Jadwal Buka Puasa ke-21 di Kota Depok, Hari Ini Minggu, 26 Mei 2019

Oleh: Addi M Idhom - 26 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal buka puasa di Kota Depok pada hari ini Minggu, 26 Mei 2019 telah memasuki hari ke-21. Simak informasi lain mengenai tempat ngabuburit dan menu berbuka di Kota Depok.
tirto.id - Umat Islam di seluruh Indonesia telah menjalani puasa Ramadan hingga hari ke-21 pada tanggal 21 Ramadan 1440H atau Minggu, 26 Mei 2019.

Ketika bulan puasa tiba, salah satu momen yang istimewa adalah datangnya azan maghrib sebagai tanda usainya menahan lapar, haus, dan hal-hal yang membatalkan puasa selama sehari penuh.


Masyarakat di Kota Depok Jawa Barat dapat menunggu waktu buka puasa dengan ngabuburit, di beberapa tempat, di antaranya adalah Masjid Kubah Emas. Selain itu di daerah ini juga terkenal dengan makanan dan minuman khas yang dapat digunakan sebagai menu buka puasa. Beberapa makanan khas Kota Depok antara lain: Dodol Belimbing, Bakso Comberan, Es Pocong, Mie Ayam Berkat, Perkedel Bakar, Peyek Gale, Dodol Depok, Buah Belimbing.

Untuk menunaikan ibadah sholat atau pun tarawaih, pada umumnya warga Kota Depok melakukan ibadah ini di Masjid Al-Muhajirin yang dikategorikan sebagai masjid Masjid Agung. Alamat Masjid Al-Muhajirin ada di Jl. Nusantara Raya no.33, Kota Depok.


Selain Masjid Al-Muhajirin, terdapat beberapa masjid lain yang dapat digunakan oleh umat Islam di Kota Depok untuk menunaikan ibadah salat, salah satunya adalah Masjid Ahsanu Maqiila. Masjid Besar. Alamat Masjid Ahsanu Maqiila adalah di Jl. Duren No. 123 RT. 002/009 Kel. Rangkapan Jaya Baru.



Tidak hanya itu, salat tarawih yang pada bulan Ramadan hukumnya adalah sunah muakkad ini juga dapat dilakukan di Masjid Andalusia. Masjid ini berada di Jl. PLN Rya nO. 27.

Tirto.id juga menyediakan jadwal imsakiyah yang meliputi imsak, subuh, zuhur, asar, berbuka, maghrib, dan isya di Kota Depok seperti di bawah ini.







Selain jadwal sholat, perlu diketahui bahwa sholat tarawih penting bagi umat muslim. Menurut kitab Durratun Nasihin keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan seperti diriwayatkan Ali bin Abi Thalib ra. Bahwasannya Rasulullah SAW pernah ditanya seseorang mengenai fadhilah (keutamaan) sholat tarawih di bulan Ramadhan, maka beliau berkata “(fadhilah tarawih) di malam Ramadan ke-21 adalah Allah SWT buatkan rumah di surga dari cahaya..

Tausiah Harian

Inilah enam adab berpuasa bagi seorang muslim.

Imam Izzuddin bin Abdissalam al-Sulami dalam kitab Maqâshid al-Shaum membahas tentang adab atau etika yang harus dijaga bagi orang yang berpuasa. Imam Izzuddin mengelompokkannya dalam enam bagian:

1.) Hifdh al-lisân wa al-jawârih ‘an al-mukhâlafah (menjaga lisan dan seluruh tubuh dari ketidaktaatan)

2.) Mengatakan “saya berpuasa” ketika diundang atau ditawari makan

3.) Berdoa ketika berbuka

4.) Mengawali buka dengan makanan tertentu

5.) Ta’jîl al-fithr (menyegerakan berbuka)

6.) Ta’khîr al-sahûr (mengakhirkan sahur).

Penulis: Muhammad Afiq Zahara

Sumber: NU Online http://www.nu.or.id/post/read/106003/enam-etika-saat-berpuasa

EMBED_NU


Baca juga artikel terkait JADWAL SHOLAT atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - )

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight