Jadwal BTS 2021 Muster Sowoozoo & Cara Nonton Ultah Debut Bangtan

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 24 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
BTS 2021 Muster Sowoozoo: konser ulang tahun debut ke-8 BTS.
tirto.id - BTS akan mengadakan konser untuk merayakan ulang tahun debut ke-8 yaitu BTS 2021 Muster Sowoozoo.

"Musters" (yang berarti kumpulan pasukan) adalah istilah untuk pertemuan penggemar BTS, karena fandom mereka dikenal dengan sebutan ARMY (Adorable Representative M.C for Youth).

Muster BTS terakhir diadakan pada Juni 2019 di Busan dan Seoul dengan tema "Magic Shop". Karena pandemi COVID-19, tidak ada acara Muster untuk tahun 2020.

Pada tanggal 22 Mei, BTS mengumumkan melalui Weverse bahwa Muster 2021 mereka akan diadakan secara online dengan tema "Sowoozoo" (judul Korea dari lagu mereka "Mikrokosmos").

Acara tersebut akan merayakan ulang tahun debut ke-8 grup tersebut, yaitu pada 13 Juni 2021. BTS 2021 Muster akan disiarkan secara online pada 13 dan 14 Juni pukul 18.30 KST atau 16.30 WIB.

Tanggal 14 Juni akan menjadi versi "Tur Dunia" (World Tour) di mana grup akan menampilkan daftar lagu yang berbeda termasuk lagu-lagu hits berbahasa asing mereka.

HYBE menambahkan, jika diizinkan oleh Satgas COVID-19 Korea, maka mungkin saja akan ada penonton yang dapat langsung menonton dan melakukan fan-meeting bersama BTS.

"Kami menantikan minat antusias Anda pada BTS 2021 MUSTER SOWOOZOO, yang akan diadakan untuk merayakan ulang tahun ke-8 BTS dan ARMY," tulis HYBE melalui pengumuman di official fan account, Weverse.

HYBE menyatakan akan memberikan pemberitahuan tambahan dengan informasi tentang pembelian tiket untuk streaming online.

Pada hari ini, BTS juga membagikan kabar bahagia setelah memenangkan empat penghargaan di Billboard Billboard Music Awards 2021 yang diselenggarakan pada Minggu (23/5/2021) malam waktu setempat atau Senin (24/5/2021) pagi WIB.

Sebelum malam penghargaan ini diselenggarakan, Billboard terlebih dahulu mengumumkan BTS menjadi pemenang pra-pertunjukan untuk tiga kategori, yakni Top Duo/Group, Top Song Sales Artist, and Top Social Artist.

Lagu "Dynamite" milik BTS yang masuk dalam nominasi Top Selling Song, diumumkan menjadi pememang. BTS telah mencetak rekor pribadi baru untuk penghargaan terbanyak yang pernah mereka terima di BBMAs.

Tahun ini menandai pertama kalinya BTS memenangkan Top Song Sales Artist, kedua kalinya memenangkan Top Duo / Group (pertama pada tahun 2019), dan tahun kelima berturut-turut memenangkan Top Social Artist.

Single berbahasa Inggris hit itu membawa pulang penghargaan untuk lagu terlaris mengalahkan "I Hope" dari Gabby Barrett dan Charlie Puth, "WAP" Cardi B dan Megan Thee Stallion, "The Weeknd's" Blinding Lights "dan" Savage "Megan Thee Stallion menampilkan Beyonce.

Setelah mengumumkan penghargaan tersebut, presenter Gabrielle Union mencatat bahwa itu adalah "malam besar" bagi BTS, yang juga memenangkan tiga penghargaan lainnya.

BTS berterima kasih kepada ARMY atas dukungan mereka secara virtual dari Seoul, Korea Selatan. "Benar-benar suatu kehormatan menjadi pemenang gelar yang begitu signifikan," kata RM dengan rasa terima kasih.

"Dynamite" telah menghabiskan total 32 minggu di tangga lagu Billboard Hot 100, memulai debutnya di No. 1 pada 4 September 2020. BTS adalah artis Korea Selatan pertama yang mencapai puncak Billboard.


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight