Jadwal dan Cara Daftar Critical Thinking Championship 2022

Penulis: Addi M Idhom, tirto.id - 21 Jul 2022 21:35 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal pendaftaran kompetisi Critical Thinking Championship 2022 dibuka hingga 1 Agustus. Berikut cara daftar Critical Thinking Championship 2022.
tirto.id - Indonesia Intellectual Academy (IIA) menggelar Critical Thinking Championship 2022. Kompetisi tahunan yang akan menguji kemampuan berpikir kritis ini terbuka bagi para pelajar SD, SMP, SMA, remaja homeschooling, hingga mahasiswa.

Selain berpeluang mendapatkan hadiah senilai total jutaan rupiah, para peserta juga akan dibekali dengan berbagai soft skill melalui sejumlah workshop dari berbagai pakar dan ahli. Peserta juga mendapatkan berbagai manfaat seperti metode berpikir kreatif, kritis, analisis, jejaring pertemanan dan mentor, kemampuan komunikasi efektif, serta kemampuan literasi.


Jadwal Pendataran dan Pra-Kompetisi

Pendaftaran Critical Thinking Championship 2022 dibuka mulai 20 Mei hingga 1 Agustus 2022. Pendataran peserta dapat dilakukan di www.criticalthinkingchamp.com dengan biaya sebesar Rp200.000. Total hadiah dalam kompetisi ini senilai Rp5 juta.


Selain bisa mengikuti lomba, peserta juga mendapatkan pelatihan pra-kompetisi sebanyak tiga kali yakni pada 24 Juli 2022, 31 Juli 2022, dan 14 Agustus 2022 secara hybrid (offline dan online).

Dalam pelatihan ini, peserta akan mendapatkan pelatihan organizational thinking, communication skills, dan critical writing. Dengan demikian, para peserta berkesempatan mendapatkan ilmu dan skill baru melalui kegiatan ini.

Babak Kompetisi Critical Thinking Championship 2022

Terdapat tiga babak untuk menentukan juara umum Critical Thinking Championship 2022. Ketiga babak itu adalah sebagai berikut:

1. Babak Penyisihan

Babak penyisihan ini bakal digelar pada tanggal 6 Agustus 2022 secara daring. Dalam babak ini, para peserta dengan kelompok usia 12-18 tahun akan mengerjakan tes tulis sebanyak 50 soal berbasis pilihan ganda dengan durasi 35 menit. Peserta yang memiliki total nilai minimal 80% akan lolos dan maju ke babak semifinal.

Selain itu, peserta yang memiliki nilai antara 65% hingga 79% dapat melaju ke babak semifinal, setelah menyelesaikan esai terkait topik yang disiapkan oleh panitia.

2. Babak Semifinal

Babak semifinal bakal digelar pada 20 Agustus 2022. Di babak ini, peserta memilih satu topik yang telah disediakan oleh panitia, kemudian peserta menjelaskan tentang topik permasalahan tersebut dalam sebuah video (tanpa edit) berdurasi maksimal 2 menit yang akan dipublikasi pada channel YouTube.

Topik babak semifinal di antaranya (pilih salah satu):

  • Fenomena “Self-Healing” pada Generasi Muda
  • Sindrom Fear of Missing Out "FOMO" pada Remaja
  • Budaya “Cancel Culture”: Merusak atau Manfaat?
  • Sekolah Merdeka Versiku: Luring, Daring, atau Kombinasi
  • Motivasi Cepat Kaya pada Generasi Muda.

Lima peserta terbaik berdasarkan hasil seleksi panelis di babak semifinal, akan melaju ke babak final.

3. Babak Final

Babak final Critical Thinking Championship 2022 akan digelar pada 20 Agustus 2022, pukul 13.30 WIB, secara hybrid.

Di babak ini, setiap peserta yang lolos akan melakukan presentasi berdasarkan topik yang dipilih selama maksimal 10 menit secara hybrid (luring dan daring), lalu menanggapi pertanyaan dari para finalis lain serta panelis.

Panelis yang hadir pada Critical Thinking Championship 2022 adalah para praktisi, akademisi, dan profesional yang disiarkan secara langsung melalui YouTube.


Kriteria Pemenang Critical Thinking Championship 2022

Kriteria pemenang Critical Thinking Championship 2022 adalah peserta yang memiliki materi atau konten presentasi yang baik. Rinciannya, peserta memiliki kemampuan analisa, berargumen, kreativitas berpikir, struktur presentasi dan pemilihan referensi atau sumber bacaan yang baik.

Selain itu, peserta juga menguasai teknik penyampaian presentasi mulai dari segi pemilihan kata, intonasi, artikulasi suara, gestur dan kontak mata. Peserta juga harus memiliki kemampuan menjawab pertanyaan dari finalis lain, memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan dari panelis dan memberikan sudut pandang lain.


Informasi Workshop dan Lomba

Masih dalam rangkaian Critical Thinking Championship 2022, para peserta dan masyarakat umum berusia di atas 12 tahun dapat mengikuti Workshop "Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis lewat Berpikir Struktur" pada 24 Juli 2022, mulai pukul 13:00 WIB. Workshop ini gratis.

Informasi lebih lanjut atau pendaftaran dapat menghubungi nomor Whatsapp 0895-3225-09249 (Aulia) dengan mengirimkan pesan Nama_Umur_Kota.

Baca juga artikel terkait KOMPETISI atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH

DarkLight