Jadwal Drawing Piala Super Spanyol 2019: El Clasico di Final?

Oleh: Gilang Ramadhan - 13 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal dan hasil drawing Piala Super Spanyol 2019 telah diumumkan. Dengan format baru, potensi El Clasico Barcelona vs Real Madrid berpotensi hadir di partai final.
tirto.id - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengumumkan jadwal dan hasil drawing Piala Super Spanyol 2019 (Supercopa de Espana) pada Senin (11/11/2019) di kota Madrid. Dengan format baru, turnamen tahunan ini rencanya akan digelar di Arab Saudi, tepatnya di Stadion King Abdullah Sports City pada 8 hingga 12 Januari 2020.

Format baru edisi kali ini akan menyertakan empat tim. Sebelumnya, Piala Super Spanyol adalah kompetisi antara juara La Liga Spanyol melawan kampiun Copa del Rey. Namun kini, empat tim bakal ikut berpartisipasi yang ditentukan lewat posisi di klasemen akhir La Liga musim lalu, yakni Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Valencia.

Hasil dari undian jadwal dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing klub. Barcelona diwakili Sergio Busquest, Real Madrid lewat kaptennya, Sergio Ramos, Valencia mengutus Jose Gaya, dan Atletico Madrid diwakilkan Saul Niguez.

Laga perdana pada 8 Januari 2020 akan mempertemukan Valencia vs Real Madrid. Sehari kemudian, Barcelona menantang Atletico Madrid. Pemenang dari masing-masing duel tersebut akan berjumpa di partai final yang dijadwalkan pada 12 Januari 2020.


Pada edisi sebelumnya, Barcelona yang berstatus sebagai kampiun La Liga, mengalahkan Sevilla dengan skor 2-1. Musim ini, Sergio Busquest mengaku akan berupaya maksimal untuk kembali menggondol trofi ke Camp Nou.

"Selalu sulit saat harus melawan Atletico Madrid. Mereka memiliki pemain-pemain hebat dan pelatih yang hebat. Kami akan berusaha secara maksimal untuk dapat menggondol Supercopa," kata Busquest dikutip dari Twitter resmi RFEF.

Andai Barcelona dan Real Madrid mampu mengalahkan lawan-lawannya, laga final akan menyajikan El Clasico. Untuk diketahui, pada pekan 10 La Liga Spanyol musim ini, jadwal kedua kesebelasan sempat tertunda karena kondisi politik di Katalonia.

Apabila Barcelona dan Real Madrid benar-benar tampil di partai puncak, pertandingan diperkirakan bakal menyedot perhatian penggemar sepak bola. Dilihat dari 7 pertemuan terakhir kedua tim di Supercopa Espana, Real Madrid masih superior. Los Blancos 6 kali mengalahkan Blaugrana dan hanya sekali menelan kekalahan.

Termutakhir, Real Madrid menang dengan agregat 5-1 dalam edisi 2017 silam dengan format 2 leg. Pada leg pertama di Camp Nou, Real Madrid menang dengan skor 3-1 sementara di leg kedua yang dihelat di Santiago Bernabeu, Los Blancos juga menang dengan skor 2-0.

Jadwal & Hasil Drawaing Piala Super Spanyol 2019

Semifinal 1

Valencia vs Real Madrid (8 November 2020)

Semifinal 2

Barcelona vs Atletico Madrid (9 November 2020)

Final

Pemenangan Semifinal 1 vs Semifinal 2 (12 November 2020)

Baca juga artikel terkait COPA DEL REY 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight