Jadwal Buka Puasa Kota Pasuruan 24 Ramadan 1440H atau Rabu, 29 Mei 2019

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 29 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal buka puasa, sholat maghrib, imsak, subuh, zuhur, asar pada tanggal Rabu, 29 Mei 2019 atau 24 Ramadan 1440H serta tempat ngabuburit di Kota Pasuruan.
tirto.id - Ibadah puasa memasuki hari ke-24 pada tanggal 24 Ramadan 1440H atau Rabu, 29 Mei 2019.

Setiap menjelang jadwal buka puasa atau kumandang bedug adzan maghrib masyarakat di Kota Pasuruan Provinsi Jawa Timur memanfaatkannya untuk ngabuburit Tempat ngabuburit di Kota Pasuruan antara lain: Pelabuhan Pasuruan.

Sementara untuk menjalankan ibadah salat tarawih, warga Kota Pasuruan umumnya memusatkan kegiatan ibadahnya di Masjid BAITURROHMAN yang dikategorikan sebagai Masjid Besar. Masjid ini dibangun pada 1923. Sementara untuk daya tampung, Masjid BAITURROHMAN bisa diisi > 200 jamaah.

Selain Masjid BAITURROHMAN, umat muslim di Kota Pasuruan bisa menjalankan salat tarawaih Masjid nurul iman. Masjid Jami. Alamat Masjid nurul iman ada di perum sekar asri jalan hasyim asari kel sekargadung purworejo. Masjid ini dibangun pada 1998. Daya tampung, Masjid nurul iman bisa diisi 50 - 100 jamaah.

Alamat Masjid al-ishlah ada di gendis asri Isekargadung purworejo. Musafir yang kebetulan sedang berada di Kota Pasuruan juga dapat melakukan tarawih di Masjid al-ishlah. Masjid Masjid al-ishlah termasuk dalam jenis masjid Masjid Jami. Masjid ini dibangun pada 2017. Daya tampung, Masjid al-ishlah bisa menampung 50 - 100 jamaah.

Bagi masyarakat Kota Pasuruan yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan, Tirto.id menyediakan jadwal buka, sholat maghrib, imsak, sholat subuh, zuhur, isya, magrib, isya:







Selain itu, penting bagi umat muslim untuk menjalankan tarawih di kala Ramadan. Menurut kitab Durratun Nasihin keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan seperti diriwayatkan Ali bin Abi Thalib ra. Bahwasannya Rasulullah SAW pernah ditanya seseorang mengenai fadhilah (keutamaan) sholat tarawih di bulan Ramadhan, maka beliau berkata “(fadhilah tarawih) di malam Ramadan ke-24 adalah ada 24 doa yang mustajabah baginya..

Tausiah Harian

Bolehkah perempuan melakukan iktikaf?

Pada dasarnya iktikaf bisa dilakukan siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Bolehnya kaum perempuan beriktikaf didasarkan pada hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim melalui Sayidatina Aisyah RA sebagai berikut:

“Dari Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW beriktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Aktivitas itu dilakukan hingga beliau wafat. Kemudian para istrinya mengikuti iktikaf pada waktu tersebut sepeninggal Rasulullah SAW.”

Syekh Hasan Sulaiman An-Nuri dan Syekh Alawi Abbas Al-Maliki dalam kitab Ibanatul Ahkam juga membolehkan perempuan beriktikaf. Mereka menyatakan:

“Boleh iktikaf perempuan di masjid dengan izin suami bila tidak dikhawatirkan terjadi fitnah.”

Penulis: Alhafiz K

Sumber: NU Online http://www.nu.or.id/post/read/106360/apakah-wanita-boleh-itikaf





Baca juga artikel terkait JADWAL SHOLAT atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - )

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight