Jadwal Buka Puasa ke-24 di Kota Mojokerto, Hari Ini Rabu, 29 Mei 2019

Oleh: Addi M Idhom - 29 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal buka puasa di Kota Mojokerto pada hari ini Rabu, 29 Mei 2019 telah memasuki hari ke-24. Simak informasi lain mengenai tempat ngabuburit dan menu berbuka di Kota Mojokerto.
tirto.id - Umat Islam di seluruh Indonesia telah menjalani puasa Ramadan hingga hari ke-24 pada tanggal 24 Ramadan 1440H atau Rabu, 29 Mei 2019.

Ketika bulan puasa tiba, salah satu momen yang istimewa adalah datangnya azan maghrib sebagai tanda usainya menahan lapar, haus, dan hal-hal yang membatalkan puasa selama sehari penuh.


Masyarakat di Kota Mojokerto Jawa Timur dapat menunggu waktu buka puasa dengan ngabuburit, di beberapa tempat, di antaranya adalah Alun-alun Mojokerto, Waduk Tanjungan, Patung Buddha Tidur. Selain itu di daerah ini juga terkenal dengan makanan dan minuman khas yang dapat digunakan sebagai menu buka puasa. Beberapa makanan khas Kota Mojokerto antara lain: Onde-onde, Kerupuk Rambak, Kerupuk Upil, Sate Keong, Sambel Wader, Kerupuk Memble, Pentol Bakar, Sate Bangil.

Untuk menunaikan ibadah sholat atau pun tarawaih, pada umumnya warga Kota Mojokerto melakukan ibadah ini di Masjid Al-Fattah yang dikategorikan sebagai masjid Masjid Agung. Alamat Masjid Al-Fattah ada di Jl. Hasyim Asyhari no. 1 Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.


Selain Masjid Al-Fattah, terdapat beberapa masjid lain yang dapat digunakan oleh umat Islam di Kota Mojokerto untuk menunaikan ibadah salat, salah satunya adalah Masjid ROUDHOTUL-JANNAH. Masjid Besar. Alamat Masjid ROUDHOTUL-JANNAH adalah di Jalan raya Surodinawan.



Tidak hanya itu, salat tarawih yang pada bulan Ramadan hukumnya adalah sunah muakkad ini juga dapat dilakukan di Masjid PB Sudirman. Masjid ini berada di Jln. Gajahmada no. 04.

Tirto.id juga menyediakan jadwal imsakiyah yang meliputi imsak, subuh, zuhur, asar, berbuka, maghrib, dan isya di Kota Mojokerto seperti di bawah ini.







Selain jadwal sholat, perlu diketahui bahwa sholat tarawih penting bagi umat muslim. Menurut kitab Durratun Nasihin keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan seperti diriwayatkan Ali bin Abi Thalib ra. Bahwasannya Rasulullah SAW pernah ditanya seseorang mengenai fadhilah (keutamaan) sholat tarawih di bulan Ramadhan, maka beliau berkata “(fadhilah tarawih) di malam Ramadan ke-24 adalah ada 24 doa yang mustajabah baginya..

Tausiah Harian

Bolehkah perempuan melakukan iktikaf?

Pada dasarnya iktikaf bisa dilakukan siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Bolehnya kaum perempuan beriktikaf didasarkan pada hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim melalui Sayidatina Aisyah RA sebagai berikut:

“Dari Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW beriktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Aktivitas itu dilakukan hingga beliau wafat. Kemudian para istrinya mengikuti iktikaf pada waktu tersebut sepeninggal Rasulullah SAW.”

Syekh Hasan Sulaiman An-Nuri dan Syekh Alawi Abbas Al-Maliki dalam kitab Ibanatul Ahkam juga membolehkan perempuan beriktikaf. Mereka menyatakan:

“Boleh iktikaf perempuan di masjid dengan izin suami bila tidak dikhawatirkan terjadi fitnah.”

Penulis: Alhafiz K

Sumber: NU Online http://www.nu.or.id/post/read/106360/apakah-wanita-boleh-itikaf





Baca juga artikel terkait JADWAL SHOLAT atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - )

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight