Seleksi PPPK 2021

Jadwal dan Tahapan Seleksi PPPK 2021 untuk 1 Juta Guru Honorer

Oleh: Yantina Debora - 31 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pendaftaran PPPK guru honorer bakal dibuka mulai Mei-Juni 2021 dan seleksi akan dilakukan dalam tiga tahap mulai Agustus 2021.
tirto.id - Pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 dengan lowongan 1 juta formasi bakal dibuka mulai Mei - Juni 2021 menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN), Rabu (31/3/2021).

Pendaftaran dilakukan melalui portal SSCASN BKN di https://sscasn.bkn.go.id/. Usai pendaftaran, BKN bakal melakukan selesi yang dibagi dalam tiga tahap.

“Pelaksanaan PPPK Guru akan dilakukan tiga tahap, yakni tahap I pada bulan Agustus 2021, tahap II pada bulan Oktober 2021 dan tahap III pada bulan Desember 2021,” kata Humas BKN, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi X DPR RI, (Senin-Selasa, 29-30 Maret 2021).

Dalam seleksi PPPK 2021 ini, BKN meng-update portal pendaftaran Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN yang mana kini terintegrasi dengan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) untuk integrasi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Selanjutnya integrasi data pada pengecekan data NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga kependidikan), integrasi data Akreditasi Program Studi/Universitas dan Lembaga Pendidikan Tinggi sebagai bentuk validasi pendidikan pelamar, dan terhubung pula dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dari Kemendikbud, termasuk juga data guru agama di sekolah umum.

Peserta PPPK 2021 bakal diberi kesempatan untuk mengikuti tiga kali tes. Selanjutnya, sistem seleksi akan menggunakan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) dari Kemdikbud.

“Dalam pelaksanaan seleksi PPPK Guru ini, BKN merupakan pelaksana kebijakan yang sudah dituangkan oleh Kementerian PANRB, dengan berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah 49 Tahun 2018 tentang PPPK,” katanya.

Alur Pelaksanaan PPPK Guru 2021:

1. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi

Penetapan Kebutuhan Formasi
Penetapan Passing Grade

2. Badan Kepegawaian Negara

Pendaftaran PPPK Guru 2021
Pengolahan Nilai
Penetapan NIP

3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Seleksi (UNBK dalam tiga tahapan ujian seleksi)

Selain PPPK, pemerintah juga membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 yang juga diperkirakan bakal dibuka pada Mei 2021.


Baca juga artikel terkait PPPK 2021 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight