PPDB Klaten 2022

Jadwal, Cara, dan Alur Pendaftaran PPDB Klaten 2022/2023 Jenjang SD

Kontributor: Ririn Margiyanti, tirto.id - 25 Jun 2022 13:18 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal pendaftaran PPDB Klaten SD tahun ajaran 2022/2023 berakhir pada 30 Juni 2022. Berikut cara & alur pendaftaran yang dapat diikuti orang tua/wali.
tirto.id - Memasuki tahun ajaran 2022/2023, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten mulai melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Berikut ini jadwal, cara, dan alur pendaftaran PPDB Klaten untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) bagi semua jalur registrasi.

Dilaksanakannya PPDB oleh pemerintah, khususnya di Kabupaten Klaten bertujuan untuk member kesempatan luas bagi peserta didik usia SD agar memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas.

Namun, pada tahun ajaran 2022/2023 ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, dalam menyelenggarakan sistem PPDB belum menggunakan jasa layanan sistem daring real time untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.

PPDB yang dilakukan secara daring menggunakan ssistem SIAP PPDB Online atau menggunakan sistem yang dikelola langsung oleh Dinas Pendidikan masing-masing daerah, yang juga bisa dilakukan secara mandiri oleh masing-masing sekolah baik dengan sistem daring maupun luring.

Terdapat beberapa jalur dalam penerimaan calon peserta didik baru (PDB) di antaranya, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi.

Dilansir situs resmi terkait dengan PPDB Klaten tahun ajaran 2022/2023, rincian informasi mengenai PPDB Klaten adalah sebagai berikut:

Jadwal Pendaftaran PPDB SD Klaten 2022/2023 Semua Jalur


Jadwal pendaftaran PPDB Klaten 2022/2023 adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran daring (27 - 30 Juni 2022)
  • Analisis dan penyusunan peringkat secara daring (1 – 2 Juli 2022)
  • Pengumuman hasil seleksi PPDB (4 Juli 2022)
  • Daftar ulang secara daring (5 – 6 Juli 2022 pukul 08.00 - 14.00 WIB)
  • Hari pertama sekolah (11 Juli 2022)

Tata Cara Pendaftaran PPDB Klaten 2022/2023 Jenjang SD Semua Jalur


Orang tua atau wali yang bermaksud mendaftarkan putra-putrinya melalui PPDB jenjang SD di Klaten dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Calon peserta didik yang tidak bisa melakukan pendaftaran daring di rumah, dapat mendaftar di sekolah secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

2. Calon peserta didik baru menyerahkan berkas pendafaran untuk dilakukan verifikasi oleh panitia sekolah bagi yang tidak bisa daring dari rumah.

3. Memasukkan data pendaftar ke sekolah dilakukan oleh operator sekolah berdasarkan formulir pendaftaran.

4. Memasukkan data secara daring dari rumah dilakukan oleh calon peserta didik yang bersangkutan berdasarkan formulir pendaftaran.

5. Calon peserta didik menunggu pengesahan tanda bukti pendaftaran atau formulir pendaftaran dari panitia pendaftaran yang akan digunakan sebagai bukti pada pendaftaran ulang apabila diterima.

6. Jurnal harian dan pengumuman hasil PPDB dapat diakses lewat internet atau dapat dilihat langsung pada pengumuman di sekolah yang bersangkutan.

Alur Pendaftaran PPDB Klaten 2022 Jenjang SD Semua Jalur


Berikut alur pendaftaran PPDB SD Klaten tahun ajaran 2022/2023 yang dapat diikuti orang tua, wali, atau calon peserta didik.

1. Calon peserta didik baru menyiapkan berkas persyaratan.

2. Calon peserta didik baru akses laman situs PPDB Online klaten.siap-ppdb.com.

3. Calon peserta didik baru melakukan pengajuan pendaftaran mandiri dengan mengisi formulir secara daring.

4. Calon peserta didik baru mengunggah dokumen persyaratan.

5. Calon peserta didik baru memilih sekolah tujuan.

6. Calon peserta didik baru mencetak bukti pengajuan pendaftaran.

7. Operator sekolah melakukan verifikasi pendaftaran secara daring.

8. Calon peserta didik baru melihat hasil seleksi dan pengumuman secara daring di laman situs PPDB Online klaten.siap-ppdb.com


Baca juga artikel terkait PPDB KLATEN 2022 atau tulisan menarik lainnya Ririn Margiyanti
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Abdul Hadi

DarkLight