Jadwal dan Waktu Sholat Ashar Jakarta dan Kota Semarang 08 Desember 2018

Oleh: Alexander Haryanto - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal sholat dan info masjid di Jakarta dan Kota Semarang untuk 08 Desember 2018.
tirto.id - Bagi umat muslim di Jakarta dan Kota Semarang informasi tentang jadwal Sholat Ashar untuk hari ini 08 Desember 2018 mutlak diketahui secara akurat. Hal ini karena sholat fardhu harus dijalankan pada waktunya sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat An-Nisa' (4) - Ayat 103:





Salah satu dari lima kali sholat fardhu dalam sehari semalam, ialah Sholat Ashar dengan 4 rakaat.


Sholat Ashar bisa dilakukan di rumah maupun di masjid. Di Jakarta ada banyak pilihan masjid. Masjid Jakarta Islamic Center di Jalan Kramat Jaya, Kec. Koja, Kota Jakarta Utara, Prov. DKI Jakarta, salah satunya. Kementerian Agama RI menyebutkan bahwa masjid tersebut termasuk kategori Masjid Raya. Masjid ini dibangun pada 2001. Masjid Jakarta Islamic Center punya daya tampung > 200 jamaah. Dalam registrasi masjid Kementerian Agama RI termasuk Masjid Raya.

Masjid lain adalah Masjid Raya Pondok Indah. Masjid ini dibangun pada 1990. Masjid Raya Pondok Indah termasuk Masjid Agung. Masjid ini memiliki daya tampung > 200. Alamat Masjid Raya Pondok Indah ada di Jl. Sultan Iskandar Muda No. 1 Kebayoran Lama Selatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan DKI Jakarta.

Contoh ketiga, Masjid Sunda Kelapa. Masjid Sunda Kelapa dalam jenis Masjid Agung. Masjid ini dibangun pada 1970. Jumlah daya tampung jamaah > 200. Masjid Sunda Kelapa bisa ditemukan di Jl. Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.



Di Kota Semarang juga ada beberapa masjid ternama yang kerap dipakai untuk menunaikan ibadah Sholat Ashar berjamaah. Contohnya, Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Baiturrahman, dan Masjid Agung Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di Jl. Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang Jawa Tengah termasuk Masjid Raya, dibangun pada 2001 serta berdaya tampung > 200.

Masjid Baiturrahman di Jl. Pandanaran 126 Semarang adalah Masjid Raya. Masjid dengan daya > 200 ini dibangun pada 1974.


Sementara, Masjid Agung Semarang yang termasuk Masjid Agung dibangun pada 1749. Masjid ini mampu menampung > 200 jamaah.

Informasi tentang masjid-masjid ini bisa menjadi referensi bagi umat muslim selain juga jadwal sholat di Jakarta dan Kota Semarang pada 08 Desember 2018 sebagai berikut:










Baca juga artikel terkait SALAT atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH