Jadwal dan Cara Daftar Ulang Calon Mahasiswa UPI Jalur SNMPTN 2019

Oleh: Ibnu Azis - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 2 menit
Tahapan registrasi calon mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dari jalur SNMPTN 2019 tidak dapat diwakilkan.
tirto.id - Calon mahasiwa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 diwajibkan melakukan daftar ulang pada tanggal yang telah ditetapkan.

Berdasarkan pengumuman tahapan registrasi mahasiswa baru UPI di laman resminya dikutip Jumat (22/3/2019), calon mahasiswa baru yang lulus SNMPTN dan Bidikmisi wajib mengisi biodata secara dari di laman pmb.upi.edu pada tanggal 27-31 Maret 2019.

Untuk calon mahasiswa baru yang lulus SNMPTN dan mengajukan Bidikmisi tidak langsung dinyatakan sebagai penerima Bidikmisi tetapi harus melalui tahapan seleksi administrasi dan verifikasi untuk menentukan kelayakan mendapatkan Bidikmisi.

Calon mahasiswa Bidikmisi akan ditetapkan dengan Keputusan Rektor UPI.

Calon penerima Bidikmisi wajib menyerahkan kelengkapan dokumen pada tanggal 5 April 2019 pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB di Gedung Achmad Sanusi UPI. Dokumen yang harus diserahkan antara lain sebagai berikut ini.

  • Surat pernyataan kebenaran data mahasiswa Bidikmisi
  • Menyerahkan 1 lembar fotokopi bukti penerimaan bantuan biaya bagi siswa tidak mampu seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Jakarta Pintar, dan/atau kartu bantuan jenis lainnya
  • Membawa surat keterangan keluarga tidak mampu dari RT/RW/Kelurahan, yang ditandatangani dan diketahui oleh Camat (pejabat berwenang) setempat
  • Calon mahasiswa baru yang sudah berusia 17 tahun, menyerahkan 1 (satu) lembar fotokopi KTP/SIM/Resi Pembuatan KTP
  • Menyerahkan 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga
  • Menyerahkan printout biodata pendaftaran Bidikmisi yang sudah terisi yang berasal dari sistem Bidikmisi Dikti
  • Menyerahkan fotokopi raport semester 1 s.d. 5 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah

Seluruh calon mahasiswa baru (selain penerima Bidikmisi) membayar biaya pendidikan seperti yang tercantum dalam Peraturan Rektor UPI tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru UPI jalur SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun akademik 2019/2020.

Informasi tentang biaya pendidikan akan disampaikan di laman pmb.upi.edu pada tanggal 18 April 2019. Pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal 22-26 April 2019 di Bank BNI terdekat.


Saat melakukan pembayaran, sebutkan nama dan nomor pendaftaran kepada petugas bank seperti yang tercantum pada Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2019. Uang yang telah disetorkan tidak dapat ditarik kembali.

Semua calon mahasiswa baru yang lulus SNMPTN 2019 wajib melakukan registrasi dan verifikasi data di Direktorat Akademik UPI pada tanggal 29 April sampai dengan 4 Mei 2019 dengan jadwal yang berbeda untuk masing-masing fakultas. Selengkapnya dapat dilihat di sini untuk jadwal masing-masing fakultas.

Adapun persyaratan untuk registrasi akademik yang harus dipersiapkan calon mahasiswa baru sebagai berikut ini.

  • Membawa Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2019 asli
  • Menyerahkan 2 lembar print out hasil update biodata di laman pmb.upi.edu
  • Menyerahkan 1 lembar fotokopi KTP/SIM/Resi Pembuatan KTP, bagi yang sudah berusia 17 tahun
  • Memperlihatkan Ijazah asli dan menyerahkan 1 (satu) lembar salinannya/fotokopi yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah. Jika Ijazah asli belum diterbitkan maka digantikan dengan Surat Keterangan Lulus dari Sekolah
  • Menyerahkan fotokopi raport semester 1 sampai dengan 5 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah
  • Menyerahkan Dokumen Portofolio asli untuk Program Studi Bidang Seni dan Bidang Keolahragaan
  • Memperlihatkan Nilai Hasil Ujian Nasional Asli dan menyerahkan 1 lembar salinannya yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah
  • Menyerahkan 1 lembar pasfoto bewarna ukuran 4x6 cm (di belakang foto harap tulis nama lengkap)
  • Menyerahkan fotokopi bukti setor dari Bank BNI tempat melakukan pembayaran biaya pendidikan
  • Menyerahkan surat keterangan berkelakukan baik dari sekolah
  • Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga orang tua
  • Mengisi dan menyerahkan pernyataan di atas meterai Rp 6.000 (format bisa diunduh pada website pmb.upi.edu) yang berisi tentang (a) Bebas Narkoba dan (b) Kesanggupan menaati segala peraturan dan tata tertib yang ditetapkan oleh UPI
  • Pada saat melakukan Verifikasi data mengenakan seragam sekolah serta Membawa perlengkapan salat, makanan, dan minuman secukupnya untuk keperluan pribadi

Untuk kontrak kuliah dilaksanakan secara online mulai tanggal 16 Juli sampai dengan 22 Agustus 2019. Akun internet untuk kontrak kuliah akan diberikan pada saat verifikasi data.

Sebagai informasi tambahan, layanan registrasi akademik hanya diberikan kepada calon mahasiswa yang telah melaksanakan pembayaran biaya pendidikan sesuai ketentuan. Untuk registrasi akademik tidak dapat diwakilkan. Sementara untuk pengambilan jas almamater dilakukan pada 26 Agustus 2019 di Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan di masing-masing Fakultas atau Kampus Daerah.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi Help Desk PMB UPI 2019 di Gedung Direktorat Akademik UPI Lantai 1 atau dapat menghubungi Hot line/Call Centre Unit Layanan Terpadu UPI 022-2013163.

Sebelumnya, hasil pengumuman SNMPTN 2019 pada hari ini, Jumat (22/3), dimajukan, semula pukul 16.00 WIB menjadi 13.00 WIB. Bagi siswa yang ingin mengecek kelulusannya, dapat memasukkan nomor pendaftaran di bawah ini.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH