Jadwal Bulutangkis Asian Games 2018 dan Siaran Langsung 26 Agustus

Oleh: Ibnu Azis - 26 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Siaran langsung bulutangkis Asian Games 2018 di Indosiar menyuguhkan laga perempat final dan semifinal nomor perorangan dan ganda.
tirto.id - Jadwal bulutangkis Asian Games 2018 hari ini, Minggu (26/8/2018) menyuguhkan enam pertandingan wakil Indonesia di babak perempat final (tunggal putra, ganda putra) dan semifinal (ganda campuran, ganda putri). Perjuangan tim Merah Putih di empat nomor tersebut bisa disaksikan di Indosiar melalui tayangan siaran langsung dari Istora Senayan, Jakarta.

Jonatan "Jojo" Christie membuka perjuangan Indonesia saat berlaga di perempat final tunggal putra menghadapi andalan Hong Kong, Wong Wing Ki Vincent. Secara peringkat, Jojo unggul jauh di posisi 15 dunia sedangkan lawannya 28. Kendati demikian, rekor pertemuan keduanya berimbang 1-1.

Laga berikutnya masih di perempat final tungal putra yang mempertemukan Anthony Sinisuka Ginting melawan pemain sarat pengalaman wakil Cina, Chen Long. Kendati peringkat dunia Chen (2) lebih baik, namun Ginting (3) unggul soal head to head. Dari lima pertemuan terakhir, Ginting mampu menang tiga kali atas lawannya.

Pasangan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto bakal menghadapi ganda putra Malaysia, Ong Ywe Sin/Teo Ee Yi di pertandingan selanjutnya. Mereka tercatat baru bertemu satu kali untuk keunggulan Ong/Teo, yakni di babak satu All England 2018 pada Maret lalu.

Masih dari perempat final ganda putra, duet "Minions", Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamujo juga akan menghadapi pasangan Malaysia, Gov V Shem/Tan Wee Kiong. Mereka tercatat telah bertemu tiga kali dengan rekor 2-1 untuk Marcus/Kevin.

Dua pertandingan terakhir bakal memainkan laga semifinal dari nomor ganda campuran dan ganda putri. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir bakal menantang unggulan pertama asal Cina, Zheng Siwei/Huang Taqiong. Sementara Greysia Polii/Apriyani Rahayu harus berhadapan dengan unggulan dua asal Jepang, Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi.

Berikut ini jadwal lengkap wakil Indonesia di nomor perorangan dan ganda bulutangkis Asian Games 2018 yang berlaga pada Minggu (26/8):

Perempat final tunggal putra:
  • Jonatan Christie vs Wong Wing Ki Vincent (Hong Kong) Match 2*
  • Anthony Sinisuka Ginting vs [5] Chen Long (Cina) Followed by

Perempat final ganda putra:
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ong Ywe Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) Followed by
  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamujo [1] vs Gov V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia) Match 6**

Semifinal ganda campuran:
  • Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir [3] vs [1] Zheng Siwei/Huang Taqiong (Cina) Followed by

Semifinal ganda putri:
  • Greysia Polii/Apriyani Rahayu [4] vs [2] Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi (Jepang) Followed by

*Laga Match 2 dimulai setelah pertandingan Match 1 selesai yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB.
**Laga Match 6 dimulai setelah pertandingan Match 5 selesai (Son Wan Ho vs Kenta Nishimoto).


Sekadar catatan, enam wakil Indonesia bakal berlaga di lapangan satu Istora Senayan yang memainkan delapan pertandingan. Laga pertama (Match 1) di lapangan ini akan memainkan perempat final tunggal putri antara Tai Tzu Ying (Taiwan) melawan Nozomi Okuhara (Jepang) pada pukul 13.00 WIB. Dengan demikian, laga Jojo vs Wong akan dimulai setelah pertandingan pertama berakhir (followed by).

Setali tiga uang, laga kelima (Match 5) bakal memainkan perempat final tunggal putra antara Son Wan Ho (Korea Selatan) melawan Kenta Nishimoto (Jepang) usai laga Fajar/Rian vs Ong/Teo (Match 4). Dengan demikian, laga Marcus/Kevin vs Goh/Tan bakal dimulai setelah laga kelima berakhir (followed by).

Adapun nomor perorangan dan ganda bulutangkis Asian Games 2018 mulai dipertandingkan sejak Kamis (23/8) sampai dengan Selasa (28/8). Indonesia sendiri memiliki delapan wakil yang berlaga di lima nomor dalam babak 16 besar dan perempat final yang dipertandingkan pada Sabtu (25/8). Namun, hanya enam dari mereka yang melaju ke babak berikutnya.


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis