juara grup di babak 16 besar Liga Champions 2021/2022.


Juara Grup Posisi/Liga Potensi Lawan di 16 Besar
Manchester City

Juara Grup A/
Liga Inggris
Atletico Madrid (Spanyol), Sporting Lisbon (Portugal), Inter (Italia), Benfica (Portugal), Villarreal (Spanyol), Salzburg (Austria)
Liverpool Juara Grup B/
Liga Inggris
PSG (Perancis), SportingLisbon (Portugal), Inter (Italia), Benfica (Portugal), Villarreal (Spanyol), Salzburg (Austria)
Ajax Juara Grup C/
Liga Belanda
PSG (Perancis), Atletico Madrid (Spanyol), Inter (Italia), Benfica (Portugal), Villarreal (Spanyol), Salzburg (Austria), Chelsea (Inggris)
Real Madrid Juara Grup D/
Liga Spanyol
PSG (Perancis), Sporting Lisbon (Portugal), Benfica (Portugal), Salzburg (Austria), Chelsea (Inggris)
Bayern Munchen Juara Grup E/
Liga Jerman
PSG (Perancis), Atletico Madrid (Spanyol), Sporting Lisbon (Portugal), Inter (Italia), Villarreal (Spanyol), Salzburg (Austria)
Manchester United Juara Grup F/
Liga Inggris
PSG (Perancis), Atletico Madrid (Spanyol), Sporting Lisbon (Portugal), Inter (Italia), Benfica (Portugal), Salzburg (Austria),
Lille Juara Grup G/
Liga Perancis
PSG (Perancis), Atletico Madrid (Spanyol), Sporting Lisbon (Portugal), Inter (Italia), Benfica (Portugal), Villarreal (Spanyol), Chelsea (Inggris)
Juventus Juara Grup H/
Liga Italia
PSG (Perancis), Atletico Madrid (Spanyol), Sporting Lisbon (Portugal), Benfica (Portugal), Villarreal (Spanyol), Salzburg (Austria)



Daftar Tim Lolos 16 Besar Liga Champions 2021/2022


Berikut ini daftar tim yang lolos ke 16 besar Liga Champions 2021/2022.

JUARA GRUP

Manchester City

Liverpool
Ajax
Real Madrid
Bayern Munchen
Manchester United
Lille
Juventus

RUNNER-UP GRUP

PSG
Atletico Madrid
Sporting
Inter
Benfica
Villarreal
Salzburg
Chelsea


Jadwal 16 Besar Liga Champions 2021/2022


Babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 digelar dengan sistem dua leg. Baik leg pertama maupun kedua sama-sama tidak digelar secara serentak. Terdapat 8 tim yang melaksanakan leg pertama lebih cepat daripada 8 tim lain, dan menyelesaikan leg kedua lebih dulu pula.

leg pertama 16 besar UCL: 15-16 & 22-23 Februari 2022

leg kedua 16 besar UCL: 8-9 & 15-16 Maret 2022

Live Streaming Drawing 16 Besar Liga Champions 2021-22


Drawing 16 besar Liga Champions 2021/2022 dapat Anda saksikan melalui live streaming di Vidio dan laman UEFA pada Senin, 13 Desember 2021 pukul 12.00 CET atau 18.00 WIB.

Untuk menonton di Vidio, Anda dapat berlangganan paket Vidio Premier Platinum terlebih dahulu dengan beberapa pilihan harga. Yakni paket 1 minggu (Rp19.000), paket 1 bulan (Rp29.000), dan paket 1 tahun (Rp199.000).

Link Live Streaming Undian 16 Besar UCL 2021/22 di UEFA

Link Live Streaming Drawing 16 Besar Liga Champions 2021/2022 - Vidio

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPION 2021 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight