Jadwal Debat Pilpres 2019 Ketiga, Ma'ruf Amin vs Sandiaga Uno

Oleh: Addi M Idhom - 18 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pada 17 Maret 2019, KPU akan menggelar Debat Pilpres Ketiga. Debat ketiga ini akan diikuti oleh 2 cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.
tirto.id - Debat Pilpres 2019 kedua selesai digelar pada Minggu malam (17/2/2019). Debat itu hanya diikuti oleh Joko Widodo dan Prabowo Subianto, tanpa pasangan cawapres mereka. Debat di Hotel Sultan, Jakarta Pusat tersebut membahas tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan infrastruktur.

Saat debat kedua digelar, cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin hadir sebagai undangan. Sedangkan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno memilih nonton bareng debat di Nangewer, Cibinong, Bogor.



Saat membuka debat capres kedua, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan berharap forum adu pendapat antarkandidat menjadi sumber informasi bagi semua pemilih.

"KPU berharap rangkaian debat dapat memberikan informasi yang cukup bagi para pemilih untuk menentukan pilihannya pada 17 April 2019," ujar Arief di Hotel Sultan, Minggu malam.


Pada Pilpres 2019, KPU sudah merencanakan akan menggelar lima kali debat antarkandidat. Pada Maret mendatang akan digelar debat ketiga.

Adapun debat pilpres ketiga akan digelar pada 17 Maret 2019. KPU berencana menggelar debat ketiga itu di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Debat ketiga akan diikuti oleh dua cawapres saja, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Tema debat cawapres ini adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

KPU juga sudah mengumumkan Debat Pilpres 2019 keempat rencananya digelar pada 30 Maret 2019 di Gedung Balai Sudirman, Jakarta. Debat yang diikuti 2 capres (Jokowi dan Prabowo) saja ini akan mengulas tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional.



Sementara debat kelima, yang belum ditentukan jadwalnya. akan membahas tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan dan industri. Debat terakhir ini akan diikuti oleh kedua pasangan capres-cawapres.

Rangkaian 5 putaran debat itu telah dimulai sejak 17 Januari 2019. Debat pilpres pertama sudah dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta dan diikuti oleh kedua pasangan capres-cawapres. Saat itu, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga berdebat soal topik Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Korupsi dan Terorisme.

Lima kali Debat Pilpres 2019 juga disiarkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi. Misalnya, debat capres kedua pada 17 Februari 2019 ditayangkan langsung oleh MNCTV, Global TV, iNews TV, RCTI, CNN Indonesia, dan SCTV.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Politik)


Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH