Jadwal Debat Pilkada Makassar, Medan, Solo 2020 dan Link Streaming

Oleh: Addi M Idhom - 24 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal debat Pilkada 2020 di sejumlah daerah, seperti Makassar, Solo, dan Medan, berlangsung pada bulan November dan awal Desember.
tirto.id - Pencoblosan dalam Pilkada serentak 2020 akan segera digelar pada 9 Desember mendatang. Di tengah masa pandemi Covid-19, masyarakat akan memilih calon kepala daerah di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan masa kampanye Pilkada 2020 dimulai sejak 26 September sampai 5 Desember mendatang.

Terdapat sejumlah ketentuan baru yang membatasi kegiatan kampanye selama masa pandemi, sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020.

PKPU 13/2020 melarang kegiatan kampanye yang mengundang kerumunan banyak orang, seperti konser musik, gerak jalan, pawai, dan rapat umum.

Para peserta Pilkada serentak 2020 hanya diperbolehkan melaksanakan kampanye di pertemuan dengan jumlah peserta terbatas 50 orang dan harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Mengingat terbatasnya aktivitas kampanye, acara debat publik yang melibatkan para calon kepala daerah menjadi momentum penting bagi masyarakat untuk mencermati visi-misi maupun program kandidat.

KPU mengatur debat publik peserta Pilkada 2020 bisa digelar di dalam studio Lembaga Penyiaran Publik, Lembaga Penyiaran swasta, atau di tempat lainnya, yang disiarkan secara langsung. Debat publik juga bisa dilaksanakan melalui siaran tunda.


Pengunjung debat pun dibatasi. Debat bisa dihadiri pasangan calon, dua orang perwakilan Bawaslu provinsi atau kabupaten/kota, 4 orang tim kampanye paslon, dan 5-7 anggota KPU provinsi atau kabupaten/kota. Adapun jadwal debat publik Pilkada 2020 maksimal bisa dilaksanakan sebanyak tiga kali.

Berikut jadwal debat publik Pilkada 2020 di tiga kota, yakni Makassar, Medan dan Solo, serta link streaming yang bisa ditonton.

1. Jadwal Debat Pilkada Makassar 2020

Pilkada Kota Makassar 2020 atau Pilwalkot Makassar 2020 diikuti oleh 4 pasangan calon. Keempat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar tersebut ialah:

-Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (nomor urut 1);
-Munafri Arufuddin-Rahman Bando (nomor urut 2);
-Syamsu Rizal-Fadli Ananda (nomor urut 3);
-Irman Yasin Limpo-Andi M Zunnun Armin Nurdin Halid (nomor urut 4).

Keempat pasangan tersebut sudah pernah menjalani debat publik perdana Pilkada Makassar 2020 pada 7 November lalu. Video rekaman debat tersebut bisa dilihat melalui kanal Youtube KPU Kota Makassar.

Sementara jadwal debat Pilkada Makassar 2020 tahap kedua pada Selasa malam, 24 November 2020. Debat kedua Pilkada Makassar 2020 kali ini bertemakan "Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, Penataan Kawasan Perkotaan, dan Ekonomi."

Siaran langsung debat Pilkada Makassar 2020 tahap kedua bisa disaksikan di stasiun televisi iNews pada pukul 19.00-21.30 WIB (20.00-22.30 WITA), Selasa malam (24/10/2020).

Live streaming debat yang dipandu moderator Nawayogi Kusuma tersebut juga bisa disaksikan via kanal Youtube KPU Kota Makasar.

KPU Kota Makassar belum mengumumkan jadwal debat tahap ketiga. Namun, KPU Kota Makassar merencanakan bakal menggelar debat publik ketiga pada awal Desember atau hari terakhir masa kampanye, dikutip dari Antara.


2. Jadwal Debat Pilkada Medan 2020


Pilkada Kota Medan 2020 diikuti oleh dua pasangan calon wali kota dan wakil walikota. Kedua pasangan peserta Pilwalkot Medan 2020 tersebut adalah Akhyar Nasution-Salman Alfarisi (nomor urut 1); dan Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman (nomor urut 2). Pasangan terakhir kerap menjadi sorotan mengingat Bobby Nasution ialah mantu Presiden Joko Widodo.

Debat publik perdana Pilkada Kota Medan 2020 telah diselenggarakan pada 7 November lalu. Video rekaman debat yang digelar di Hotel Grand Mercure Medan tersebut bisa ditonton di kanal Youtube Hupmas KPU Kota Medan.

Sementara debat kedua Pilkada Medan 2020 belum lama ini digelar pada 21 November 2020 dan sempat disiarkan langsung oleh TVRI. Siaran ulang debat tersebut bisa ditonton di kanal Youtube Hupmas KPU Kota Medan.

Adapun jadwal debat ketiga Pilkada Medan 2020 rencananya akan berlangsung pada tanggal 5 Desember 2020, atau hari terakhir masa kampanye.

3. Jadwal Debat Pilkada Solo 2020

Pilkada Solo 2020 juga salah satu yang menjadi sorotan publik karena salah satu pesertanya ialah putra sulung Presiden Joko Widodo, yakni Gibran Rakabuming Raka.

Dalam Pilkada Surakarta 2020, Gibran yang menjadi calon wali kota berpasangan dengan Teguh Prakosa dan mendapatkan nomor urut 1. Gibran-Teguh hanya harus menghadapi satu lawan, yakni pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo.

Debat perdana Pilkada Surakarta 2020 telah digelar pada 6 November 2020. Tema dalam debat tersebut ialah "Mengembangkan Surakarta sebagai Kota Budaya dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan yang Adil dan Merata di Era Digital."

Video rekaman debat pertama Gibran-Teguh vs Bagyo-Supardjo yang berlangsung di Hotel The Sunan Solo itu bisa ditonton via kanal Youtube KPU Kota Surakarta.

Sementara debat kedua Pilkada Surakarta 2020 dijadwalkan berlangsung pada Kamis, 3 Desember 2020.

Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - )

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight