Jadwal Drawing 32 Besar Liga Eropa 2019, Sistem Undian, Daftar Tim

Oleh: Fitra Firdaus - 17 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal drawing 32 besar Liga Eropa akan digelar pada hari ini Senin (17/12/2018). Napoli, Valencia, Inter Milan, Arsenal, Chelsea, dan Sevilla termasuk daftar tim "unggulan" dalam undian ini.
tirto.id - Jadwal drawing 32 besar Liga Eropa 2018/2019 akan digelar pada hari ini Senin (17/12/2018) pukul 13.00 CET atau 19.00 WIB. Sistem undian bakal membagi daftar tim dalam dua kelompok besar, yaitu tim terundi (unggulan) dan tim tidak terundi (non-unggulan).

Babak sistem gugur Liga Eropa musim ini bakal mempertemukan deretan tim-tim elite. Bukan hanya mereka yang lolos dari penyisihan grup saja yang berhak ada di tempat ini, tetapi juga 8 tim yang jatuh dari penyisihan grup Liga Champions.

Permasalahan utama, seperti di Liga Champions, adalah, tidak semua tim elite masuk dalam posisi terundi. Lazio, Sporting Lisbon, atau Galatasaray bisa menjadi lawan yang berat untuk entah Bayer Leverkusen, Arsenal, Chelsea, Sevilla, atau Valencia jika undian mempertemukan mereka.

Dalam aturan UEFA, tim terundi hanya akan bertemu dengan tim tidak terundi. Namun, itu juga masih ditambah dengan syarat, mereka belum pernah bertemu di babak sebelumnya, dan tidak berasal dari liga yang sama. Dengan demikian, mustahil menyaksikan laga Napoli vs Lazio atau Frankfurt kontra Lazio.

Aturan lain adalah, karena keputusan khusus UEFA, tidak akan ada undian yang mempertemukan tim asal Ukraina melawan Rusia. Duel Dynamo Kiev kontra Krasnodar atau Zenit versus Shakhtar Donetsk, meski berdasarkan aturan pertama memungkinkan, tidak akan terjadi di babak 32 besar atau seterusnya, kecuali tim-tim ini lolos ke final.

Dikutip dari situs resmi UEFA pada Senin (17/12), badan sepak bola Eropa memiliki aturan pula terkait tidak diperbolehkannya dua klub di kota yang sama menggelar laga kandang dalam waktu bersamaan. Di 32 besar Liga Eropa, terdapat Fenerbahce dan Galatasaray yang sama-sama dari Istanbul. Fenerbahce akan memainkan leg pertama pada Rabu, 13 Februari.

Demikian pula dalam kasus Sevilla dan Real Betis yang sama-sama dari kota Sevilla, juga Arsenal serta Chelsea yang bermarkas di London. Sevilla dan Arsenal harus "mengalah" bertanding di leg kedua pada Kamis, 21 Februari.



Berikut ini daftar tim lolos ke 32 besar Liga Eropa 2018/2019.

TIM TERUNDI
Juara Penyisihan Grup
Bayer Leverkusen (Grup A)
Red Bull Salzburg (Grup B)
Zenit Saint Petersburg (Grup C)
Dinamo Zagreb (Grup D)
Arsenal (Grup E)
Real Betis (Grup F)
Villarreal (Grup G)
Eintracht Frankfurt (Grup H)
Genk (Grup I)
Sevilla (Grup J)
Dynamo Kyiv (Grup K)

Peringkat Ketiga Penyisihan Grup Liga Champions
Napoli (Grup C)
Valencia (Grup H)
Inter Milan (Grup B)
Benfica (Grup E)

TIM TIDAK TERUNDI
Runner-up Penyisihan Grup
Zurich (Grup A)
Celtic (Grup B)
Slavia Praha (Grup C)
Fenerbahce (Grup D)
Sporting Lisbon (Grup E)
Olympiakos (Grup F)
Rapid Wina (Grup G)
Lazio (Grup H)
Malmo (Grup I)
Krasnodar (Grup J)
Rennes (Grup K)
BATE Borisov (Grup L)

Peringkat Ketiga Penyisihan Grup Liga Champions
Viktoria Plzen (Grup G)
Brugge (Grup A)
Shakhtar Donetsk (Grup F)
Galatasaray (Grup D)

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus