Jadwal dan Cara Pendaftaran Ulang SMMPTN Barat 2020 di Unsyiah Aceh

Oleh: Addi M Idhom - 31 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Hasil seleksi SMMPTN Barat 2020 telah diumumkan. Mahasiswa baru pemilih Unsyiah bisa mendaftar ulang mulai 2 September 2020.
tirto.id - Tahapan pendaftaran dan tes dalam Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (SMMPTN Barat) 2020 telah selesai dilaksanakan. Seleksi ini menjaring mahasiswa baru yang berminat mendaftar masuk 16 kampus negeri di wilayah Indonesia Barat.

Hasil seleksi mahasiswa baru di SMMPTN Barat 2020 juga telah diumumkan pada hari Minggu, 30 Agustus 2020. Pengumuman data kelulusan peserta SMMPTN Barat 2020 sudah bisa diakses sejak Minggu malam, pukul 22.00 WIB.

Data pengumuman hasil seleksi SMMPTN 2020 dan dapat dilihat melalui website utama panitia dan sejumlah laman mirror berikut ini:


Setelah hasil seleksi diumumkan, para peserta yang telah lulus seleksi dalam SMMPTN Barat 2020 diharuskan melakukan daftar ulang di kampus negeri pilihan masing-masing.

Salah satu dari 16 PTN yang membuka pendaftaran mahasiswa baru dalam SMMPTN Barat 2020 adalah Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh.

Jadwal pendaftaran ulang mahasiswa baru Unsyiah Kuala yang diterima lewat jalur SMMPTN Barat 2020 dimulai pada tanggal 2 September 2020. Proses pendaftaran ulang ini bisa dilakukan secara online di laman resmi Unsyiah.


Tata Cara Daftar Ulang SMMPTN Barat Unsyiah 2020

Informasi resmi mengenai jadwal dan prosedur pendaftaran ulang mahasiswa baru Unsyiah yang diterima melalui SMMPTN Barat ada di Surat Pengumuman Nomor:B/4074/UN11/TM.00.02/2020.

Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal menandatangani surat pengumuman tersebut pada Senin, 31 Agustus 2020.

Berikut informasi prosedur, persyaratan, tata cara dan jadwal pendaftaran ulang peserta SMMPTN Barat 2020 di Unsyiah yang harus diperhatikan para calon mahasiswa baru di kampus negeri ini.

1. Pengisian Biodata Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) di Unsyiah

Pendaftaran ulang mahasiswa yang lolos seleksi SMMPTN Barat 2020 di Unsyiah dimulai dengan pengisian biodata untuk penentuan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar. Jadwal dan cara pengisian biodata UKTB Unsyiah adalah sesuai perincian di bawah ini.

a. Pengisian biodata UKTB Unsyiah dilakukan online melalui laman https://uktb.unsyiah.ac.id.
b. Jadwal pengisian biodata UKTB pada tanggal 2-7 September 2020.
c. Baca Petunjuk Pengisian Borang UKTB Unsyiah 2O2O di laman https://uktb.unsyiah.ac.id.
d. Syarat dan Dokumen yang harus dilengkapi dalam pengisian Biodata UKTB Unsyiah ialah:

  • File Scan SK Pangkat Terakhir Orang Tua yang PNS/TNI/P0LRI (khusus PNS Unsyiah file tersebut harus diunggah di aplikasi UKT, sedangkan PNS non-Unsyiah dan TNI/POLRI harus dilampirkan dalam berkas registrasi);
  • File scan Kartu Keluarga dalam format jpeg atau jpg;
  • File scan Kartu Tanda Mahasiswa Unsyiah (bagi yang memiliki saudara kandung yang sedang studi di Unsyiah) dalam format jpeg atau jpg;
  • File scan Rekening Listrik 3 bulan terakhir dalam format jpeg atau jpg;
  • File scan Rekening Air PDAM 3 bulan terakhir (jika menggunakan PDAM) dalam format jpeg atau jpg;
  • File scan Foto Rumah Orang Tua dalam format jpeg atau jpg;
  • Lokasi latitude, longitude (rumah orang tua) pada google map;
  • File scan Surat Keterangan Lulus SLTA tahun 2020 dalam format jpeg atau jpg;
  • File scan surat pernyataan bersedia dipindahkan ke prodi baru bila buta warna keseluruhan atau buta warna sebagian (parsial) dalam format jpeg atau jpg. [Surat pernyataan di unduh pada laman www.uktb.unsyiah.ac.id).

2. Jadwal pembayaran Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) pada 3-7 September 2020 lewat Bank Mandiri, Bank BNI 46, Bank BRI, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri, Bank Aceh Syariah, BRI Syariah dan Bank BNI Syariah.

3. Informasi Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) Sementara dan Email Institusi ditampilkan di laman https://uktb.unsyiah.ac.id pada tanggal 5-9 September 2020.

4. Jadwal daftar Osimpus pada 4-6 September 2020 di laman https://orientasionline.unsyiah.ac.id.

5. Pelaksanaan Orientasi Sistem Informasi Kampus (Osimpus) dilakukan online pada tanggal 5-7 September 2020 melalui laman https://orientasionline.unsyiah.ac.id.

6. Jadwal pengisian biodata KRS Online pada 10-11 September 2020 dan bisa dilakukan di laman http://krsonline.unsyiah.ac.id.

7. Pemeriksaan Kesehatan, Narkoba, Pemotretan, Pengembalian Berkas Registrasi Ulang, Pengenalan Perpustakaan, Pengisian KRS Online dan hal lain terkait proses Registrasi Mahasiswa Baru Unsyiah Tahun Akademik 2020/2021 akan diumumkan kemudian, sesuai status pandemi Covid-19 yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

8. Calon Mahasiswa baru Unsyiah 2020 diimbau selalu melihat pengumuman di sejumlah kanal berikut:


9. Info tentang pendaftaran, pelaksanaan PAKARMARU, serta pembelian baju almamater di laman https://pakarmaru.unsyiah.ac.id.


Baca juga artikel terkait SMMPTN 2020 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight