Jadwal Bus Wisata Transjakarta Gratis 3-8 Mei 2022 & Info Rute

Kontributor: Nurul Azizah - 6 Mei 2022 21:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini jadwal bus wisata Transjakarta gratis selama 3-8 Mei 2022 beserta info rute yang dilalui.
tirto.id - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan layanan bus wisata untuk berkeliling Jakarta di tanggal 3-8 Mei 2022 secara gratis. Layanan ini menggunakan armada Bus Jakarta Explorer.

Pengguna layanan ini bisa berkeliling sembari menelusuri ikon dan landmark yang ada di Jakarta. Di setiap bus, ada fitur audio yang menjelaskan latar belakang dari lokasi-lokasi yang disinggahi.

Dilansir dari laman resmi Transjakarta, ada 22 bus tingkat gratis yang dipergunakan untuk sarana transportasi wisata. Layanan Bus Jakarta Explorer dapat dinikmati oleh masyarakat umum dengan tujuh rute berbeda.

Melalui akun instagramnya, PT Trans Jakarta mengumumkan ada 2 rute bus wisata gratis pada 3-8 Mei 2022, yakni BW2 Jakarta Baru (Juanda Istiqlal-PP) dan BW4 Pencakar Langit (IRTI Monas-PP). Pada 3-8 Mei 2022, layanan ini dibuka selama pukul 10.00-21.00 WIB dengan tarif Rp0.

Daftar Rute Bus Jakarta Explorer

Bus Jakarta Explorer beroperasi dengan 7 rute yang disebut rute BW (Bus Wisata) 1-7. Berikut ini daftar rute BW1 sampai BW7 seperti dilansir laman Jakarta Tourism.

1. BW1 – Sejarah Jakarta (History of Jakarta)

Rute BW1 meliputi: IRTI - Balai Kota - Monumen Nasional - Gedung Arsip - Museum BI - BNI 46 - Masjid Jami Kebon Jeruk – Pasar Baru - Juanda - Monas 2.

2. BW2-Jakarta Baru (Modern Jakarta)

Rute BW 2 mengarah pada tempat-tempat modern di Jakarta, meliputi: Sarinah, Plaza Indonesia, Menara Topas, Pasar Baru dan lainnya.

Rute BW2, yakni Monas 1-Monas 2 –Monas 3-IRTI Monas-Sarinah 1-Wisma Nusantara-Plaza Indonesia-Sarinah 2-Museum Nasional-Pecenongan-Juanda/ Istiqlal. Rute BW2 dibuka saat libur lebaran ini, tepatnya pada 3 Mei-8 Mei 2022 pada pukul 10.00-21.00 WIB.

3. BW3 – Kesenian dan Kuliner (Art and Culinary)

Rute BW3 meliputi: Monas 2 - IRTI - Balai Kota - Museum Nasional – Gedung Arsip - Museum BI - BNI 46 - Masjid Kebon Jeruk - Pasar Baru – Juanda/Istiqlal.

4. BW4 – Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers)

Rute BW 4 adalah IRTI-Sarinah 2-Wisma Nusantara-Bumiputera-Karet 1-Bendungan Hilir 1-Gelora Bung Karno 1-Bundaran Senayan 1-FX Sudirman-Gelora Bung Karno 2-Bendungan Hilir 2-Karet 2-Menara Astra-Dukuh Atas 2-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah 2-Museum Nasional-Monas 2-Monas 3.

Rute BW4 dibuka saat libur lebaran ini dengan jam operasional pada pukul 10.00-21.00 WIB selama 3 Mei-8 Mei 2022.

5. BW5 – Ruang Terbuka (Jakarta Open Space)

BW5 Melayani rute tempat-tempat yang memiliki ruang terbuka di Jakarta. Rute ini meliputi IRTI - Balai Kota - Sarinah - Tosari - RPTRA Kalijodo - Tosari - Bundaran HI.

6. BW6 – Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage)

BW5 akan membawa Anda berwisata ke tempat-tempat cagar budaya. Rute ini meliputi Monas 1 - IRTI - Balai Kota - Sarinah - Tosari - Maqom Mbah Priok - Tosari - Bundaran HI - Sarinah - Juanda.

7. BW7 – Belanja Jakarta (Jakarta Shopping)

BW7 melayani rute berkeliling ke tempat-tempat perbelanjaan yang terkenal di Jakarta. Rute ini meliputi Sarinah 2 - IRTI - Balai Kota - Sarinah 1 - Wisma Nusantara - Tosari 1 - Dukuh Atas 3 - Karet Sudirman 1 - Lap. Panahan - Plaza Sentral - Istora Senayan - Plaza Senayan - Senayan City - Karet Sudirman 2 - Dukuh Atas 4 - St Sudirman 2 - Tosari 2 - Plaza Indonesia.

Baca juga artikel terkait TRANSJAKARTA atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah


Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Addi M Idhom

DarkLight